Road To World Tourism Day ke 42, Poltekpar Medan Gelar Aksi Bersih

Pelaksanaan bersih-bersih Istana Maimun, Medan, dimulai dengan pelaksanaan upacara.(Foto/Ist)

Medan (Waspada Aceh) – Indonesia menjadi tuan rumah World Tourism Day ke 42 yang akan berlangsung di Bali, Selasa (27/9/2022). Perayaan World Tourism Day mengusung tema “Rethinking Tourism” dengan tujuan akan dilakukan penataan ulang terhadap pariwisata berkualitas dan berkelanjutan.

Tema itu juga merupakan spirit yang harus hadir di Indonesia untuk menghadirkan pariwisata yang berorientasi kepada masyarakat, berkualitas dan berkelanjutan.

Apalagi, Indonesia memiliki kepentingan yang besar untuk memajukan agenda-agenda global pariwisata, utamanya pemulihan pariwisata pasca pandemi COVID-19.

Seluruh Politeknik Pariwisata dibawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga turut serta dalam program kegiatan Road to World Tourism Day 2022, salah satunya kegiatan Poltekpar Medan melaksanakan kegiatan bersih wisata heritage di Istana Maimun dengan tema Enjoy Heritage With Heart.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan Istana Maimun dan untuk meningkatkan kesadaran para mahasiswa dan mengajarkan masyarakat sekaligus menumbuhkan kesadaran kepada mereka agar tidak lagi membuang sampah sembarangan,” kata Ngatemin, Plt. Direktur Poltekpar Medan dalam siaran persnya kepada waspadaaceh.com, Jumat (23/9/2022).

Ngatemin menilai Istana Maimun merupakan ikon kota Medan dan salah satu destinasi wisata heritage andalan. Untuk mewujudkan Istana Maimun bersih dibutuhkan komitmen, kerja keras dan keseriusan dari semua pihak untuk mewujudkan.

“Untuk itu, kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dan turut serta mendukung kegiatan ini” tambahnya.

Sebelum aksi bersih digelar, seluruh civitas akademika dan tamu undangan melaksanakan upacara untuk memperingati hari pariwisata sedunia. Dalam kesempatan ini Poltekpar Medan memberikan perlengkapan CHSE untuk Istana Maimun sebagai bentuk kepedulian dan pertanda kebangkitan pariwisata dalam masa pandemi COVID 19.

Adapun dalam rangkaian perayaan World Tourism Day ke-42 ini, akan digelar beragam acara. Termasuk panel diskusi dengan beragam pemangku kepentingan berkonsep “Rethinking Tourism as a Key Element on Recovery” dan “The Tourism We Want” yang dipimpin oleh perwakilan dari sektor pariwisata di Bali.

Selain itu, untuk memperkaya perayaan World Tourism Day ke-42, Kemenparekraf akan mengadakan rangkaian program Road to World Tourism Day 2022 yang melibatkan stakeholder (pemangku kepentingan) pariwisata di seluruh Indonesia.

Artikel ini bersumber dari : waspadaaceh.com.

Tinggalkan komentar