Pesta Jajanan Nusantara Sampai Goyang Dangdut, Ini Cara WNI di Amerika Rayakan HUT RI

Diposting pada

INDOZONE.ID – Ribuan diaspora memadati Wisma Indonesia yang merupakan rumah dinas Dubes Indonesia yang berlokasi di 2700 Tilden Street, Washington DC, Amerika Serikat, sejak Minggu (21/8/2022) pagi. Hari ini KBRI menggelar puncak peringatan HUT RI ke-77 dengan menggelar bazar dan panggung gembira.

Pantauan di lokasi, para diaspora yang hendak masuk ke dalam harus melewati pemeriksaan dengan metal detector terlebih dahulu di gerbang utama Wisma Indonesia. Kemudian mereka akan mendapatkan satu tiket doorprize berwarna hijau atau biru yang diberikan setelah pemeriksaan barang-barang di pintu masuk.

hut ri di amerika
Puluhan booth makanan Nusantara (Z Creators/Susi Fatimah)

Sementara itu, di bagian halaman Wisma Indonesia sudah berdiri puluhan booth yang menjual aneka makanan Indonesia dan pakaian serta pernak-pernik lainnya. Makanan mulai dari sate ayam, pecel, bakso, mie ayam, pempek, nasi padang hingga nasi kuning dijual di booth-booth tersebut dengan harga yang bervariasi mulai $10 hingga $15 per porsi.

Enggak hanya makanan, booth yang menjual pakaian wanita serta batik Indonesia pun ramai dikunjungi. Salah satu di antaranya terlihat seorang pria bule yang menjual batik Indonesia di booth miliknya. Pria bule tersebut nampak semangat melayani orang-orang yang datang ke booth-nya.

hut ri di amerika
Booth pernak pernik batik (Z Creators/Susi Fatimah)

Semakin siang, pengunjung yang datang ke Wisma Indonesia semakin ramai hingga halaman rumah dubes sulit dilalui karena penuh dengan lautan manusia. Mayoritas mereka tengah antre di booth-booth yang menjual makanan Indonesia. Enggak hanya diaspora, warga lokal Amerika pun turut hadir meramaikan bazar dan panggung gembira KBRI. Mereka terlihat ikut mengantre membeli makanan seperti nasi padang dengan rendangnya, bakso sapi, sate ayam dan menu makanan lainnya.

Sementara itu di bagian dalam, terdapat panggung dengan hiasan merah putih yang sudah ramai dengan aneka pertunjukan budaya dari berbagai daerah di Indonesia, seperti penampilan dari anak-anak diaspora yang membawakan tarian ‘Dindin Badindin’ khas Sumatera Barat. Meski anak-anak ini lahir di Amerika, mereka tetap mengenal kebudayaan Indonesia.

Baca Juga :   7 Kuliner Wajib Coba saat Wisata ke Likupang Sulawesi Utara

hut ri di amerika
Dubes RI dan istri memakai pakaian Betawi (Z Creators/Susi Fatimah)

Tak lama, iring-iringan Gatot Kaca juga turut mencuri perhatian penonton. Puluhan anak-anak hingga dewasa yang berpakaian daerah yang dikomandoi Gatot Kaca berjalan mendampingi Dubes Indonesia, Rosan Roslani dan istri serta jajaran petinggi KBRI, dari depan rumah dinas menuju panggung merah putih.

Terlihat Dubes Rosan mengenakan baju adat Betawi yaitu baju koko putih dengan celana batik cokelat serta selendang batik di lehernya. Sementara istrinya nampak cantik mengenakan setelan kebaya putih dengan penutup kepala berwarna merah.

hut ri di amerika
Pertunjukan Reog Ponorogo (Z Creators/Susi Fatimah)

Kemudian ada juga pertunjukan Reog Ponorogo dari Singolodoyo USA yang berhasil mencuri perhatian penonton hingga para bule. Aksi Reog Ponorogo beradu dengan Gatot Kaca menjadi tontonan yang menarik. Para penonton pun tak melewatkan momen untuk mengabadikannya dengan kamera ponsel, bahkan beberapa bule turut mengambil gambar dengan kamera DSLR mereka.

Panggung merah putih juga dimeriahkan oleh sejumlah tarian-tarian daerah dari ibu-ibu diaspora. Kemudian perfomance dari Almiza Zaki yang merupakan NBC’s American Song Contest, Ana Timur and Friend serta sejumlah penampilan band. Yang tak kalah menarik yaitu penampilan Kristin D (Dangdut in America). Perempuan bule itu sukses membuat penonton bergoyang dengan lagu ‘Terlena’, ‘Sekuntum Mawar Merah’ dan lagu-lagu dangdut lainnya.

krisdayanti
Krisdayanti menghibur WNI di Amerika (Z Creators/Susi Fatimah)

Tak mau ketinggalan, Dubes Roslan Roeslani juga bernyanyi di atas panggung ditemani anak-anak kecil. Ia menyanyikan lagu ‘Bang Toyib’, penonton pun ikut bergoyang.

Panggung gembira semakin meriah saat master of ceremony (MC) membagikan hadiah-hadiah doorprize kepada penonton yang beruntung nomor kuponnya dibacakan. Beragam hadiah diberikan seperti sepeda, televisi, jam tangan, blender, mesin kopi, peralatan dapur hingga grand prize-nya yaitu tiket pesawat pulang pergi Washington DC-Jakarta-Washington DC untuk dua orang.

Baca Juga :   Bumbu Rendang dari Sumatera Barat Menembus Pasar Eropa, Gubernur Mahyeldi: Sudah Dua Kali

Acara panggung gembira ditutup dengan penampilan dari guest star, yakni Diva Indonesia, Krisdayanti yang menyanyikan sejumlah lagu seperti ‘Pilihlah Aku’, ‘Menghitung Hari’ hingga lagu dangdut ‘Sayang’ dan ‘Goyang Dumang’.

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators


Artikel ini bersumber dari : www.indozone.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *