Resep Jajanan Kue Balok Menes dari Singkong yang Manis Gurih

Diposting pada

Indonesia kaya dengan jajanan tradisionalnya. Di tengah gempuran budaya luar yang masuk Indonesia, jajanan tradisional pun mulai tersingkir dan beberapa bahkan sulit dicari. 

Salah satu jajanan khas Pandeglang yang perlu kamu tahu adalah kue balok menes. Kue tradisional yang sering disebut dengan kue getuk Pandeglang dan berbeda dengan kue balok di Jawa Barat.

Kue balok ini mempunyai tekstur rasa dan bentuk sama seperti dengan getuk. Sajian makanannya menggunakan tambahan bawang goreng dan juga serundeng. Nah, kalau kamu kesulitan mencari jajanan yang satu ini, kamu bisa bikin sendiri loh. 

1. Keunikan kue balok Pandeglang

Resep Jajanan Kue Balok Menes dari Singkong yang Manis GurihFreepik

Kue balok yang lezat ini ternyata mempunyai keunikan dalam rasa dan penampilannya. Uniknya kue balok dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Dengan begitu akan menimbulkan aroma alami yang harum dan segar, makanya disukai oleh banyak orang.

Nama dari kue balok ini diambil dari sebuah kecamatan yang ada di Pandeglang, Banten yakni kecamatan Menes. Menes sudah lama menjadi kecamatan yang menjadi penghasil kudapan khas Banten.

Kue balok dikenal dengan cita rasanya yang unik dan menjadi favorit wisatawan di kawasan Pandeglang. Bahan pembuatannya mengkombinasikan singkong dan serundeng yang membuat penikmatnya jatuh hati.

Baca Juga: Resep Rabeg Khas Banten, Sedapnya Gak Kaleng-kaleng

3. Cara membuat kue balok menes

Resep Jajanan Kue Balok Menes dari Singkong yang Manis Gurihinstagram.com/titinsn06

Langkah awalnya untuk membuat kue balok maka kamu harus mengupas singkong terlebih dahulu. Singkong kemudian dicuci bersih pada alir mengalir sebelum direbus.

Siapkan panci yang telah berisi air dengan menyalakan api sedang. Masukkan singkong yang sudah dicuci bersih tadi hingga matang dan empuk.

Saat singkong sudah empuk maka angkat dan tiriskan di wadah yang sudah disediakan. Kemudian tumbuk singkong sampai benar-benar halus.

Masyarakat setempat biasanya menumbuk dengan alat penumbuk yang namanya dulang.

Jika singkong yang ditumbuk sudah halus selanjutnya membentuk menjadi lapisan balok. Sebelumnya kamu isikan serundeng manis dan juga taburan bawang goreng yang diberikan olesan minyak kelapa.

Bahan yang digunakan ini menjadikan kue mempunyai tekstur dan aroma khas. Terlebih dengan campuran dari singkong dan bawang.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Camping di Pandeglang

4. Sajikan kue balok dengan air jahe atau teh hangat

Resep Jajanan Kue Balok Menes dari Singkong yang Manis Gurihilustrasi teh jahe (freepik.com/jcomp)

Kue balok yang sudah dibentuk siap untuk disajikan. Santapan kue balok khas Pandeglang ini biasanya disajikan bersama pendamping. Masyarakat setempat memakan kue balok ditemani dengan air jahe atau teh hangat.

Kombinasi yang dibuat itu semakin meningkatkan kenikmatan dari kue balok. Kamu bisa membelinya dengan mudah di pasar-pasar di Pandeglang.

Demikianlah resep untuk membuat makanan tradisional balok menes khas dari Pandeglang Banten. Makanan tradisional yang masih bisa ditemukan dengan mudah di pasar tradisional Pandeglang dengan rasa manis dan gurih.


Artikel ini bersumber dari : banten.idntimes.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *