Pemkab OKU Luncurkan Pasar Emak Talang Jawa


NERACA

Baturaja – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan meluncurkan Pasar Emak Talang Jawa yang menyajikan berbagai kuliner sarapan pagi khas daerah setempat dengan harga terjangkau.

Asisten III Setda OKU, Romson Fitri saat meresmikan Pasar Emak Talang Jawa di Baturaja, Senin (12/9) mengatakan bahwa pasar yang terletak di Kelurahan Talang Jawa, Kecamatan Baturaja Barat itu mendapat perhatian khusus dari banyak pihak, termasuk pemerintah daerah setempat agar dapat lebih berkembang.

Menurut dia, kehadiran pasar emak yang menjadi wisata kuliner di pagi hari itu sangat membantu ekonomi masyarakat, terlebih lagi setelah dua tahun dilanda pandemi COVID-19.

Selain menyajikan kuliner mulai dari nasi uduk, lontong, nasi goreng, pecel, gado-gado dan mie ayam, pasar emak ini menjual berbagai jenis sayur mayur segar dengan harga terjangkau.

Ia berharap pasar yang dikelola oleh kalangan emak atau ibu-ibu rumah tangga ini dapat berkembang sehingga menggerakkan perekonomian masyarakat di daerah itu.

“Kelola pasar dengan baik agar menjadi tujuan kunjungan masyarakat luas sehingga kedepan Pasar Emak Talang Jawa dapat menjadi salah satu ikon Kabupaten OKU,” ujarnya.

Koordinator Pasar Emak Talang Jawa, Eva Susanti menjelaskan bahwa kehadiran pasar kuliner ini merupakan ide kreatif para emak-emak di Kelurahan Talang Jawa yang memiliki potensi kemampuan memasak makanan menu sarapan dan jajanan yang selama ini berjualan di sekitar rumah.

“Kemudian muncul inisiatif para emak-emak untuk membuat pasar ini, makanya kami namakan Pasar ‘Emak’,” jelasnya.

Saat ini pasar emak yang dibuka setiap akhir pekan mulai pukul 06.00-10.00 WIB tersebut dikelola sebanyak 50 pedagang yang menjual berbagai jenis makanan olahan rumahan dengan harga relatif murah.

“Makanannya semua Homemade dan harganya kisaran Rp3.000-Rp5.000 per porsi,” ujarnya. Ant

 


Artikel ini bersumber dari : www.neraca.co.id.

Tinggalkan komentar