Peta Wisata Yogyakarta Populer, Lengkap dengan Harga Tiketnya

Diposting pada

Sabtu, 8 Oktober 2022 16:10
Reporter : Ayu Isti

Peta Wisata Yogyakarta Populer, Lengkap dengan Harga Tiketnya
Peta Wisata Yogyakarta Populer, Pilihan Destinasi Liburan Menarik. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com – Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan singkat di luar kota, Yogyakarta bisa menjadi pilihan. Tentu Anda bisa mengajak keluarga atau teman untuk mengunjungi berbagai macam objek wisata menarik di kota budaya ini. Bahkan, pemerintah DIY telah merilis peta wisata Yogyakarta yang bisa menjadi pedoman masyarakat saat berkunjung.

Dengan peta wisata Yogyakarta ini, Anda bisa melihat dengan jelas objek wisata mana yang populer dan banyak diminati para wisatawan. Selain mencari pilihan tempat wisata, Anda juga memantau lokasi dengan jelas pada peta. Beberapa tempat wisata bahkan berdekatan, sehingga Anda bisa mengunjunginya sekaligus.

Tak perlu khawatir, berbagai tempat wisata di Yogyakarta tergolong murah dan terjangkau. Dengan begitu, dana liburan Anda selama di kota Jogja tidak akan membengkak. Meskipun begitu, Anda tetap harus menyusun rencana keuangan dengan baik agar liburan dapat berjalan dengan lancar.

Dari berbagai sumber, berikut kami merangkum peta wisata Yogyakarta dan pilihan destinasinya, bisa Anda simak.

2 dari 4 halaman

Peta Wisata Yogyakarta Sleman dan Kulon Progo

Museum Ullen Sentalu

Destinasi di peta wisata Yogyakarta daerah Sleman yang pertama adalah Museum Ulen Sentalu. Ini adalah museum yang dibangun untuk membuka jendela peradaban seni dan budaya Jawa.

Di sini, Anda bisa belajar tentang sejarah peradaban Kerajaan Mataram yang dibagi menjadi empat keraton, yaitu Kraton Kesultanan Surakarta, Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman.

Selain belajar sejarah, Anda juga bisa melihat berbagai macam koleksi. Mulai dari koleksi lukisan, foto, kain batik Solo, gamelan kuno, hingga arca-arca peninggalan zaman Hindu dan Budha.

Awalnya, ini adalah museum pribadi milik keluarga pembatik asal Yogyakarta yang masih keturunan bangsawan. Karena kecintaannya akan budaya dan sejarah, maka museum ini dikelola dan dibuka umum guna menyebarkan edukasi ke masyarakat.

Harga tiket Museum Ullen Sentalu Rp 50.000 per orang untuk tur Adiluhung, sementara untuk tur Vorstenlanden dikenakan tarif sebesar Rp 100.000 per orang. 

Taman Wisata Kaliurang

Pilihan destinasi di peta wisata Yogyakarta daerah Sleman berikutnya adalah Taman Wisata Kaliurang. Tempat wisata ini sangat cocok sebagai destinasi liburan bersama keluarga atau teman-teman. Di sini, Anda bisa mencoba fasilitas outbond seperti flying fox yang dapat memacu adrenalin. Bukan hanya itu, Anda juga akan disuguhkan dengan rumah pohon Ridz High Rope saat memasuki area taman.

Tempat wisata ini juga mempunyai udara yang sejuk serta dikelilingi pepohonan yang rindang. Dengan begitu, Anda bisa menikmati berbagai fasilitas dengan nyaman tanpa takut kepanasan. Di sini, Anda juga bisa membawa perlengkapan piknik seperti tikar dan bekal makanan untuk dinikmati bersama keluarga. Tidak perlu khawatir, cukup dengan membayar tiket masuk 8 ribu rupiah Anda bisa menikmati sajian pemandangan alam yang mempesona.

Baca Juga :   Sambut HUT Ke-77 RI, Pemdes Tumalehu Barat Gelar Baksos

Merapi Lava Tour

Destinasi di peta wisata Yogyakarta selanjutnya yaitu Lava Tour Merapi. Objek wisata ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai travelling dengan tantangan seru. Di sini, Anda bisa menjelajahi aliran lava merapi menggunakan mobil jeep yang mampu melintasi medan terjal.

Meskipun rute yang ditempuh tidak mudah, namun di sepanjang perjalanan Anda bisa melihat panorama alam sekitar Gunung Merapi yang indah dan memesona. Anda juga bisa berkunjung ke bunker kali adem atau rumah juru kunci Mbah Marijan yang telah terkena awan panas pada peristiwa erupsi beberapa tahun lalu.

Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, ini tempat yang cocok untuk berburu foto menarik dengan latar belakang Gunung Merapi yang megah dan elok. Harga tiket untuk Merapi Lava Tour berbeda-beda mulai dari Rp350.000.

Pantai Glagah

Berikutnya adalah pilihan destinasi di peta wisata Yogyakarta daerah Kulon Progo. Di sini Anda bisa mengunjungi Pantai Glagah, wisata alam populer yang banyak diminati masyarakat. Pantai ini memiliki hamparan pasir hitam luas dengan air laut yang bersih dan jernih. Selain dapat melihat pemandangan yang indah nan elok, pengunjung dapat berenang, memancing, atau bermain kano.

Bukan hanya itu, pada waktu tertentu Anda mungkin akan melihat beragam event digelar di pantai ini. Seperti event motocross, festival layang-layang, hingga pesta kembang api di akhir tahun. Bagi Anda yang tertarik, bisa datang langsung ke lokasi Pantai Glagah yang terletak 10 km dari kota Wates yang dapat ditempuh perjalanan darat kurang lebih 2 jam.

Tiket untuk Pantai Glagah Rp 6.000 per orang. 

3 dari 4 halaman

Peta Wisata Yogyakarta Bantul

Pantai Parangtritis

Destinasi sesuai peta wisata Yogyakarta daerah Bantul yang pertama adalah Pantai Parangtritis. Ini termasuk salah satu pantai populer yang banyak dikunjungi wisatawan. Meskipun kini wisata pantai Gunung Kidul semakin mendominasi, namun Pantai Parangtritis masih menjadi destinasi favorit.

Di sini Anda bisa melihat pantai dengan pasir hitam dengan hamparan laut yang luas nan eksotis. Tentu Anda bisa menikmati sore hari dengan untuk menunggu senja matahari sambil duduk santai di pinggir pantai. Selain itu, Anda juga bisa mencoba beragam aktivitas seru lainnya seperti naik kuda atau kereta kuda, naik atv, hingga naik paralayang yang memacu adrenalin. Bagi Anda yang hobi berseluncur, ini adalah salah satu pantai dengan ombak seru untuk kegiatan surfing.

Tiket Pantai Parangtritis cukup mengeluarkan Rp 10.000 rupiah saja. 

Kawasan Wana Wisata Budaya Mataraman

Pilihan tempat wisata di daerah Bantul berikutnya adalah Kawasan Wana Wisata Budaya Mataraman. Ini adalah program pengembangan wisata alam yang memadukan unsur seni, budaya, serta sejarah Jawa Mataraman. Bukan hanya itu, program pengembangan wisata ini juga mengangkat unsur lingkungan yang berkaitan dengan pentingnya kawasan hutan lindung.

Pada tahun 2020, pemerintah telah menguji coba 5 dari 10 objek wisata yang dikembangkan. Namun, kini, kawasan wisata ini sudah dibuka untuk umum. Anda bisa melakukan reservasi tiket melalui aplikasi Visiting Jogja, atau bisa juga dengan datang langsung ke lokasi.

Baca Juga :   Bali Jalani Perpanjangan PPKM Level 1

Di sini Anda akan menikmati panorama alam yang indah sekaligus belajar berbagai kesenian, budaya, sejarah, hingga lingkungan.

4 dari 4 halaman

Peta Wisata Yogyakarta Wonosari Gunung Kidul

Sri Gethuk

Destinasi peta wisata Yogyakarta selanjutnya adalah daerah Wonosari Gunung Kidul. Rekomendasi objek wisata yang pertama bisa Anda kunjungi tidak lain adalah Air Terjun Sri Gethuk. Objek wisata ini terletak di Dusun Menggoran, Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Pleyen, Gunung Kidul, Yogyakarta. Di sini Anda disajikan pemandangan air terjun indah dengan mata air yang jernih dan sejuk.

Selain pemandangan yang asri, Anda juga bisa mencoba beberapa fasilitas seperti penyewaan rakit atau pelampung untuk memudahkan Anda menjelajah di sekitar kolam Air Terjun Sri Gethuk. Tentu ini pilihan menarik untuk mengisi waktu liburan dengan aktivitas dan pengalaman yang seru dan menarik. Jika tertarik, Anda bisa berkunjung objek wisata ini antara pukul 8 pagi hingga 4 sore yang buka setiap hari.

Tiket masuk Sri Gethuk ialah Rp 15.000 rupiah baik untuk anak-anak ataupun dewasa. 

Goa Jomblang

Berikutnya ada Goa Jomblang. Tempat wisata Gunung Kidul ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki jiwa petualang. Di sini, Anda akan disajikan goa berkedalaman 60 meter lengkap yang berbentuk vertikal mirip seperti lubang bawah tanah.

Lorong vertikal ini juga menyuguhkan sinar matahari yang terpancar dengan indah saat pagi atau siang hari. Selain itu, Goa Jomblang juga memiliki hal unik lainnya yang bisa Anda temukan, yaitu hutan kecil yang terdapat di dalam goa. Tentu ini menjadi suguhan panorama alam yang indah nan menarik yang dapat memanjakan mata.

Dilansir dari berbagai sumber, untuk tiket masuk Goa Jomblang antara Rp.500.000 sampai Rp.1.000.000 per orang. Harga tiketnya memang cukup mahal karena pengunjung sebaiknya menyewa alat dan pemandu gua. 

Embung Nglanggeran

Pilihan destinasi terakhir di peta wisata Yogyakarta Wonosari yang tak kalah menarik adalah Embung Nglanggeran. Tempat wisata ini juga sering dikenal dengan Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran. Kedua tempat wisata ini berbeda namun masih dalam satu kompleks.

Jika ingin berkunjung ke objek Gunung Api Purba, Anda harus sedikit mendaki terlebih dahulu untuk sampai di lokasi. Namun jika Anda tak memiliki banyak waktu dan cukup tenaga, Embung Nglanggeran menjadi pilihan yang tepat karena bisa diakses dengan mudah tanpa harus mendaki.

Di sana, Anda disajikan pemandangan telaga dengan air yang bersih dan terbentang cukup luas. Bukan hanya itu, latar belakang pemandangannya juga sangat menarik untuk disajikan objek foto. Bagi Anda yang suka berburu foto alam yang unik, tempat ini bisa menjadi salah satu destinasi.  Harga tiket masuk Embung Nglanggeran yaitu Rp.8000/orang.

[ayi]


Artikel ini bersumber dari : www.merdeka.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *