Penerbangan Langsung Korsel-Manado Bakal Gerakkan UKM Sulut

Diposting pada

Merdeka.com – Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey mengatakan, pihaknya telah melakukan kesepakatan dengan maskapai Jeju Air dari Korea Selatan untuk membuka penerbangan langsung ke Manado dari Korea Selatan. Langkah strategis ini sebagai upaya meningkatkan para wisatawan dan ekspor daerah untuk semakin go internasional.

Menurutnya kondisi ini sangat pasti akan lebih menggerakan sektor UMK di daerah Sulawesi Utara karena kunjungan wisatawan yang meningkat. Sehingga produksi rumahan dari pelaku usaha mikro akan terdampak. Ini juga senantiasa memacu UMK untuk terus berinovasi agar menghasilkan produk berkualitas seperti cinderamata khas daerah, makanan daerah dan lainnya.

“Ini memberikan dampak positif yang mampu menaikan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Utara,” katanya, Kamis (22/9).

Dia pun mengapresiasi pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) persorang di Sulawesi Utara oleh Kementerian Investasi. Dia menilai langkah ini sebagai bentuk dedikasi dan kontribusi pemerintah pusat untuk mendorong terlaksananya kegiatan bernilai strategis yang bermanfaat bagi kepentingan UMK di Sulawesi Utara.

“Kegiatan ini dapat menjadi stimulus pada pelaku usaha khususnya pelaku UMK. Karena dengan adanya NIB, legalitas usaha yang sedang dijalankan semakin terjamin,” imbuhnya.

Pelaku usaha di Sulawesi Utara pada tahun 2022 tercatat sebanyak 423.036 orang yang tersebar 15 kabupaten kota. Itu terbagi dalam 385.212 pelaku usaha mikro, 24.909 pelaku usaha kecil serta 12.915 pelaku usaha menengah. Namun, pertumbuhan paling signifikan terjadi pada pelaku usaha mikro di beberapa tahun terakhir.

“Sulawesi Utara punya potensi yang besar. Ini sedang diupayakan pemerintah provinsi untuk melakukan pemulihan ekonomi dan NIB akan sangat membantu,” ungkap Olly.

Reporter Magang: Hana Tiara Hanifah

Baca Juga :   Menkop-UKM Teten Masduki Keliling Buteng, Dihidangkan Kakumbu hingga Lapa-Lapa

Baca juga:
Pemerintah Bagikan Nomor Induk Berusaha ke 300 UMKM di Manado
Ma’ruf Amin Minta Organisasi Agama jadi Penggerak Perekonomian
Gandeng Pemprov Jabar, Gudang Ada Bantu Tingkatkan Produktivitas UMKM Lewat Teknologi
Porsi Kredit untuk Usaha Mikro Sangat Kecil, Padahal Serap Banyak Tenaga Kerja
Sandiaga Ajak Milenial Maksimalkan Konten di Medsos untuk Tingkatkan Penjualan Produk
Wejangan Menparekraf Sandiaga ke UMKM Agar Go Internasional


Artikel ini bersumber dari : www.merdeka.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *