Rekomendasi Objek Wisata dan Kuliner di Bumi Menoreh Kulon Progo

Diposting pada

BacaJogja – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki banyak destinasi wisata yang lengkap. Salah satunya kabupaten yang berada paling ujung barat DIY, yakni Kulon Progo.

Di Bumi Menoreh ini memiliki sederet wisata alam yang sangat menarik. Di Kulon Progo, pengunjung bisa menyaksikan destinasi wisata dalam sehari secara lengkap mulai dari wisata alamnya hingga kuliner khas dari kabupaten yang berbatasan dengan Purworejo dan Magelang, Jawa Tengah ini.

Baca Juga: Guyon Waton Konser di Nglinggo Soul of The Mask Kulon Progo

Perjalanan Wisata One Day di Kulon Progo dimulai dari menikmati matahari terbit, hingga menuju ke tempat alam dan kuliner yang menarik lainnya. Berikut rekomendasi wisata one day di Kulon Progo seperti dilansir visitingjogja bawah ini:

– Sunrise di Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo menoreh
Puncak Suroloyo Menoreh Kulon Progo. (Foto: @hafidz_syauqi_)

Puncak Suroloyo yang berada di Keceme, Gerbosari, Kapanewon Samigaluh ini merupakan puncak tertinggi di Perbukitan Menoreh Kulon Progo, berketinggian kurang lebih 2.000 mdpl. Perbukitan ini membentang sepanjang Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Dari Puncak Suroloyo, bisa dengan jels melihat sunrise dari atas awan dan dapat melihat langsung keindahan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang. Di Puncak Suroloyo terdapat tiga buah gardu pandang yang secara umum disebut pertapaan, masing-masing memiliki nama Suroloyo, Sariloyo dan Kaendran.

Baca Juga: Anoman, Janaka dan Wayang Lain Ramaikan Festival Paralayang di Kulon Progo

Untuk dapat menikmati sunrise kalian bisa berangkat dari jam 3 pagi jika dari kota yogyakarta. Kira-kira jarak tempuh sekitar 1-2 jam perjalanan. Pemandangan pagi hari sangat indah seperti berada di atas awan. Jika cuaca cerah, bisa melihat empat gunung sekaligus yaitu Merapi, Merbabu, Sumbing dan Sindoro.

untuk akses menuju tempat ini kalian bisa menggunakan mobil ataupun sepeda motor. Untuk tiket masuknya cukup membayar Rp2.000 saja, murah bukan?

Baca Juga: Bukit Ngisis Kulon Progo, Rekomendasi Wisata Penghilang Stres

Usai menikmati sunrise di Puncak Suroloyo, selanjutnya ke Desa Wisata Nglinggo. Jaraknya hanya 30 menit dari Puncak Suroloyo. Desa ini adalah gabungan antara wisata alam, wisata budaya, hingga wisata kekinian dengan tampilan yang instagramable.

Desa Wisata Nglinggo ini unik. Pemandangan dan suasanya yang sangat asri nan berudara sejuk, tidak hanya itu di Desa Nglinggo memiliki banyak sekali spot foto yang instagramable. Selain spot foto terdapat juga atraksi budaya dan wisata adventure yang menantang adrenaline. Berikut nama wisata yang ada di Desa Wisata Nglinggo di bawah ini:

destinasi desa wisata nglinggo
Destinasi wisata di Desa Wisata Nglinggo Kulon Progo. (Foto: visitingjogja)

Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo menyajikan pemandangan perkebunan teh rakyat dengan udara yang bersih dan sangat sejuk karena berada pada ketinggian 700-900 mdpl. Pengunjung juga bisa merasakan langsung seduhan teh sangrai khas petani Samigaluh yang disajikan di warung makan/ tempat istirahat disekitar kebun teh.

Puncak Widosari

Perbukitan Menoreh yang membatasi Provinsi DIY dengan Purworejo di Jawa Tengah memiliki banyak puncak. Puncak Widosari salah satunya yang memiliki ketinggian sekitar 900 mdpl. Karena berada di ketinggian, Puncak Widosari menawarkan keindahan panorama ke segala arah di tengah hamparan hijau Perbukitan Menoreh.

Baca Juga :   Cara Membuat Sate Lilit Khas Bali yang Populer, Bisa Dibuat Sendiri Dirumah

Baca Juga: Promosi Destinasi Waduk Sermo Kulon Progo dengan Lomba Foto Astronomi dan Roket Air

Grojogan Watu Jonggol

Air terjun yang berada di ketinggian 800 mdpl lokasinya yang tersembunyi menjadikan kondisi curug ini masih sangat alami lengkap dengan tumbuhan khas dataran tinggi.

Hutan Pinus

Hutan ini milik perhutani dengan luas kurang lebih 350 Ha yang didalamnya terdapat kegiatan wisata petualangan, baik digunakan untuk camping, outbond serta tracking, terdapat pula banyak flora & fauna di hutan pinus ini seperti Anggrek hutan, Simbar, Pohon Tanganan, dan Elang Jawa.

Gunung Jaran

Gunung jaran menyajikan pemandangan berupa kebun teh dari ketinggian 900 mdpl. Selain itu tempat ini dapat digunakan untuk melihat view matahari tenggelam atau sunset.

Baca Juga: Konsep Back to Nature di Wisata Air Terjun Kembang Soka Menoreh Kulon Progo

Bukit Ngisis

Ada pula bukit Ngisis yang memperlihatkan pemandangan 7 puncak gunung yang sangat indah dari ketinggian 850 mdpl yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Ungaran, Sumbing, Telomoyo, Sindoro, dan Prau. Tempat ini juga biasa digunakan untuk camping.

Rimbono Off Road

Tempat yang menyajikan wahana ekstrim dan memacu adrenaline, cocok untuk kalian yang berjiwa petualangan. Untuk jalur yang dilalui adalah susur hutan pinus namun melalui medan yang ekstrim. 1 Mobil untuk track offroad berkapasitas 3 orang, untuk jalur onroad dapat digunakan hingga 7 orang

Lengger Tapeng – Jathilan

Terdapat pula wisata kesenian di Desa Wisata Nglanggeran ini yang sejatinya masih dilestarikan hingga saat ini. Antara lain tarian Lengger Tapeng dan Jathilan, tarian tersebut merupakan tarian yang dulunya digunakan sebagai hiburan pasukan Diponegoro.

Baca Juga: Mangrove Jembatan Api-api, Surga Tersembunyi di Kulon Progo

Kedung Pedut

Selanjutnya ke wisata alam yaitu Kedung Pedut yang berlokasi di Jalan Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo. Jaraknya 40 menit dari Desa Wisata Nglinggo.

Air terjun ini memiliki keunikan yaitu airnya yang jernih dan berwarna biru, sangat asri dan lumayan jauh dari lokasi parkir karena kita harus berjalan sekitar 500m untuk bisa sampai di lokasi air terjunnya, melalui jalan setapak yang sudah di-coorblock. Untuk harga tiker masuk cukup murah yaitu Rp. 5.000 saja sudah dapat menikmati pemandangan air yang menyejukan hati dan pikiran.

Baca Juga:

Bermain Air di Bendungan Khayangan

Selanjutnya menuju tempat wisata air yaitu Bendungan Khayangan. Bendungan ini berlokasi di Kalurahan Pendoworejo, Kapanewon Girimulyo. Lokasinya berjarak sekitar 25 menit dari Kedung Pedut.

Bendungan ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik. Objek Wisata Bendungan Khayangan ini punya keindahan yang tiada duanya tersebut. Terlihat adanya bebatuan khas pegunungan serta tebing yang tinggi menjulang yang menambah eksotisme Bendung Khayangan.

Baca Juga: Mau Piknik Sebelum Puasa? Cek Dulu Info Cuaca Destinasi Wisata di Yogyakarta

Bendung Khayangan merupakan sebuah bendungan tua yang menampung aliran air dua sungai dari puncak perbukitan menoreh. Bendungan itu sudah ada sejak zaman kerajaan, dan di zaman Belanda kemudian dibangun permanen. Pengunjung dapat bermain air dan berendam sembari menikmati pemandangan alam yang asri. Untuk harga masuknya cukup membayar Rp5.000 sudah dapat menikmati keindahan tebing Khayangan.

Baca Juga :   Daftar Makanan Khas 37 Provinsi di Indonesia,dari Aceh hingga Papua Halaman all
kuliner dapoer khayangan
Menu kuliner Dapoer Khayangan. (Foto: visitingjogja)

Makan siang di Dapur Khayangan

Setelah perjalanan dari pagi hari, saatnya makan siang. Resto yang direkomendasikan berada di sebelah Bendungan Khayangan yaitu Dapoer Khayangan. Resto ini milik seniman Yogyakarta terkenal, Didik Nini Thowok.

Kesan adem dan menyejukkan begitu kaki memasuki area Resto Dapoer Khayangan yang di apit bukit, berteras sungai dengan air yang mengalir jernih. Sungguh sangat menenangkan sekaligus tempat beristirahat dari perjalanan jauh.

Baca Juga: Foto-foto Heboh Buah Kulon Progo di Embung Tonogoro Kalibawang

Menu khas Dapoer Khayangan yang tidak di temui di tempat lain yaitu menu Rantangan yang berisi 4 rantang dengan isi menu yang menggairahkan cukup untuk 2 orang, dan masih ada paket menu lain yang cita rasanya akan memanjakan lidah.

Untuk menikmati makanan disini dimulai dari harga Rp20.000 – Rp50.000. Buka mulai jam 09.00 WIB sampai dengan jam 21.00 WIB, dengan tawaran harga yang bersahabat tentu tempat ini pantas menjadi pilihan kalian untuk berkuliner.

Spot foto unik di Bukit Wisata Pulepayung

pulepayung
Objek wisata Pulepayung di Kulon Progo. (Foto: Dok Pulepayung)

Perjalanan wisata setelah berkuliner di Dapoer Khayangan adalah Bukit Wisata Pulepayung yang berjarak 40 menit dari Dapoer Khayangan memiliki lokasi di Soropati, Hargotirto, Kokap, Kulon Progo. Pulepayung berdiri di atas ketinggian sekitar 500 mdpl dari atas permukaan laut sehingga udaranya cukup sejuk.

Spot foto yang difasilitasi oleh Pulepayung sangat beragam dan instagramable yaitu Kursi Langit, Jembatan Surga, Spot Lolipop, Sky Bike, Sky Swing/Ayunan, Spot Wolu, dan Spot Angkasa. Terdapat juga flying fox di tempat wisata ini.

Baca Juga: Semarak Hari Pers Nasional di Objek Wisata Sawah Surjan Panjatan Kulon Progo

Namun untuk menuju lokasi Pulepayung ini cukup terjal dan menanjak, maka dari itu berhati-hatilah dalam perjalanan menuju Pulepayung ini. Untuk tiket masuk Pulepayung seharga Rp. 20.000 dan buka dari jam 08.00 – 19.00 WIB.

Wisata Alam Kalibiru

Wisata alam selanjutnya sekaligus menutup perjalanan yang hampir sama dengan Pulepayung, yakni Wisata Alam Kalibiru yang memiliki ketinggian 450 mpdl. Wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak diminati oleh wisatawan. Baik wisatawan dari Indonesia maupun sejumlah negara di dunia.

Keindahan alam yang masih asri menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tak heran jika Desa wisata alam Kalibiru menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi.

Baca Juga: Tumpeng Menoreh Kulon Progo, Perpaduan Wisata Alam dan Kuliner yang Wajib Dikunjungi

Wisata ini buka dari pukul 08.00-16.00 WIB dan memiliki tiket masuk yang cukup terjangkau yaitu Rp5.000 untuk retribusi, namun kalian harus membayar lagi untuk spot fotonya sekitar Rp10.000.

Demikian wisata sehari di Kulon Progo. Tentunya satu hari tidak cukup menjelajahi wisata-wisata yang ada di Kulon Progo. Selamat berwisata di Kulon Progo. []

Artikel ini bersumber dari : bacajogja.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *