Pesona Keindahan Coban Sewu, Pesona Air Terjun Cantik Nan Indah di Jawa Timur

Bagi Anda yang senang dengan suasana alam sejuk pegunungan, Anda bisa mencoba untuk berwisata ke Air Terjun Coban Sewu yang berada di area perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

Memiliki pesona alam yang menakjubkan, menjadikan air terjun ini sebagai salah satu kawasan wisata unggulan di Malang dan Lumajang. Pesona alamnya dapat menghipnotis setiap pasang mata yang melihatnya.

Baca juga: Indahnya Ketep Pass, Menikmati Pesona Keindahan Wisata Alam di Magelang

Selain itu, kesegaran dan kesejukan alam yang ada di kawasan wisata air terjun ini juga memiliki suasana yang dapat mendamaikan hati dan pikiran.

Dengan berlibur ke Coban Sewu Anda bisa menghilangkan rasa jenuh dan penat akan kehidupan sehari hari yang tidak terlepas dengan masalah, baik di sekolah maupun di kantor. Objek wisata ini juga dapat menjadi pilihan bagi Anda yang sedang mencari destinasi wisata bagi keluarga.

Daya Tarik yang Dimiliki Coban Sewu

1. Tebing Perawan

Dulunya tebing ini adalah pintu masuk sebelum memasuki kawasan Coban Sewu. Lokasinya berada tepat di bawah jurang. Sebelum dapat mencapai tebing ini, Anda harus berjalan sekitar 800 m dari area air terjun utama.

Perjalanan yang akan Anda lalui cukup terjal dengan bebatuan yang licin. Maka dari itu Anda harus selalu berhati hati saat akan menuju Tebing Perawan.

2. Goa Bidadari

Berbeda dengan Tebing Perawan, medan jalan yang akan Anda lalui untuk dapat sampai di kawasan Goa Bidadari ini cukup landai dan mudah. Goa dengan air yang mengalir dari sela sela dindingnya ini berjarak sekitar 300 meter dari kawasan air terjun. Legendanya goa ini merupakan tempat berkumpul bagi para bidadari cantik.

3. Telaga Biru

Area yang hanya berjarak sekitar 50 meter dari Goa Bidadari ini memiliki keindahan luar biasa yang dapat menjadi daya tarik bagi para pengunjung. Telaga ini memiliki air yang mengalir dari tebing.

Kedalamannya pun terbilang cukup dangkal, yakni sekitar 100 cm saja. Maka dari itu, telaga ini aman untuk dijadikan sebagai area berenang bagi Anda yang takut dan tidak bisa berenang.

4. Goa Tetes

Goa Tetes ini dapat Anda nikmati jika berangkat dari arah Lumajang dan akan memasuki kawasan air terjun. Dinamakan di area belakang Coban Sewu ini terdapat sebuah goa yang katanya sering kali digunakan sebagai tempat untuk melakukan semedi atau menyepi bagi orang yang mempercayai ajaran tertentu.

Selain itu, goa ini juga memiliki keindahan yang tak perlu diragukan lagi, bahkan goa ini juga terkenal sejak air terjun Coban Sewu terkenal.

5. Bukit dengan Panorama Alam Menakjubkan

Daya tarik selanjutnya yang terdapat di kawasan wisata air terjun ini yaitu bukit yang menawarkan keindahan begitu mempesona. Dari area bukit atau gardu pandang ini Anda bisa melihat pemandangan cantik dari ketinggian sekitar 30 meter. Gardu ini hanya dapat mencakup sekitar 50 pengunjung secara sekaligus.

Dari kawasan air terjun, gardu pandang ini hanya berjarak sekitar 100 meter. Walau agak jauh untuk jangkauan jalan kaki, namun Anda akan dapat menikmati keindahan air terjun dari atas bukit setelah sampai di area ini. Pemandangan cantik akan membuat Anda merasa semakin nyaman berada codi kawasan wisata ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

coban sewu

Kawasan wisata Coban Sewu ini terletak di dua kabupaten sekaligus yakni Lumajang dan juga Malang. Untuk rute perjalanannya pun dapat ditempuh baik dari Kabupaten Lumajang maupun dari Kabupaten Malang.

Apabila memilih rute perjalanan dari Kabupaten Malang Anda akan memerlukan waktu kira-kira sekitar 2 jam setengah. Dari area Kabupaten Malang Anda bisa menuju ke arah Lumajang dengan melewati beberapa kecamatan.

Sebelum sampai di tugu perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang Anda akan menemukan sebuah gang menurun pada kiri jalan dari arah Kabupaten Lumajang.

Dari gang tersebut Anda bisa lurus saja sampai menemukan area sungai, kemudian dari kawasan sungai ini Anda dapat meletakkan atau memarkirkan kendaraan Anda di gubuk penambangan pasir.

Perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri area sungai hingga sampai di kawasan air terjun. Setelah kira-kira 200 meter atau sekitar 10 menit perjalanan dengan jalan kaki Anda akan sampai di lokasi wisata Coban Sewu ini

Sedangkan apabila memulai perjalanan dari Kabupaten Lumajang, Anda akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam. Jalur ini dapat ditempuh bagi Anda yang bertempat tinggal di daerah sekitaran Surabaya, Pasuruan, maupun Probolinggo.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

coban sewu

Kawasan Coban Sewu terkenal dengan keindahan alam yang dimilikinya. Untuk dapat menikmati keindahan alam tersembunyi yang ada di kawasan wisata air terjun ini Anda akan dikenakan biaya masuk yang terbilang cukup ramah di kantong. Hal ini membuatnya menjadi destinasi wisata yang cocok bagi Anda yang ingin berwisata dengan budget minim.

Hanya dengan merogoh kocek sebesar 10 ribu rupiah per orang, Anda sudah dapat memasuki kawasan wisata air terjun tersebut dan menikmati segala keindahan alam yang tersuguh.

Biaya tambahan lain yang akan dikenakan hanyalah berupa biaya untuk memarkirkan kendaraan pribadi Anda. Biaya parkir ini pun terbilang masih cukup wajar dan terjangkau yang tidak akan membuat Anda merasa terbebani.


Artikel ini bersumber dari : intrik.id.

Tinggalkan komentar