Rasa Khas Mie Atep, Kuliner Legendaris Asal Bumi Laskar Pelangi

Diposting pada





MediaGo – Belum lengkap rasanya liburan ke Pulau Belitung kalau belum merasakan Mie Atep. Mie kuning kuah kental dengan udang, potongan kentang rebus, irisan timun, serta taburan emping di atasnya. Rasa yang khas dan nikmat membuat mie ini menjadi salah satu kuliner andalan di bumi laskar pelangi.

Nama Atep ternyata diambil dari nama kecil pemiliknya. Sudah banyak pesohor negeri, yang telah mencicipi mie yang sudah berdiri dari 1973 ini. Kedai Mie Atep berlokasi di Jalan Sriwijaya Nomor 27, Parit, Kecamatan Tanjung Pandan, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Kedai Mie Atep.
Kedai Mie Atep.

Ibu Atep adalah masterchef dari Mie Atep ini. Ia mendapatkan resep Mie Belitung ini langsung dari ibunya dan tak pernah berubah hingga kini. Dari tangannya, ratusan hingga ribuan mangkuk Mie Atep ia telah disajikan.

Mie Atep ini juga dikenal dengan julukan mie artis karena sudah banyak figur publik yang penasaran mencoba mie buatan Ibu Atep. Bahkan, foto Presiden keempat Republik Indonesia, Ibu Megawati Soekarnoputri, bersama Ibu Atep telah terpajang rapi di toko ini. 

Ibu Atep adalah masterchef dari Mie Atep.
Ibu Atep adalah masterchef dari Mie Atep.

Penyajian Mie Atep ini terbilang cukup unik. Makanan ini disajikan di sebuah piring yang diberi selembar daun simpur sebagai alas. Adanya daun simpur ini memberi aroma wangi yang ikut menambah selera makan.

Seporsi Mie Atep ini terdiri dari mi kuning yang disiram dengan kuah kaldu udang. Di atasnya diberi topping udang rebus, kentang rebus, potongan tahu goreng, irisan mentimun, dan emping melinjo.






Artikel ini bersumber dari : mediago.id.

Baca Juga :   Sektor Pariwisata dan UMKM Bersinergi, Bangkitkan Ekonomi Jawa Timur – PETISI.CO
  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *