Rekomendasi 29 Tempat Wisata di Salatiga Jateng yang Menarik Dikunjungi, Nomor 24 Favorit Pendaki : Okezone Travel

Diposting pada

REKOMENDASI 29 tempat wisata di Salatiga, Jawa Tengah yang wajib dikunjungi. Salatiga memiliki topografi perbukitan dan terletak di bawah kaki Gunung Merbabu, sangat layak dijadikan sebagai daerah tujuan liburan.

Berada di ketinggian antara 450 hingga 825 MDPL, membuat kota yang berbatasan langsung dengan kabupaten Semarang ini berhawa sejuk dan segar.

Lantas, apa saja tempat wisata di Salatiga Jawa Tengah yang wajib dikunjungi? Untuk mengetahuinya, simak rangkuman Okezone berikut ini.

Sedang berada di Salatiga dan ingin bermain wahana air bersama keluarga? Kamu bisa mengunjungi Kolam Renang Kalitaman yang berlokasi di Jl. Kalitaman No.3, Kutowinangun Kidul, Kec. Tingkir, Kota Salatiga.

Tempat wisata satu ini lebih dikenal oleh masyarakat setempat dengan sebutan Kolam Renang Kali Gedong. Wahana air ini memiliki 3 bagian kolam, mulai dari kolam renang dewasa, kolam renang anak, dan kolam bersantai yang dapat digunakan untuk duduk.

Ingin berwisata sejarah di Salatiga? Kamu bisa mengunjungi Prasasti Plumpungan di Sidorejo Jl. Patimura No.35, Kauman Kidul, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga. Tempat wisata ini memiliki nilai edukasi sehingga ramai wisatawan berkunjung baik pada hari biasa maupun hari liburan dan umumnya didominasi oleh.

Di tempat wisata ini para pengunjung bisa berkesempatan untuk mengetahui lebih banyak tentang asal usul Prasasti Plumpungan.

Lapangan Pancasila dapat menjadi salah satu tempat wisata bersantai bersama keluarga saat berkunjung di Salatiga. Berlokasi di Jl. Ahmad Yani No.100, Kalicacing, Kec. Sidomukti, Kota Salatiga berada di pusat kota, sehingga membuat banyak orang bahkan wisatawan mudah untuk menjangkaunya.

Lapangan Pancasila ini terkenal dengan udaranya yang sangat sejuk dan asri. Tak heran banyak pengunjung yang merasakan nyaman dan betah berlama-lama disini. Di sini pengunjung juga dapat menikmati berbagai kuliner yang ada di sekitar lapangan.

Liburan bersama keluarga di Salatiga terasa kurang bila tak berkunjung ke Agrowisata Salib Putih yang menyediakan tempat piknik, outbond bahkan renang. Berlokasi di Kumpulrejo, Kec. Argomulyo, Kota Salatiga, tempat wisata satu ini kerap dijadikan jujukan untuk menghilangkan penat.

Lantaran letaknya di sekitar pegunungan, membuat suasana agrowisata ini sejuk dan asri. Tak hanya itu, nama tempat wisata ini sendiri diambil dari nama desa yang menjadi letak Agrowisata tersebut.

Saat berada di Salatiga akan kurang lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke lokasi wisata satu ini. Kawasan wisata satu ini terkenal dengan tempatnya yang sangat lengkap dengan berbagai makanan khasnya.

Saat berada di Agrowisata Kue Kering Saga, pengunjung dapat mencari berbagai pilihan menu makanan atau bahkan jajanan ringan yang dapat dinikmati bersama dengan keluarga. Bahkan, tempat wisata yang berlokasi di Jl. Teratai No.10, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga ini memberikan pengalaman melihat pembuatan kue secara langsung.

D’Emmerick Adventure Park adalah tempat wisata yang tak hanya mengajak para wisatawan untuk sekedar mengagumi panorama alam, namun juga meresapi atmosfernya yang sejuk. Menguji ketangkasan melalui beragam wahana atau sekedar menghabiskan akhir pekan dengan berjalan-jalan menikmati pemandangan tentu sangat menyenangkan.

Bagi kamu yang mencari pengalaman berwisata dan bermain yang menantang tersebut di Salatiga, bisa mengunjungi D’Emmerick Adventure Park. Lokasinya di Kumpulrejo, Kec. Argomulyo, Kota Salatiga.

Podo Podo Aquarium adalah tempat wisata paling menarik bahkan menjadi tempat favorit para wisatawan. Bagaimana tidak, tempat wisata yang berlokasi di Jl. Kartini No.29D, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga ini menyajikan dan menawarkan sejumlah ikan hias dengan berbagai jenis. Bahkan pengunjung juga dapat menikmati seluruh aneka makanan khas Jawa Tengah.

8. Bundaran Jam Kota Salatiga

Tertarik untuk berkunjung dan menikmati ciri khas tersendiri dari kota ini, maka kamu dapat menyempatkan waktu datang di Bundaran Jam Kota Salatiga. Tugu satu ini menjadi salah satu petunjuk dan menandakan bahwa keberadaan nol kilometer kota ini adalah Bundaran Jam Kota Salatiga.

Kawasan wisata yang berada di Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga ini dikelilingi dengan berbagai bangunan sejarah. Terlebih bangunan tersebut juga menjadi sebuah ciri khas atau identik dengan Kota Salatiga.

9. Mama Farm Hidroponik

Mama Farm Hidroponik adalah tempat wisata yang mengajarkan bagaimana cara untuk bercocok tanam dengan baik dan benar. Tempat wisata yang berada di Kalibening, Kec. Tingkir, Kota Salatiga ini akan memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai teknik hidroponik.

Bahkan Mama Farm Hidroponik memiliki berbagai jenis tanaman dan sayuran yang sangat segar dan sehat. Dengan menerapkan sistem hidroponik, kawasan satu ini mampu menyiasati adanya lahan sempit.

Baca Juga :   Mabes Polri Berikan Pendalaman Kontra Radikal di Ponpes Binjai Barat

10. Desa Mandiri Qaryah Thayyibah

Desa Mandiri Qaryah Thayyibah termasuk salah satu desa yang dijadikan sebagai lokasi untuk berwisata. Desa yang berlokasi di Jl. Raden Mas Said No.12, Kalibening, Kec. Tingkir, Kota Salatiga ini sebagian besar penduduknya melakukan ternak sapi dan membangun bioster. Kedua hal tersebut sangat memberikan bantuan untuk desa ini.

11. Atlantic Dreamland

Atlantic Dreamland termasuk tempat wisata yang diminati oleh pengunjung saat berkunjung ke Salatiga. Atlantic Dreamland adalah tempat wisata berkonsep waterboom yang memiliki aneka wahana bermain seru.

Tempat wisata yang berada di Jl. Soekarno Hatta Isep-Isep, Cebongan, Kec. Argomulyo, Kota Salatiga ini dilengkapi wahana seperti kolam renang, water toys, waterboom, water ball, jet coaster, carousel, circular track, boom boom car, game center, flying fox, ATV, dan lain sebagainya. Di Atlantic Dreamland ini pengunjung bisa dimanjakan dengan wahana yang lengkap untuk menambah keseruan liburan.

Ilustrasi

12. Gedung Pakuwon

Gedung Pakuwon adalah gedung yang ada di Salatiga yang lokasinya sangat strategis dan berada tepat di bagian selatan dari Lapangan Pancasila. Berada di Jl. Sukowati, Kalicacing, Kec. Sidomukti, Kota Salatiga membuat gedung satu ini sangat mudah untuk dijangkau dan dijumpai.

Gedung Pakuwon ini menjadi saksi bisu dari adanya Perjanjian Salatiga, yang menjadi sebuah penanda dari adanya perpecahan Kerajaan Mataram Islam menjadi tiga bagian berbeda.

13. Desa Wisata Tingkir

Orang Jawa tentu pernah mendengar mengenai salah satu cerita rakyat mengenai Jaka Tingkir. Tak hanya terkenal, cerita ini juga sangat melegenda dan dikenal oleh masyarakat.

Ternyata, di Salatiga ada desa yang bernama Tingkir Lor yang menyimpan cukup banyak potensi yang bisa digali, salah satunya dijadikan sebagai wisata budaya. Wisata yang paling menonjol adalah dari atraksi keseniannya.

14. Selasar Kartini

Saat berada di Salatiga dan ingin melepaskan penat, maka wajib untuk berkunjung di kawasan wisata Selasar Kartini. Berada di dekat Perpustakaan Kota Salatiga, yang mana terkenal sangat strategis tepatnya di Jl. Kartini, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga. Tak heran, apabila banyak pengunjung atau wisatawan yang datang dan menghabiskan waktu hanya sekedar untuk duduk santai di halaman bangunan ini.

15. Istana Djoen Eng

Istana Djoen Eng adalah sebuah istana yang dibangun dengan gaya khas Tionghoa. Sejatinya kawasan ini bukan tempat wisata yang dapat dikunjungi oleh masyarakat umum. Namun, tempat satu ini dapat dikunjungi selama dapat menjaga ketenangan dan kebersihan ketika berada di kawasan ini.

Sebelumnya pengunjung wajib untuk meminta izin terlebih dahulu sebelum masuk didalamnya. Lokasinya di Jl. Diponegoro No.90, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga.

16. Pohon Pengantin

Di Salatiga terdapat tempat wisata unik yang disebut Pohon Pengantin. Terletak di Pulutan, Sidorejo, Pohon Pengantin disebut-sebut sebagai simbol cinta abadi oleh para warga sekitar maupun wisatawan.

Konon, menurut kisah yang beredar, pohon ini adalah jelmaan pengantin yang punya mimpi untuk saling mencinta selamanya. Namun, ada yang menyebut kata pengantin berasal dari fakta kalau pohon ini sering dijadikan spot foto pre-wedding.

17. Salatiga City Park

Salatiga City Park atau Taman Kota Salatiga adalah Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang memiliki fasilitas cukup lengkap. Terdapat taman bermain, kandang burung, dan taman lalu lintas yang dapat dimanfaatkan pengunjung, termasuk anak-anak.

Taman ini juga dilengkapi bangku-bangku sebagai tempat bersantai. Lokasinya ada di kawasan Kota Salatiga, tepatnya ada di Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga.

18. Air Terjun Joko Tingkir

Air Terjun Joko Tingkir mungkin tampak lebih kecil dari air terjun kebanyakan. Meski demikian, suasana di lokasi menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Saat musim hujan, jumlah debit airnya lebih banyak yakni tiga aliran dari yang umumnya hanya satu aliran.

Lokasinya di Jalan Sitalang, Krajan, Kauman Kidul, Sidorejo, Kota Salatiga. Pengunjung dapat menikmati air terjun ini secara gratis.

Ilustrasi

19. Mata Air Benoyo

Wisata air lainnya yang bisa dikunjungi oleh wisatawan saat berada di Salatiga adalah Mata Air Benoyo. Tempat wisata yang buka 24 jam ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda dan masih dilestarikan hingga sekarang.

Lokasinya di Kutowinangun Kidul, Tingkir, Kota Salatiga. Di pinggir sungainya terdapat dekorasi bertemakan ikan yang bisa dijadikan tempat foto.

20. Kelenteng Hok Tek Bio

Kelenteng Hok Tek Bio termasuk sebuah tempat ibadah umat Konghucu di Kota Salatiga, dengan arsitektur khas Tionghoa yang didominasi warna merah dan kuning. Kelenteng ini ada di Jalan Sukowati Nomor 13, Kalicacing, Sidomukti, Kota Salatiga. Kelenteng ini diketahui sudah ada sejak tahun 1872 dengan luas sekitar 600 meter persegi.

Baca Juga :   Resep Cireng Khas Bandung, Cocok Temani Weekend Kamu Berita Riau Terkini Online

21. Wisata Tlogo Plantation

Wisata Tlogo Plantation adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Delik, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Salatiga. Tempat wisata ini ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Saat datang ke obyek wisata yang satu ini, kamu dapat melakukan tour ke kebun kopi. Selain itu ada kegiatan berkebun yang dapat diikuti oleh anak-anak untuk pengetahuan mereka bertambah.

22. Kandhang Galeri

Bagi kamu yang suka seni dapat mengunjungi salah satu tempat di Salatiga yakni Kandhang Galeri. Sebagai sebuah tempat yang menyimpan berbagai karya dari IGN, bahkan tempat ini digagas oleh seorang Bapak Bambang Priyanto.

Pada bangunan sederhana ini, pengunjung dapat menjumpai berbagai sketsa, lukisan, patung, drawing, dan barang antik peninggalan. Lokasinya di Jl. Suropati Gang I/565 B, Kec. Mangunsari, Kota Salatiga.

23. Air Terjun Umbul Songo

Tempat wisata ini sebenarnya tidak berada persis di Salatiga, melainkan di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Meski begitu, tempat wisata ini tak terlalu jauh dari Salatiga, tepatnya kurang lebih sekitar 15 km dari Kota Salatiga.

Panorama yang tersaji juga sangatlah mempesona, tak sekadar menyenangkan tetapi juga menenangkan. Air Terjun Umbul Songo memiliki ketinggian kurang lebih 15 meter

24. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu termasuk salah satu gunung favorit di Indonesia. Memiliki ketinggian 3.145 meter, gunung dini berdekatan dengan kota Salatiga.

Kamu bisa melihat keindahan Kota Salatiga, danau Rawa Pening, Ungaran, juga Semarang, di bagian selatan, keindahan lain juga menanti yakni panorama Gunung Merapi. Keindahan alam di Gunung Merbabu yang terkenal ini memang patut untuk di eksplore keberadaannya melalui jalur Suroteleng, Kec. Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Ilustrasi

Gunung Merbabu (Foto: Okezone.com/Salman Mardira)

25. Kopeng Camping Ground

Jika kamu sedang mencari lokasi untuk camping bersama dengan teman atau bahkan keluarga, maka dapat mencoba datang di Kopeng Camping Ground. Tempat ini menjadi salah satu alternatif pilihan camping di Salatiga.

Nantinya kamu tidak perlu kesusahan dan kerepotan untuk membawa berbagai peralatan untuk camping, sebab telah disediakan oleh pihak pengelolanya. Lokasinya di Sundel, Kopeng, Kec. Getasan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

26. Kopeng Paintball

Tempat wisata ini menjadi salah satu tempat yang sangat digemari oleh para pecinta permainan paintball. Untuk dapat menikmati keseruan yang dihadirkan dan merasakan sensasi bermain sembari menyelesaikan misi, kamu wajib untuk berkunjung di Kopeng Paintball.

Perlu diketahui bahwa tempat permainan satu ini, tak hanya dapat dimainkan oleh orang dewasa saja, melainkan juga anak-anak. Dalam melakukan permainan ini kamu diwajibkan untuk terus berhati-hati. Hal ini dikarenakan jika terkena tubuh dapat melukai kulit. Lokasinya di Jl. Raya Salatiga-Magelang KM.15, Kopeng, Kec. Getasan, Kota Semarang.

27. Kopeng Treetop Adventure

Masih berada di satu kawasan dengan Kopeng Paintball, ada pilihan lain, yakni Kopeng Treetop Adventure. Kawasan wisata satu ini menawarkan sebuah wahana berupa permainan outbound yang akan memberikan suatu penawaran dan pengalaman berbeda dari objek wisata di Salatiga lainnya.

Tempat wisata ini menyediakan berbagai wahana outbound yang beragam, mulai dari adaya 88 tantangan, 24 flying fox, 8 sirkuit, bahkan hingga giant tarzan jump. Terlebih lagi lokasinya berada seperti di sebuah hutan, membuat pengunjung merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama disini. Lokasinya di Jl. Raya Kopeng, Selo Ngisor, Batur, Kec. Getasan, Kota Semarang.

28. Goa Rong View

Di dekat Salatiga ada tempat wisata yang wajib dikunjungi yakni Goa Rong View yang berada di Desa Delik, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Pengunjung dapat menyaksikan goa yang dijadikan nama objek wisata ini dan goa ini menjadi lokasi wisata alam.

Konon kabarnya pada zaman dulu, goa ini adalah persembunyian Belanda. Ada pula yang menyebutnya sebagai goa pertapaan, di balik keeksotisannya tempat ini juga menyimpan banyak cerita.

29. Siwarak Tirto Argo

Siwarak Tirto Argo adalah wisata yang ada di dekat Salatiga yang menawarkan wahana berupa kolam renang. Terlebih lagi di kawasan ini menyediakan berbagai pilihan ukuran dan model untuk lokasi kolam renangnya.

Tak hanya itu, tempat wisata ini juga menyediakan berbagai fasilitas yang sangat beragam. Bahkan tempat ini juga terkenal dengan kolam renang terluas dibandingkan dengan wisata kolam renang lainnya. Lokasinya di Jl. Tirto Argo, RT.04/RW.08, Blanten, Nyatnyono, Kec. Ungaran Barat, Kota Semarang.

Demikian rekomendasi 29 tempat wisata di Salatiga yang wajib dikunjungi.

Artikel ini bersumber dari : travel.okezone.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *