Pesona Pantai Tanjung Tinggi Bangka Belitung, Ada Spot Batuan Granit Raksasa : Okezone Travel

Diposting pada

BANGKA BELITUNG jadi salah satu surga paling menarik di Indonesia.

Anda bisa mengeksplor destinasi wisata alamnya, misalnya Pantai Tanjung Tinggi dikenal dengan keindahan dan keunikannya.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini sekilas tentang Pantai Tanjung Tinggi yang bisa Anda kunjungi saat liburan nanti.

Lokasi Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi berlokasi di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung atau sekitar 37 kilometer dari pusat kota Tanjungpandan, Bangka Belitung.

Selain itu, Tanjung tinggi merupakan pantai yang diapit oleh dua semenanjung, yaitu Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam.

infografis

Asal Usul Pantai Tanjung Tinggi

Selanjutnya untuk nama Tanjung Tinggi sendiri diambil dari kata tanjung yang artinya semenanjung. Kemudian tinggi berarti pantai yang memiliki bebatuan yang tinggi.

Tanjung tinggi juga dinamakan Pelabuhan Bilik. Kala itu tempat ini adalah pelabuhan nelayan bagi desa terdekat Keciput atau Tanjung Tinggi.

Letaknya tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang dan berjarak sekitar 31 kilometer dari kota Tanjung Pandan.

Hingga kini Pantai Tanjung Tinggi menjadi salah satu tempat wisata paling menarik di Bangka Belitung.


Daya Tarik

Tentunya Pantai Tanjung Tinggi memiliki daya tariknya tersendiri, sehiny bagi siapapun di yang datang akan merasa jatuh hati dengan wisatae alam di Belitung yang satu ini.

Pantai ini memiliki area seluas 80 hektar, pasirnya putih, dan terdapat ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut di depan pantai. Ukuran batuam tersebut mulai dari beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik lebih besar dari sebuah bangunan sebesar rumah.

Oleh karena itu batu granit raksasa yang ada di Pantai Tanjung Tinggi ini jadi ikonik paling terkenal di Bangka Belitung. Terlebih dulu pantai ini pernah dijadikan lokasi syuting fiy Laskar Pelangi, sejak saat itulah nama Pantai Tanjung Tinggi kian terkenal.

Baca Juga :   Ifong Pengusaha Asal Toboali Siap Berlaga di Liga Lempah Kuning Bangka 2022, Sajikan Menu Andalan

Oh iya, Anda juga harus waspada terhadap ubur-ubur yang jumlahnya cukup banyak dan ukurannya pun besar di sini. Alih-alih ingin bersenang-senang di pantai, malah disengat si jelly fish itu.

Artikel ini bersumber dari : travel.okezone.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *