Punya Bank Sampah, Kampung Cibunut Bandung Jadi Wisata Menarik di Tengah Kota

Diposting pada

Punya Bank Sampah, Kampung Cibunut Bandung Jadi Wisata Menarik di Tengah Kota
Cibunut Finest, Bandung. ©2022 Instagram @cibunutfinest/Merdeka.com

Merdeka.com – Kampung Cibunut di Kelurahan Kebon Pisang, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang terletak di tengah kota. Di kampung ini, terdapat banyak mural warna-warni dengan kondisi lingkungan yang bersih dan asri. Warga setempat menyebut lokasi ini dengan nama Cibunut Finest.

Indahnya pesona kampung wisata Cibunut Fines tidak terlepas dari upaya gotong royong warga untuk membersihkan sampah. Untuk itu, masyarakat setempat mengelola bank sampah sebagai upaya pelestarian lingkungan.

“Di bank sampah, 1 bulan bisa sampai 700 kg dengan jenis sampah yang beragam,” kata Direktur Bank Sampah Cibunut Finest, Agus, mengutip laman Pemkot Bandung, Senin (12/9).

2 dari 3 halaman

Warga Berhasil Kelola Sampah

cibunut finest bandung

©2022 Instagram @cibunutfinest/Merdeka.com

Seperti disampaikan Agus, keberhasilan warga mendirikan kampung wisata ini berkat sistem pengelolaan sampah yang baik. Menurutnya, sampah diangkut tiga kali sepekan, yakni setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat.

Bahkan dari kerja sama antar warga itu, kawasan ini sukses mengurangi jumlah sampah sebanyak 3 ton dalam kurung waktu 1 bulan.

Warga yang berkunjung pun bisa turut melihat kegiatan pengumpulan sampah organik yang kemudian diolah kelompok swadaya masyarakat (KSM) menjadi kompos.

Jadi Kampung Warna-warni

cibunut finest bandung

©2022 Instagram @cibunutfinest/Merdeka.com

Sebagai kawasan wisata visual, Cibunut Finest memiliki keunikan seperti lukisan mural yang berbeda-beda di tiap RW-nya. Tentunya tak hanya berwarna-warni, mural-mural itu juga membawa pesan khusus.

Beberapa pesan yang disampaikan di antaranya ajakan untuk melestarikan kaulinan budak (permainan anak tradisional), sejarah, hingga pesan edukasi kepada masyarakat.

Di lokasi juga terdapat perkebunan buruan sae yang dikelola warga. Biasanya pengunjung tidak akan melewatkan kesempatan untuk berswafoto di sekitar area yang dicat mural.

Baca Juga :   Tingkatkan Kunjungan Wisata di Medan, Pemko Medan Lepas 184 Offroader Bukit Barisan Adventure 2022

3 dari 3 halaman

Jadi Wisata Edukasi

cibunut finest bandung

©2022 Instagram @cibunutfinest/Merdeka.com

Warga Cibunut Finest terus berupaya menjaga kelestarian lingkungannya dengan mengelolanya secara bijak.

Salah satunya yakni pengelolaan bank sampah dengan cukup ketat. Nasabah tidak boleh membawa sampah dari luar kawasan Cibunut atau memulung. 

Sampah yang dikumpulkan pun harus dari rumah masing-masing, atau lingkungan sekitar Cibunut Finest. Usai menyerahkan sampah, warga pun bisa mendapatkan benefit berupa uang dari bank sampah induk.

Di luar itu, masyarakat di sini sangat menjunjung tinggi kebersihan. Hal itu yang kemudian membuat kawasan wisata yang sudah berdiri sejak 2009 itu tetap bersih dan asri sehingga nyaman dikunjungi.

[nrd]


Artikel ini bersumber dari : www.merdeka.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *