Pemkot Pangkalpinang Ajak Masyarakat Hingga Pelaku Usaha Jadi Promotor Pariwisata

Diposting pada

BANGKAPOS.COM, BANGKA —  Masyarakat di Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung diajak untuk lebih menyadari potensi wisata di masing-masing daerahnya.

Diharapkan mereka bisa menjadi komunikator dan menggerakkan sekaligus promotor potensi wisata di wilayahnya.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Pangkalpinang, Suryo Kusbandoro mengatakan, sejauh ini pemerintah kota telah memberikan pembekalan kepada para pelaku usaha dibidang industri kreatif.

Hal ini bertujuan supaya mereka memiliki kemampuan sebagai agen muda promotor pariwisata.

“Hal ini bertujuan agar mereka memiliki kemampuan sebagai agen muda promotor pariwisata Pangkalpinang,” kata Suryo kepada Bangkapos.com, Senin (29/8/2022).

Baca juga: Tiga Tersangka Penyalahgunaan Narkoba Dibekuk Polisi, Satu Diantaranya Bandar Lintas Kabupaten

Baca juga: Anggota DPRD Bangka Belitung Ini Tak Setuju Harga BBM Naik, Sebaiknya Pembelian yang Dibatasi

Ia mengungkapkan, beberapa waktu lalu pihaknya melalui dinas pariwisata setempat telah menggelar pelatihan bagi mereka yang bergerak dibidang industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Pelatihan yang diberikan yakni mulai dari pelatihan digitalisasi branding, pemasaran, penjualan penjualan pada desa wisata, homestay atau pondok wisata, souvenir, dan fotografi kegiatan pemasaran pariwisata.

Ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi pengelola destinasi dan daya tarik wisata agar dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pemasaran pariwisata. Dimana pada era digitalisasi seperti saat ini pemanfaatan teknologi sangat dibutuhkan.

“Jadi misalnya mereka yang memiliki keahlian fotografi yang mumpuni bisa sebagai inisiator penggerak pada sektor kepariwisataan di Kota Pangkalpinang,” ujar Suryo.

Beberapa produk kerajinan tangan hasil karya pengrajin di Pangkalpinang saat dipamerkan di kawasan pusat souvenir di Destar Poin Pangkalpinang, Senin (29/8/2022).
Beberapa produk kerajinan tangan hasil karya pengrajin di Pangkalpinang saat dipamerkan di kawasan pusat souvenir di Destar Poin Pangkalpinang, Senin (29/8/2022). (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Di samping itu lanjut dia, pemasaran digital  atau digital marketing menjadi metode baru yang sangat berperan penting dalam memasarkan suatu usaha.


Artikel ini bersumber dari : bangka.tribunnews.com.

Baca Juga :   Suak Parak Mangrove Park, Destinasi Wisata yang Dikunjungi Rombongan Delegasi G20 dari Denmark
  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *