PT PLN Jatim Edukasi Pemakaian Motor Listrik Kepada UMKM di Kawasan Wisata Bahari Tlocor Jabon Sidoarjo

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Jawa Timur menggelar edukasi pemakaian motor listrik kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kawasan Wisata Bahari, Dusun Tlocor, Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon, Rabu (21/9/2022).

Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Jatim Fientje Lumembang mengatakan, kegiatan tersebut merupakan akselerasi pemanfaatan energi listrik kepada pelaku UMKM, pertanian, dan bahari. Salah satunya di desa tematik ini. Kehadiran listrik bisa membantu meningkatkan aktivitas ekonomi di tempat ini.

“Listrik itu bermanfaat dalam kegiatan ekonomi maupun kehidupan sehari hari kita. Kegiatan kita hari ini juga mengenalkan kepada masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik,” ucap Fientje.

Fientje mengatakan, jika baterai terisi penuh motor listrik bisa menempuh jarak 60 sampai 80 km. Itu hanya menyerap daya listrik sekitar 2 kwh, sedangkan, 1 kwh biayanya hanya Rp 1.650, maka 2 kwh hanya Rp 3.300. “Sangat efisien untuk masyarakat. Apalagi motor listrik tidak pakai oli dan sebagainya,” jelasnya.

BACA JUGA:

pln 1

Untuk pengisian baterai, PLN sudah menyiapkan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU), yang di wilayah Jatim sudah ada ribuan SPLU untuk sepeda motor, sedangkan untuk mobil hanya 8 unit.

Dalam kesempatan ini, PLN juga membagikan kompor induksi kepada pelaku UMKM di kawasan Wisata Bahari Tlocor. Untuk menekan angka subsidi, rencananya pemerintah mengganti LPG dengan kompor induksi.

Selain Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Jatim Fientje Lumembang, hadir pada kesempatan ini Manager PLN UP3 Sidoarjo Mohammad Eryan Saputra, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo Drs. Djoko Supriyadi, dan Kepala Desa Kedungpandan beserta UMKM wisata Bahari Tlocor.

pln3

Mohammad Eryan Saputra, Manager PLN UP3 Sidoarjo mengatakan, Desa Tlocor adalah desa yang dibina untuk memakmurkan masyarakat sekitar terutama UMKM di daerah Wisata Bahari Tlocor ini.

“Di sini PLN sangat mensuport kegiatan kelistrikannya dengan memasang SPLU agar memudahkan pengunjung yang membutuhkan listrik secara mobile, juga memberikan motor listrik kepada Desa Wisata Bahari, Tlocor sebagai salah satu kendaraan operasional,” ujar Eryan.

Selain itu PLN menghadirkan produk layanan Iconnet, ListriQu dan promo layanan yang mendukung electrifying lifestyle seperti nyaman kompor induksi dan home charging services serta ada juga promo kendaraan listrik. (sat)

Artikel ini bersumber dari : suryakabar.com.

Tinggalkan komentar