Punya Bentang Alam Memikat, 3 Desa Wisata di Bone Bolango Ini Pas Buat Healing : Okezone Travel

Diposting pada

SEKRETARIS Desa Wisata Nusantara Provinsi Gorontalo, Mukmin Badu menyebut, daerah itu memiliki sejumlah objek wisata yang menarik, termasuk tiga desa wisata di Kabupaten Bone Bolango dengan bentang alam yang memikat.

Ketiga desa tersebut adalah Desa Tulabolo di Kecamatan Suwawa Timur, Desa Ilomata di Kecamatan Bulango Ulu, serta Desa Lonuo di Kecamatan Tilongkabila.

Menurut dia, Desa Tulabolo berada di kawasan penyangga Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) dan telah menerapkan konsep ekowisata dalam beberapa tahun terakhir.

Tulabolo memiliki pemandangan alam yang menarik, karena berada di tepi hutan yang relatif terjaga. “Desa ini sudah memiliki sejumlah rumah tinggal dan paket wisata yang dikelola oleh warga setempat,” kata Mukmin.

Infografis Desa Wisata

Untuk menuju Desa Tulabolo dari pusat Kota Gorontalo membutuhkan waktu sekitar satu jam menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Wisatawan juga akan melintasi jembatan gantung dengan panorama Sungai Bone.

Sedangkan Desa Ilomata, katanya, menonjolkan sungai sebagai objek wisata yang menantang pengunjung untuk datang ke lokasi tersebut.

Di sepanjang sungai telah ditata tenda-tenda camping yang dapat disewa, dengan berbagai fasilitas pendukung, seperti toilet, kuliner khas desa, serta perahu kano.

Objek wisata ini diresmikan oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou pada 1 Februari 2022 silam. Jarak tempuh Ilomata sekitar 1,5 hingga dua jam dari Kota Gorontalo, dengan melintasi tiga sungai sebelum sampai ke tujuan.

Sementara Desa Lonuo, lanjut Mukmin, menawarkan pemandangan alam yang ada di Bukit Arang. Saat ini bukit tersebut menjadi lokasi camping favorit, setelah ditetapkan menjadi 50 nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Infografis Wisata Bawah Laut Indonesia

Pada Juli 2022, objek wisata dengan jarak tempuh sekitar satu jam dari Kota Gorontalo ini dikunjungi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Baca Juga :   Wisatawan Berburu Kuliner dan Hasil Produk UMKM di Kampung Peranakan, Lagoi Bay, Bintan

“Ketiga desa ini dapat menjadi pilihan bagi wisatawan yang menyukai alam. Ketiga desa ini semua berbatasan dengan TNBNW, sehingga pengembangan wisata di desa juga dapat mendukung konservasi di taman nasional,” ujar dia.


Artikel ini bersumber dari : travel.okezone.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *