Sambut HUT Ke-77 RI, Pemdes Tumalehu Barat Gelar Baksos

Diposting pada

potretmaluku.id – Pemerintah Desa (Pemdes) dan masyarakat Tumalehu Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) menggelar bakti sosial (baksos) di Desa Tumalehu, Kecamatan Kepulauan Manipa, Jumat (12/08/2022).

Bakti sosial itu digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI), yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2022 mendatang.

Pemerintah Desa (Pemdes) dan masyarakat Tumalehu Barat melaksanakan kegiatan bertajuk  ‘Jumat Bersih’ ini, juga sekaligus mempromosikan Kampung Wisata desa setempat yang merupakan program Pemdes Tumalehu Barat.

Penjabat Kepala Desa Tumalehu Barat, Yusnita menyampaikan, kegiatan Jumat Bersih telah dilaksanakan sejak lama. Namun selama musim hujan banyak material sampah bawaan berserakan di pantai.

“Guna kebersihan desa, maka kita kegiatan jumat bersih kembali digalakan,” tutur Yusnita, yang baru dilantik sebagai penjabat desa, 8 Agustus kemarin.

Ia berharap kegiatan “Jumat Bersih” ini akan rutin digelar, sebagai upaya mendorong desa setempat sebagai salah satu desa wisata unggulan di Kabupaten SBB.

“Kami sangat mengapresiasi keterlibatan Bhabinkamtibmas, sekolah dan Puskesmas pada kegiatan Jumat Bersih, yang sebenaranya telah dilaksanakan secara turun temurun di daerah kami. Dan semoga terus digatkan ke depannya,” pungkas Yusnita.

Tumalehu Barat
Pemerintah Desa dan warga di Desa Tumalehu Barat, Kecamatan Manipa Kabupaten SBB, menggelar bakti sosial.(Foto: Istimewa)

Bhabinkamtibmas setemat, Bripka Safrizal dalam kesempatan itu mengimbau agar masyarakat setempat meningkatkan pola hidup sehat dengan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggal.

Bripka Safrizal juga mengajak masyarakat untuk sama-sama dengan menciptakan dan merawat Kamtibmas agar tetap aman dan kondusif di Kecamatan Kepulauan Manipa.

“Mari jauhi perilaku atau tindakan yang mengarah pada terjadinya gangguan Kamtibmas. Selalu membangun hubungan silahturahmi yang baik dengan masyarakat dari dusun dan desa tetangga,” ungkap Bripka Safrizal.

Ia juga mengimbau agar masyarakat nelayan dan petani desa setempat memperhatikan kondisi di laut maupun hutan saat melakukan aktivitas di hutan dan di laut. Sebab, kondisi cuaca saat ini cukup ekstrim.

Baca Juga :   Gubernur Mengecek Kesiapan Kedatangan Presiden RI di Langgur

“Masyarakat harus waspada terhadap kondisi iklim yang terjadi saat ini. Seperti hujan dengan intensitas tinggi, gelombang tinggi,” terangnya.

Safrizal juga berharap, masyarakat bisa cerdas bermedia sosial. Jangan mudah menyebarkan informasi yang belum dapat dipastikan sumbernya. Kalau ada info terkait tindakan pidana, berita hoax, maka dapat melaporkan ke pihak keamanan.(HAS)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Artikel ini bersumber dari : potretmaluku.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *