Peringati Hari Kunjung Perpustakaan Tahun 2022 – Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Indramayu

Kick off Meeting Pengembangan Literasi di Desa Berbasis Inklusi Sosial

DISKOMINFO INDRAMAYU – Bertepatan dengan Hari Kunjung Perpustakaan tahun 2022, Patriot Desa Kabupaten Indramayu berkolaborasi dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Indramayu melakukan Launching serentak Perpustakaan Desa dan Kick off Meeting Peta Pengembangan Literasi di Desa Berbasis Inklusi Sosial, di Aula BJB Kabupaten Indramayu, Rabu (14/09/2022).

Kick off Meeting Pengembangan Literasi ini dikemas ke dalam kegiatan inisiatif yang dilaksanakan di 11 desa penempatan Patriot Desa Tahun 2022 dengan rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi menentukan penggerak literasi perpustakaan desa, pendistribusian buku bacaan dan kegiatan launching perpustakaan desa yang dilaksanakan hari ini.

Acara yang dipandu oleh Fayyaz Mumtaz Khairi Wardhana yang juga ketua dari UMKM Millenial Indramayu ini, melibatkan mitra kolaborasi seperti Tim Penggerak PKK Desa serta pegiat literasi lainnya untuk mengembangkan perpustakaan di desa bersama DPA Indramayu yang berpedoman pada Peraturan Daerah Kabupaten Indramayu No.3 Tahun 2018 Tentang Gerakan Pengembangan Indramayu Membaca (GERBANG MACA).

Staf Senior Pemberdayaan Masyarakat Desa (SSPMD) Patriot Desa Jawa Barat, Hilmi Hilmansyah menjelaskan bahwa Patriot Desa adalah program unggulan Pemprov Jawa Barat inisiatif dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di bawah naungan DPMD Provinsi Jawa Barat. Salah satu tugasnya adalah mendorong terciptanya inisiatif kolaborasi sesuai rekomendasi dari Indeks Desa Membangun (IDM) dengan harapan dapat meningkatkan strata IDM desa penempatan.

“Dasar pemikiran lahirnya inisiatif perpustakaan desa dan literasi berbasis inklusi sosial adalah melihat dari satu indikator pada IDM yaitu indikator komposit sosial. Alhamdulillah seluruh desa penempatan Patriot Desa Indramayu 100% mengalami peningkatan skor pada IDM,” jelas Hilmi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala DPA Kabupaten Indramayu, Iwan Hermawan, Kepala Bidang Pembangunan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Indramayu, Kadmidi, Bunda Literasi Kabupaten Indramayu, Runisah, serta perwakilan Paguyuban Duta Baca Indramayu.

Kepala DPA Indramayu memberikan apresiasi atas upaya yang telah dilakukan Patriot Desa dan Pemerintah Desa dalam mendorong pengelolaan dan pemanfaatan Perpustakaan Desa serta memberikan pemahaman makna literasi yang mencakup “Baca-Paham-Lakukan”. Selain itu, Iwan Hermawan juga mendorong untuk melibatkan seluruh lapisan masyarakat termasuk difabel dalam kegiatan literasi.

Menurut Iwan Hermawan, minat baca di Kabupaten Indramayu tergolong relatif rendah. Untuk itu dirinya mengimbau untuk membuat perpustakaan di desa lebih menarik, dengan mengundang anak PAUD kurang lebih 2 minggu sekali untuk melakukan kegiatan membaca dan bercerita.

“Benar sekali minat baca kita rendah. Oleh karena itu perpustakaan desa harus menarik. Bagaimana caranya? Dua minggu sekali ajak anak PAUD untuk ke desa mengadakan kegiatan bercerita,” ujarnya.,

Dalam kesempatan tersebut, Patriot Desa memberikan simbolis cinderamata kepada Bupati Hj. Nina Agustina Da’i Bachtiar yang diterima Kepala DPA Kabupaten Indramayu Iwan Hermawan. Selain itu, cinderamata diberikan juga kepada pihak BJB Kantor Cabang Indramayu yang turut mendukung kegiatan ini.

Kegiatan launching perpustakaan desa berbasis inklusif ini merupakan rangkaian kegiatan dari pengelolaan inisiatif kolaborasi Patriot Desa di bidang sosial. Kegiatan ini juga selaras dengan rekomendasi peningkatan IDM, dimensi Pendidikan, indikator Akses Pengetahuan Masyarakat melalui pemanfaatan perpustakaan desa guna terciptanya ruang belajar di desa dengan harapan dapat mengajak dan mengikutsertakan seluruh kalangan masyarakat agar dapat mengakses fasilitas perpustakaan sehingga tidak ada satu pun yang tertinggal. (Isnaini/MTQ – Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)

Artikel ini bersumber dari : diskominfo.indramayukab.go.id.

Tinggalkan komentar