Produk UMKM Banjarbaru Tampil di Kriyanusa 2022

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Produk-produk lokal khas Kota Banjarbaru seperti kain sasirangan, purun, rajutan dan manik terus dipromosikan pada ajang nasional bahkan internasional.

Kali ini produk lokal khas Banjarbaru hadir dalam pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) 2022, di Hall A Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (21/9/2022).

Pameran Kriyanusa merupakan sebagai salah satu perwujudan dari produk-produk kriya buatan dalam negeri yang memiliki aspek budaya. Diperlihatkan dan diapresiasi oleh masyarakat luas.

Baca juga: BPP Landasan Ulin Budidaya Cabe Penggunaan Bahan Organik

 

 

Hasil kriya dikembangkan lebih lanjut sebagai komoditas industri yang memiliki daya saing dan bernilai ekonomi tinggi.

“Pameran ini dapat memberikan ruang bagi industri kerajinan, khususnya untuk di Kota Banjarbaru untuk terus berupaya memunculkan kreativitas dan inovasi dalam menampilkan produk-produk unggulan,” ujar Ketua Dekranasda Kota Banjarbaru Vivi Mar’I Zubedi.

Produk lokal khas Banjarbaru hadir dalam pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) 2022, di Hall A Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (21/9/2022). Foto: medcenbjb

Lebih lanjut, Vivi mengungkapkan, Dekranasda merupakan salah satu elemen terpenting penggerak industri kerajinan di Indonesia.

“Dekranasda sendiri didirikan untuk mendukung pemerintah dalam upaya untuk membina, mengembangkan, melestarikan dan mempromosikan keragaman produk budaya yang bernilai tinggi, serta berdaya saing global,” katanya.

Baca juga: Netizen Ribut Soal Pertalite Makin Boros, Ojol di Banjarmasin Singgung Kualitas BBM

Masih kata desainer kenamaan Tanah Air ini, terselenggaranya pameran Kriyanusa 2022 menjadi peluang untuk kebangkitan UMKM di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Diharapkan dalam acara ini mampu menarik minat para pengunjung untuk memilik Kriya Banjarbaru sebagai buah tangan atau oleh-oleh,” tuturnya.

Setelah 2 tahun mati suri disebabkan pandemi Covid-19, tahun ini akhirnya Pameran ini kembali digelar dengan mengangkat tema ‘Semangat Bertahan Perajin Berdaya Saing”.

Acara diresmikan langsung oleh Iriana Joko Widodo didampingi oleh Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Wury Ma’ruf Amin. (Kanalkalimantan.com/al)

Reporter : al
Editor : kk


Dilihat
1

Artikel ini bersumber dari : www.kanalkalimantan.com.

Tinggalkan komentar