PermataBankir Cilik Luluskan 807 Duta Menabung dalam Satu Windu

Diposting pada

Graduation PermataBankir Cilik 2022

PermataBank kembali menobatkan 148 siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) sebagai Duta Menabung melalui salah satu program CSR (Corporate Social Responsibility) unggulannya, PermataBankir Cilik yang hadir sebagai wujud komitmen PermataBank dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia, terutama pada siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN). 

Selama satu windu (8 tahun) pelaksanaannya PermataBankir Cilik telah meluluskan 807 Duta Menabung dari berbagai sekolah di Indonesia. Tahun ini PermataHati kembali bermitra dengan PiBo, pelopor perpustakaan digital anak www.bacapibo.com, dalam menyusun dan menghadirkan kurikulum serta materi yang komprehensif untuk menanamkan semangat dan kebiasaan menabung sejak dini, serta  beragam nilai kebaikan lainnya dalam program ini, yang juga bertepatan dengan Bulan Inklusi Keuangan OJK. 

Kebiasaan mengelola uang dan menabung menurut Richele Maramis, Division Head of Corporate Affairs PermataBank, perlu ditanamkan sedini mungkin. “Harapan kami,  para peserta PermataBankir Cilik yang kami nobatkan sebagai Duta Menabung dapat membawa kebiasaan baru mereka ini dalam keseharian mereka, bahkan menyebarkannya kepada lingkungan sekitarnya. Kami juga akan terus memperbarui kurikulum dan materi untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan peserta saat ini,” ujar Richele Maramis.

Selama satu bulan, para peserta PermataBankir Cilik belajar disiplin mengelola uang dan jurnal keuangan,  pengembangan karakter,ketrampilan presentasi  serta ilmu membuat karya tulis . Nilai-nilai dan keterampilan ini diajarkan lewat serangkaian kelas-kelas edukatif, kreatif dan interaktif, mulai dari kelas pengaturan uang sederhana 3-in (Tabung-in, Jajan-in, Bagi-in), tur virtual Museum Bank Indonesia, tur virtual cabang PermataBank, hingga kelas menulis cerita pendek (cerpen). Sebagai pengembangan dari tahun-tahun sebelumnya, PermataBankir Cilik 2022 menghadirkan materi baru, yaitu materi berkebun dan public speaking.

Baca Juga :   Hasil Tangkapan Nelayan Turun, Harga Ikan Segar di Gorontalo Naik 

Rose Dian Sundari, Deputi Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menyatakan,  OJK mengapresiasi konsistensi PermataHati dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan positif yang esensinya mengajak dan mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk menghadapi tantangan masa depan dengan menjadi generasi cerdas finansial. “Nilai-nilai kehidupan yang baik sangat tepat untuk diterapkan sejak dini, seperti kebiasaan menabung. Semua ini memang harus dimulai sejak dini agar bisa dirasakan hasilnya di masa depan. Kami berharap program ini terus berlanjut dengan inovasi dan terobosan baru setiap tahunnya,” ungkapnya.

Dr. Samto, Widyaprada Ahli Madya Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek RI) menuturkan,  program PermataBankir Cilik 2022 menjadi salah satu upaya Kemendikbudristek RI dalam meningkatkan literasi keuangan di Indonesia. Program literasi keuangan dilaksanakan supaya para generasi muda dapat mengatur keuangan secara bijak dan menerapkan budaya menabung sejak dini.

“Kami sangat mengapresiasi PermataBank karena telah menginisiasi program PermataBankir Cilik selama 8 tahun yang telah meluluskan generasi cerdas finansial. Kami harap PermataBank terus mempertahankan semangat ini dan semakin variatif dalam menghadirkan edukasi literasi keuangan di tengah masyarakat, khususnya anak-anak sebagai generasi penerus bangsa,” kata Samto.

PermataBankir Cilik 2022 melibatkan sebanyak 16 Sekolah Dasar, yang terdiri dari SDN dan SLBN dari berbagai provinsi seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, dan Sumatera Utara. Program PermataBankir Cilik 2022 dimulai dengan sesi webinar dan pelatihan bagi para guru pendamping, sebagai pengayaan agar mereka juga bisa turut menjadi agen perubahan dalam peningkatan dan penyebaran literasi keuangan di sekolah masing-masing. Dalam acara Graduation PermataBankir Cilik dan Penobatan Duta Menabung 2022, PermataHati dan PiBo memberikan apresiasi untuk seluruh peserta dan guru pendamping.

Baca Juga :   Perajin Tenun Badui Bangkit Usai Pandemi, Omzetnya Mantap

Aisha Habir, Co-Founder PiBo, mengungkapkan, tahun ini merupakan kali ke-empat terlibat dan bekerja sama dalam penyelenggaraan PermataBankir Cilik bersama PermataHati.  “Kami selalu berupaya memberikan hal baru, berinovasi, dan memperluas ranah kolaborasi demi memberikan kurikulum dan materi yang tidak membosankan namun tetap efektif tiap tahunnya. Harapan kami adalah anak-anak BankirCilik dapat belajar hal baru seperti mencintai lingkungan melalui kegiatan berkebun tahun ini, menjadi lebih berani beropini serta percaya diri saat berhadapan dengan banyak orang,”  Melalui PermataHati, PermataBank, menurut Richele, terus memperkuat posisi sebagai bank inovatif yang selalu #MelayaniDenganHati, sekaligus menjadi mitra bagi seluruh masyarakat melalui berbagai rangkaian program CSR dengan berfokus pada 3 (tiga) pilar utama, yaitu Education, Empowerment, dan Enhancement. “PermataBank berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam upaya menciptakan generasi muda cerdas finansial melalui aktivitas-aktivitas interaktif agar dalam prosesnya, mereka senantiasa #BelajarDenganHati,” ujar Richele.


Artikel ini bersumber dari : swa.co.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *