PPID Kabupaten Jember

Diposting pada

...

Diposting pada 24 September 2022, oleh DPPPAKB


Ada destinasi liburan unik di Jember Jawa Timur. Kita bisa berwisata bersama keluarga sambil menghirup segarnya udara pedesaan, namanya Pasar Lumpur. Pasar Lumpur terletak di kaki gunung Raung, Desa Sumber Lesung, Kecamatan Ledokombo, 30 menit dari pusat Kota Jember. Kita bisa bermain sambil menikmati makanan tradisional khas Jawa Timur. Berbagai permainan tersaji di Pasar Lumpur seperti Polo air, Egrang dan Perang bantal. Uniknya semua permainan dilakukan di bekas lahan sawah penuh lumpur dan tanpa dipungut biaya.

Pasar Lumpur hanya ada pada hari Minggu terakhir setiap bulannya. Komunitas Tanoker menggagas Pasar Lumpur untuk pertama kali. Tanoker berdiri pada tahun 2009 oleh pasangan suami istri Dr. Ir. Supohardjo Msi. Dengan Farcha Ciciek, Msi.. Tanoker berasal dari Bahasa Madura yang berarti kepompong. Terinspirasi dari lagu kepompong yang dipopulerkan grup musik Sindentosca tahun 2008. Filosofi Komunitas Tanoker adalah tempat bermertamorfosis menjadi sosok yang lebih baik. Harapan Supohardjo, Pasar Lumpur bisa menjadi destinasi alternatif unggulan yang menawarkan wisata unik, menyehatkan dan edukatif di Jember, Jawa Timur.

Kegiatan Pasar Lumpur pada bulan September ini diselenggarakan pada hari Sabtu ,  24 September, jam 08.00 sd 15.00 WIB, bertempat di Tanoker Ledokombo. 

Kegiatan Pasar Lumpur kali ini dihadiri oleh PKK Kab. Jember, Ibu Wabup Sumenep, Komjen Australia, DP3AKB, Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, Camat & TP PKK Ledokombo, Forum Anak Jember, dan peserta lomba tari, lomba tarung lumpur, lomba bola lumpur kurang lebih 200 org 

 

Pada kesempatan ini dilaksanakan berbagai kegiatan ramah anak digelar & berjalan baik, antara lain Tari-tarian, lomba tarung bantal, lomba bola lumpur,sarasehan pembangunan desa berspektif gender & inklusi dan berbagai kegiatan lainnyaK

Baca Juga :   4 Keseruan Ganjar Pranowo di Pulau Dewata, dari Lari Pagi sampai Makan Bebek Betutu

Kegiatan Pasar Lumpur akan dikembangkan di tahun- tahun berikutnya 

 


Dilihat sebanyak : 33 kaliBagikan ke Whatsapp

Artikel ini bersumber dari : ppid.jemberkab.go.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *