Plataran Bromo Xtravaganza 2022 Padukan Unsur Musik, Olahraga dan Iklim

Diposting pada

Setelah hampir dua tahun hanya beraktivitas di rumah, kini berbagai event tahunan kembali digelar. Salah satunya yakni Plataran Bromo Xtravaganza 2022. Plataran Indonesia kerap kali menggelar perhelatan akbar untuk mengangkat tema dan isu tertentu sekaligus meningkatkan awareness suatu destinasi dari seluruh Indonesia. Plataran Bromo Xtravaganza 2022 akan digelar pada 10 dan 11 September 2022 di Plataran Bromo Resort & Venue. Mengangkat tema “Music, Sport, and Climate”, cara ini menggabungkan pentas budaya dan musik berskala nasional baik melalui offline maupun virtual (hybrid), olahraga dari marathon yang menantang sampai ke easy walk yang menyenangkan.

Acara ini dilaksanakan bersamaan dengan Bromo Marathon pada Minggu, 11 September 2022. Bromo Marathon mengambil garis Start dan Finish di Plataran Bromo sebagai Official Race Venue. Bromo Marathon sendiri merupakan event lari tahunan di Tosari, Kabupaten Pasuruan. Adapun rute dan jalur marathon tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, namun tetap menantang dan menyajikan pemandangan menakjubkan yang menjadi ciri khas kawasan sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tahun ini, gelaran Bromo Marathon menargetkan dihadiri lebih dari 2.000 orang pelari dan 7.500 penonton.

Bagi wisatawan yang tidak ingin berpartisipasi dalam kegiatan Bromo Marathon, Plataran juga menggelar Plataran Fun Trail – sebuah fun and easy walk dengan rute 2KM dan 4KM sambil menikmati perjalanan alam, menghirup angin segar, sambil dikelilingi oleh pemandangan panorama unik di atas awan sebagai bagian dari program Sahabat Alam Plataran.

Plataran Bromo Xtravaganza 2022 Padukan Unsur Musik, Olahraga dan Iklim

Lalu, pada puncak acara akan diselenggarakan Live Concert di atas awan “Dari Bromo Untuk Nusantara” di mana pertunjukkan ini akan berlangsung di Putri Dewi Amphitheater, Plataran Bromo dengan pemandangan langsung Gunung Arjuna. Acara ini akan dimeriahkan oleh Syaharani dan Trie Utami, dan artis milenial dari Surabaya, Malang dan Jakarta. Plataran Indonesia berkolaborasi dengan Don Sistem Suara (DSS) Indonesia pada acara kali ini. 

Baca Juga :   Tradisi Mandi Safar Ritual Tolak Bala Masyarakat Adat Tanjung Jabung Timur

Menurut CEO & Founder Plataran Indonesia, Yozua Makes mengatakan acara ini dinilai unik dan ikonik karena menggabungkan berbagai kegiatan serta pemilihan lokasi yang tidak biasa. 

“Event ini merupakan event unik karena menggabungkan sekaligus “musik-sport-alam” yang diselenggarakan secara ikonik di atas awan dan dikelilingi gunung-gunung dan perbukitan serta pandangan lepas ke laut yang menjadikannya konser musik, sport, dan alam ini satu-satunya di Indonesia apalagi dengan pendekatan hybrid music show”, ujar Yozua.

Selain itu, Plataran juga menyajikan serangkaian sajian yang bahan bakunya diproduksi dan dipanen langsung dari kebun masyarakat sekitar lewat sebuah festival kuliner, beragam macam dagangan dan pernak pernik kerajinan hasil UMKM Kabupaten Pasuruan. Hal ini didukung penuh oleh Kemenparekraf dan Bupati Pasuruan, H.M. Irsyad Yusuf.

“Kami selaku pemerintah daerah siap mendukung penuh kegiatan ini melalui kesenian binaan pemerintah dan juga UMKM sekitar, termasuk masyarakat akan kami siapkan untuk dapat menyambut wisatawan dan pelari yang datang ke acara Plataran Bromo Xtravaganza dan Bromo Marathon. Kami bersyukur dengan adanya Plataran Bromo, kegiatan pariwisata semakin maju di Pasuruan, khususnya di Tosari,” ungkap Irsyad.


Artikel ini bersumber dari : travel.tempo.co.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *