Rya Baraba Terinspirasi Kain Sasirangan dalam Koleksi Jelujur di IN2MOTIONFEST

Diposting pada

TEMPO.CO, Jakarta – Perhelatan ISEF yang telah memasuki tahun kesembilan ini akan menghadirkan sektor fashion dengan kebaruan sebagai wujud dari inovasi, sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak. Tahun ini ISEF sektor fashion akan dihadirkan dengan nama baru yaitu Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST).

Sesuai nama baru yang diusung, diharapkan ajang ini memiliki semangat baru untuk membawa karya-karya terbaik industri fashion muslim Indonesia ke skala global.  Salah satu yang menampilkan koleksinya ialah desainer asal Bandung, Rya Baraba. Dengan mengusung tema Jelujur, koleksi ini terinspirasi dari jalinan benang yang ada pada kain khas Banjarmasin, Sasirangan. 

Koleksi evening gown yang dihadirkan Rya menampilkan gaya etnik kontemporer dengan menggabungkan kain sasirangan dan kain modern. Sentuhan detail bunga sebagai gambaranfilosofi akan keindahan, seperti warna-warna yang ada pada kain Sasirangan dengan warna yang beragam seperti bunga.

Koleksi ini selain menggunakan kain Sasirangan juga memanfaatkan perca sebagai nilai sustainable yang dikembangkan dalam garis rancang evening gown yang lebih atraktif dengan berbagai pilihan look seperti dress, outer, dan detail yang tegas.

“Saya ingin koleksi ini dapat memberikan inspirasi bagi para pelaku industri kreatif khususnya fashion designer Indonesia,” harap desainer yang karya sering dikenakan istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya ini. 

IN2MOTIONFEST 2022 mengusung tema “Local Product, Global Look”, mengangkat kearifan lokal busana modest fashion, yang kental dengan wastra dan kain lokal Indonesia/Foto: IFC

Sebagai informasi, IN2MOTIONFEST 2022 mengusung tema “Local Product, Global Look”, mengangkat kearifan lokal busana modest fashion, yang kental dengan wastra dan kain lokal Indonesia. IN2MOTIONFEST 2022 dilaksanakan pada tanggal 5-9 Oktober 2022 secara hybrid (daring dan luring) dengan bertempat di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Jakarta. Rangkaian kegiatan IN2MOTIONFEST terdiri dari pameran dagang berstandar internasional, fashion show, kompetisi, talkshow, dan business matching.

Baca Juga :   Lima Objek Wisata di Jawa Barat Ini Punya Mitos dan Cerita Legenda yang Mendunia

“Sesuai tema yang diangkat, IN2MOTIONFEST mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya lokal untuk menggerakkan perekonomian lokal dengan mengacu pada inspirasi tren global. Seperti halnya pemakaian wastra Nusantara yang menjadi keunggulan yang membedakan produk fashion muslim Indonesia dengan negara lainnya untuk berkiprah di pasar global. Kekuatan lokal ini sejalan pula dengan prinsip sustainable fashion dan gaya hidup halal dan thayyib,” jelas Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC).

Model memperagakan busana karya Naniek Rachmat dalam acara IN2MOTIONFEST di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis, 6 Oktober 2022. Fashion show ini menampilkan karya 163 desainer Untuk memperlihatkan keragaman produk fesyen muslim dan aksesoris Indonesia, dengan kategori yang diangkat meliputi semi formal, dan syar’i, baju pesta dan formal. TEMPO/ Febri Angga Palguna

IN2MOTIONFEST 2022 sebagai etalase produk-produk fashion muslim unggulan Indonesia yang inovatif dan siap untuk merambah pasar global akan menggelar rangkaian fashion show dengan menampilkan 163 desainer fashion dan jenama aksesoris. Untuk memperlihatkan keragaman produk fashion muslim dan aksesoris Indonesia, kategori yang diangkat meliputi ready to wear deluxe & street wear, office wear & cocktail wear (semi formal), dan syar’i evening wear (baju pesta/formal).

Baca: IN2MOTIONFEST 2022 Tampilkan Brand Lokal dengan Look Global, Ada Wastra Nusantara

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Artikel ini bersumber dari : www.cantika.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *