Potensi Gelombang Tinggi Hingga 5 Meter di Selatan Sumba, Nelayan Diminta Waspada Dampaknya, Bahaya

Diposting pada

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang kembali mengimbau masyarakat nelayan dan para pelaku kegiatan wisata bahari agar memperhatikan tinggi gelombang laut. 

Berdasarkan informasi peringatan dini gelombang tinggi yang dikeluarkan pada Senin, 29 Agustus 2022, gelombang tinggi berpotensi terjadi di wilayah Sumba, Nusa Tenggara Timur. 

Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang menyebut gelombang dengan tinggi 2,5 hingga 4 meter berpotensi terjadi di Selat Sumba bagian Barat dan Laut Sawu. Tinggi gelombang beresiko terhadap kapal nelayan dan tongkang. 

Sementara itu, Gelombang laut dengan ketinggian berkisar 4 hingga 5 meter juga berpotensi terjadi di Samudra Hindia Selatan Sumba – Sabu. Tingginya gelombang laut itu beresiko terhadap kapal ukuran besar seperti kapal kargo dan kapal pesiar. 

“Harap diperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran,” demikian rilis yang diterima POS-KUPANG.COM. 

Baca juga: Hal Ini Menjadi Motif dan Pemicu Suami Bunuh Istri di Solor Flores Timur

Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada. 

Sementara itu, Stasiun Meteorologi El Tari Kupang juga mengeluarkan peringatan potensi angin kencang yang kering di musim kemarau. Angin di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari arah timur ke tenggara dengan kecepatan 5-25 knot. 

Cuaca Waingapu dan Sekitarnya

Stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda Sumba Timur merilis prakiraan cuaca untuk Kota Waingapu dan sekitar cerah berawan hingga berawan pada hari ini, Senin 29 Agustus 2022.

Baca juga: Kuliner Khas NTT:Goreng Pisang Timor Tempel KejuKraft dan Mentega Nederland Bikin Kokis Jadi Lecker

Demikian pula dengan  lokasi wisata Sumba Timur seperti Pantai Puru Kambera, Pantai Walakiri, Pantai Watuparunu, Pantai Tarimbang, Air Terjun Tanggedu dan Air Terjun Waimarang. Cuaca cenderung cerah berawan hingga berawan sejak pagi hingga malam hari. 

Baca Juga :   PGRI Flores Timur Dukung PB Kritisi Draf RUU Sisdiknas 

Suhu udara berkisar 20′ hingga 33′ C dengan kelembaban berkisar 40-90 persen. Angin pada umumnya bertiup dari Timur dengan kecepatan 5-30 km/jam. (Ian) 

 
Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS
 
 

ILUSTRASI GELOMBANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang mengimbau masyarakat nelayan dan para pelaku kegiatan wisata bahari agar memperhatikan tinggi gelombang laut
 
ILUSTRASI GELOMBANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang mengimbau masyarakat nelayan dan para pelaku kegiatan wisata bahari agar memperhatikan tinggi gelombang laut   (POS-KUPANG.COM/ILUSTRASI )

 
 
 


Artikel ini bersumber dari : kupang.tribunnews.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *