Pemkab Sigi kembangkan peternakan sapi terintegrasi pertanian jagung – ANTARA News Palu, Sulawesi Tengah – ANTARA News Palu, Sulawesi Tengah

Diposting pada

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) – Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mulai mengembangkan budidaya peternakan sapi yang terintegrasi dengan pertanian jagung, lewat metode integrated farming atau pertanian terintegrasi.

Bupati Sigi Mohamad Irwan, di Sigi, Kamis, mengemukakan peternakan menjadi salah satu sub sektor pertanian yang sangat potensial dimiliki oleh Sigi.

“Pemerintah mencoba mengembangkan dua potensi ini dengan memadukan budidaya peternakan sapi yang terintegrasi dengan pertanian jagung di dalam satu kawasan,” ucap Irwan.

Budidaya peternakan sapi terintegrasi pertanian jagung mulai dilaksanakan oleh Pemkab Sigi di UPTD Karavatandau, di Desa Sidondo I, Kecamatan Sigi Biromaru, ditandai dengan seremonial penanaman jagung dan peletakan batu pertama pembangunan agrotaintment oleh Gubernur Sulteng Rusdy Mastura dan Bupati Sigi Mohamad Irwan.

Dalam teknisnya, Pemkab Sigi bekerja sama dengan PT Hasta Yudha Mukti selaku investor yang siap mengembangkan tanaman jagung terintegrasi budidaya peternakan sapi dalam satu kawasan terpadu.

Lewat kerja sama itu, Pemkab Sigi menyediakan lahan Hak Guna Usaha (HGU) seluas 59,9 hektare area untuk dikelola oleh PT Hasta Yudha Mukti. Dalam rencana pengembangan dan pengelolaan kawasan dengan luasan tersebut, PT Hasta Yudha Mukti membagi menjadi lima zona di antaranya meliputi zona peternakan terdiri dari kandang transit dan karantina sapi, termasuk pemeriksaan kesehatan.

Kemudian, zona pengembalaan sapi. Berikutnya, zona pengelolaan limbah menjadi pupuk kandang dan zona pertanian jagung serta zona agrotainment farming.

“Pemerintah daerah mendukung dan siap memberikan kemudahan investasi pada sektor pertanian,” ungkap dia.

Terkait hal itu Direktur PT Hasta Yudha Mukti Hepy Yeremia Manopo mengatakan dengan konsep integrated farming pihaknya membangun industri pakan ternak dan industri pengembangan daging sapi di kawasan tersebut.

Baca Juga :   Gelar Sulbar Expo di Kaltim, Produk Bumdes & UMKM Asal Polman, Ludes Terjual

Selain itu, kata dia, pihaknya juga menerapkan konsep agrotainment farming yang sekaligus menjadi wisata pertanian dan peternakan di Kabupaten Sigi.

“Pengembangan pertanian dan peternakan dilakukan berbasis masyarakat atau pemberdayaan masyarakat petani dan peternak di Sigi,” ungkapnya.

Pembangunan industri tersebut, kata dia, dimulai tahun ini, untuk percepatan pengembangan potensi pertanian Sigi.

Bupati Sigi Mohamad Irwan menyampaikan keterangan kepada wartawan terkait pengembangan jagung terintegrasi budidaya peternakan sapi secara simbolis di UPTD Karavatandau, di Desa Sidondo I, Kecamatan Sigi Biromaru, Rabu (24/8/2022). (ANTARA/Muhammad Hajiji)


 


Artikel ini bersumber dari : sulteng.antaranews.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *