Rangkaian HUT ke-58 Provinsi Sulawesi Utara Berlangsung Sukses  – SulutAktual.com

Diposting pada

MANADO-Seluruh rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2022, yang mengusung tema ‘Bangkit Bersama Sejahtera Bersama’ berlangsung sukses dan penuh khidmat. 

Puncak peringatan HUT telah dilaksanakan upacara pengibaran bendera di halaman kantor gubernur Sulut, dengan Gubernur Olly Dondokambey sebagai inspektur upacaranya pada Jumat (23/9/2022).

Dalam HUT ke-58 Provinsi kali ini, Gubernur Olly Dondokambey dan Ketua Tim Penggerak PKK Sulut Rita Maya Tamuntuan mengenakan pakaian adat Minahasa, sementara Wakil Gubernur Steven Kandouw bersama Sekretaris TP-PKK Sulut dr Kartika Devi Tanos tampil dengan busana khas Bolaang Mongondow.

Dalam sambutannya, Gubernur Olly Dondokambey membeberkan sejumlah capaian positif daerah Bumi Nyiur Melambai di usia 58 tahun.

Kata Olly, infrastruktur maupun sarana prasarana konektivitas di Sulut tetap berproses dan berprogres di masa pandemi Covid-19.

“Kita pun berhasil membuka ekspor langsung, direct call Manado ke Narita Jepang untuk meningkatkan ekspor komoditi perikanan dan rempah di Sulawesi Utara,” ungkapnya, mengawali sambutan.

Lanjut Olly, karena kondisi yang sudah pulih dengan dinafasi semangat kebersamaan, telah membuat geliat, capaian dan prestasi yang membanggakan di tahun 2022.

“Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sulut berada pada angka 73,30. Indeks Kebahagiaan 74,96, dan tercatat sebagai provinsi kelima dari 10 provinsi yang paling bahagia di Indonesia,” bebernya.

Tak hanya itu, Olly menjelaskan perekonomian Sulut di triwulan ke-2 tahun 2022 berhasil bertumbuh 5,93%, dan berada di atas rata-rata nasional yakni 5,44%.

“Inflasi di Sulawesi Utara tetap terkendali dengan angka 3,84 dan masih menjadi paling rendah se pulau Sulawesi,” ujarnya.

Ia mengakui berkat kebersamaan yang kuat, Sulut mampu merajut tantangan menjadi peluang bahkan menjadi kekuatan bagi pembangunan daerah.

“Itu kita buktikan saat kondisi pandemi Covid-19 yang lalu. Kita dapat bersama mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan, serta mendukung program vaksinasi baik tahap 1, tahap 2 dan jenis vaksinasi Booster,” terangnya.

Selain itu, kata Olly, dalam situasi pandemi, Pemprov Sulut mendorong Program Marijo Ba Kobong pada sektor pertanian dan perkebunan. Demikian halnya percepatan digitalisasi pada kegiatan-kegiatan ekonomi, peningkatan kelas UMKM dan banyak lagi.

Baca Juga :   Pemkot Jogja Resmikan Sentra IKM Kemantren Umbulharjo, Berikut Ini Lokasi dan Produk Unggulan yang Ditawarkan

“Cukup banyak yang kita torehkan pada masa pandemi lalu. Kita boleh membangun infrastruktur kesehatan, yakni tiga rumah sakit baru yaitu RSUD ODSK, RSJ Ratumbuysang dan RS Khusus Mata,” tuturnya.

Ia menambahkan, Pemprov Sulut juga tetap optimal mendukung program prioritas nasional, seperti pembangunan Tol Manado-Bitung yang diresmikan di masa pandemi, dan menjadi jalan tol pertama di Sulut dan terpanjang di Pulau Sulawesi.

Upacara ini turut diikuti Wakil Gubernur Steven Kandouw, PJ Sekdaprov Praseno Hadi, Forkopimda Sulut, Ketua TP PKK Sulut Rita Tamuntuan, Sekretaris TP PKK Sulut, dr Kartika Devi Tanos, Konsulat Jenderal Filipina di Manado Angelica Escalona, sejumlah kepala daerah dan wakil kepala daerah se Provinsi Sulut, pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemprov Sulut, perwakilan instasi vertikal, dan undangan lainnya. Hadir juga Miss Indonesia 2022 asal Sulut, Audrey Vanessa.

Usai upacara pagi di halaman kantor Gubernur Sulut, siangnya dilanjutkan dengan Rapat Paripurna dalam rangka HUT ke-58 Provinsi Sulawesi Utara yang diselenggarakan di Kantor DPRD Provinsi Sulawesi Utara.

Ketua DPRD Sulut dr Fransiskus Silangen dan para wakil pimpinan DPRD Sulut berada di meja pimpinan sidang bersama Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw.

Hampir seluruh anggota DPRD Sulut hadir dalam rapat paripurna ini dimana seluruhnya menggunakan pakaian adat.

Sejumlah pertunjukan budaya mulai dari Tarian Kabela asal Bolmong, Masamper dari etnis Sangihe, kemudian Tarian Maengket dari Minahasa juga ditampilkan dalam rangkaian rapat paripurna ini.

Untuk diketahui, Pemprov Sulut menjelang HUT ke-58 Sulut, telah melaksanakan sejumlah kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian acara menyambut HUT Provinsi Sulut.

Pada Jumat (09/0/2022), Pj Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara Dr Praseno Hadi membuka kegiatan Lomba Senam Cinta Tanah Air (SICITA) antar Unit Dharma Wanita Persatuan (DWP) se-Provinsi Sulut di Lapangan Kantor Gubernur Sulut. 

Selain bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) ke-39 yang diperingati tiap tanggal 9 September, lomba tersebut juga digelar dalam rangka menyambut HUT ke-58 Provinsi Sulut pada 23 September 2022 dengan tema ‘Mari Bangkit Bersama dan Sejahtera Bersama.’ 

Baca Juga :   Pemkab Parigi-IPB bekerja sama latih UMKM membuat gula cair dari Sagu - ANTARA News Palu, Sulawesi Tengah - ANTARA News Palu, Sulawesi Tengah

Tidak itu saja, berbagai lomba pun digelar masing-masing SKPD guna memeriahkan HUT daerah ini.

Pada Selasa (20/09/2022), Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw melakukan ziarah ke seluruh mantan-mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara dalam rangkaian menyambut HUT ke-58 Provinsi Sulawesi Utara.

“Ini merupakan suatu wujud apresiasi serta wujud pengakuan, dan mudah-mudahan jadi inspirasi kepada kita semua untuk menjaga dan mempertahankan serta meningkatkan capaian-capaian yang sudah mereka torehkan,” kata Wagub Kandouw. 

Adapun Makam yang dikunjungi, yakni Makam Dr Sam Ratulangi di Tondano. Dr Sam Ratulangi adalah gubernur Sulawesi pertama yang menjabat sejak Indonesia merdeka yakni pada periode 1945-1949, selanjutnya Makam mantan Gubernur SH Sarundajang di Tompaso, makam mantan Gubernur AJ Sondakh di Kanonang, dan ke makam mantan Wakil Gubernur Freddy Sualang di Leilem.

Sedangkan Pj Sekdaprov Praseno Hadi berziarah ke makam mantan Wakil Gubernur A Nadjamudin di Tuminting Manado. Selain itu, rombongan juga berziarah ke makam mantan Gubernur CJ Rantung di TMP Kairagi, dan ke makam mantan Gubernur HV Worang di Tontalete, Kabupaten Minahasa Utara.

Pada Rabu 21 September 2022, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE melakukan ziarah ke makam mantan Gubernur di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta. Makam yang dikunjungi yakni makam mantan Gubernur Sulut AA Baramuli, FJ Tumbelaka, Willy Lasut dan GH Mantik.

Menurut Gubernur Olly, kegiatan ziarah yang dilakukannya adalah sebuah kewajiban yang menjadi agenda rutin Pemerintah Provinsi Sulut jelang HUT Provinsi setiap tahunnya.

“Kegiatan tersebut juga sebagai wujud apresiasi dan pengakuan Pemprov Sulut terhadap kontribusi serta torehan para pendahulu dalam membangun dan memajukan Sulut, dengan harapan dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi seluruh elemen yang ada demi kemajuan Bumi Nyiur Melambai yang lebih baik ke depan,” tutup Gubernur Olly. 

(*/adve)

Artikel ini bersumber dari : www.sulutaktual.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *