Penasaran dengan MBS Bumiayu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes Lakukan Kunjungan

Diposting pada

PWMJATENG.COM, Brebes – Penasaran dengan kemajuan dan prestasi yang telah dicapai oleh Pondok Pesantren MBS (Muhammadiyah Boarding School) yang berada di wilayah selatan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes, Caridah, M.Pd. hari ini, (Rabu, 5 Oktober 2022) melakukan kunjungan kerja kerja ke Pontren Muhammadiyah tersebut yang berada di Dusun Kauman/utara Masjid Agung Bumiayu..

Rombongan dari Dinas Pendidikan Brebes tersebut diterima langsung oleh Mudir (Direktur) MBS Bumiayu (Ustadz Sutriyono, S.Ag) didampingi oleh Ketua Majelis Dikdasmen PCM Bumiayu (Drs.Shodiqun), Sekretaris BPP (Ustadz Suedi, S.Ag, M.Pd), Kepala SMP MBS Bumiayu (Drs.H.Muhtadi), Wakil Mudir (Ustadz Utsman Amir Fattah, Lc,S.Pd.I, M.Pd. beserta seluruh dewan asatidz, guru dan karyawan pontrenMu yang sudah berjalan 7 tahun untuk tingkat SMP dan 3 tahun untuk tingkat SMAnya, ungkap Muhtadi.

Ibu Caridah, M.Pd selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes yang belum genap menjabat tersebut awalnya merasa sangat penasaran dengan keberadaan MBS Bumiayu yang awal pembangunan gedung serta isinya dibangun oleh satu orang donatur. Beliau lebih dibuat penasaran lagi oleh prestasi Pesantren Miuhammadiyah yang berada di wilayah kerjanya itu dengan prestasinya yang telah ikut mengangkat nama Brebes di kancah nasional.

Ketika beliau sampai di lokasi MBS Bumiayu yang berada di Jalan KH.Sabrawi No.5 Dusun kauman Desa Bumiayu atau tepatnya berada di sebelah utara Masjid Agung Bumiayu beliau sangat kagum dengan kemeriahan sambutan warga Muhamamdiyah dan lebih heroic lagi sambutan sekitar 413 santri yang menyambutnya dengan ringan gembira.

Oleh karenanya, beliau saat memberikan orasi dan pengarahan di halaman pesantren tersebut berpesan agar setiap santri harus selalu rajin dan tekun belajar karena belajar di pesantren yang full 24 jam dengan pengawalan dan pembinaan intensif dari dewan asatid dan dewan guru, maka tidak heran jika pesantren yang bagus ini bisa mencetak beberapa generasi emas yang hafidz qur’an baik yang sudah keluar maupun yang masih belajar di MBS.

Baca Juga :   Satlat KJK Taruna AAL Angkatan ke-69 Gelar Cocktail Party Di KRI Bima Suci – Pelopor Wiratama

Lebih lanjut Kadin menegaskan bahwa MBS Bumiayu adalah lembaga pendidikan unggul yang memadukan ilmu agama dan umum, sehingga beliau sangat berharap agar MBS bisa menjadi salah satu lembaga pendidikan yang dapat ikut untuk meningkatan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) yang masih lemah dan masih jauh dari harapan. Oleh karena itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes perlu mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih yang setinggi-tinggi kepada keluarga besar MBS Bumiayu atas segala upaya dan gerakan untuk turut memajukan pendidikan di Kabupaten Brebes.

Baca juga, Sambut Tahun Politik, Muhammadiyah Boyolali Siapkan Puluhan Kader untuk Jadi Panwascam

Arahan dan harapan Kadin tersebut kemudian ditanggapi oleh Mudir MBS Bumiayu, ustadz Sutriyono, yang menegaskan bahwa lembaga pendidikan yang berbasis pesantren ini berdiri sejak tahun 2015 yang terdiri dari santri tingkat SMP dan SMA.

“Terus berupaya keras untuk turut menguatkan IPM lewat jalur pendidikan pesantren. Sebagai tanda terima kasih atas kunjungan ibu Kadin dan motivasinya, maka kami sebuah cinderamata berupa karya santri berupa kaligrafi, semoga bisa terus menjalin kuat hubungan kami dengan dinas pendidikan,” tegasnya.

“Alhamdulillah pada tahun ini sudah ada dua santri yang hafidz 20-25 juz, di samping beberapa prestasi lainnya. Pada intinya kami lebih mengutamakan pembentukan karakter santri dengan penguatan beberapa skill seperti Tahsin dan tahfidz Qur’an yang diperkuat dengan adanya daurah setiap tahunnya. Skill lainnya kami tempuh dengan kegiatan seperti TS, HW, PMR, memanah, berenang, fulsal, cooking food, sanggar kaligrafi, grup hadroh, pendampingan bibit unggul dengan bina prestasi dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Ustadz Usman selaku pengasuh, menginformasikan bahwa Penerimaan Santri Baru MBS Bumiayu Tahun Pelajaran 2023/2024 gelombang 1 sudah dibuka dan dimulai dengan wkatu pendaftaran sejak tanggal 16 September hingga 16 Desember 2022.

Baca Juga :   Danlanud SMH Hadiri Serah Terima Jabatan GM Bandara Internasional SMB II Palembang

Wakil Mudir MBS mempersilakan untuk seluruh warga persyarikatan maupun masyarakat umum di mana pun yang pengin putra/I sekolah sambil mondok bisa memilih MBS Bumiayu sebagai salah satu media untuk turut menguatkan kader ulama dan intelektual seperti slogan ”Kaderisasi Ulama Qur’ani”.

“Bagi masyarakat yang pengin menjadi santri di MBS Bumiayu baik untuk tingkat SMP maupun SMA bisa mendaftar secara online maupun offline. Bagi yang pengin online bisa segera mendaftar melalui situs dan bagi yang mendaftar secara offline bisa langsung menuju lokasi MBS Bumiayu yang berada di Jalan KH.Sabrawi No. 5 Dusun kauman Rt 03/I Desa Bumiayu, Kecamatan Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah 52273 (untuk lebih jelas melihat lokasi bisa klik Adapun terkait dengan keberadaan MBS Bumiayu dapat segera meluncur ke situs kami di Informasi selengkapnya terkait PSB 2023 MBS Bumiayu dapat menghubungi Ustadz Abdul Aziz Nurrohman, M.Pd (0852-2722-7205),” tegasnya. (Wenny NA)

Artikel ini bersumber dari : pwmjateng.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *