Sat Polairud Polres Pessel Patroli Perairan Bantu Pelaku Wisata di Pulau Sutan dan  Himbauan Keamanan Dalam Pelayaran

Diposting pada

Sat Polairud Polres Pessel Patroli Perairan Bantu Pelaku Wisata di Pulau Sutan dan  Himbauan Keamanan Dalam Pelayaran

Pesisir Selatan, Sumbarlivetv.com — Dalam rangka menjaga Harkamtibmas perairan Kabupaten Pesisir Selatan, Sat Polair Polres Pessel melakukan patrol dan sambang perairan dengan cara berpatroli dan membantu pelayaran mengantisipasi kejahatan maupun kecelakaan laut. Minggu 09 Oktober 2022.

Dengan adanya Mako di Pelabuhan Panasahan di Painan Selatan dan Pos Satpolairud di kawasan TPI Carocok Mandeh Tarusan sebagai pos penunjang pelayanan Satpolairud di isi dengan personel Satpolairud Polres Pessel yang terjadwal rutin setiap hari.

Kasat Polair Polres Pessel IPTU Tusiyat mengatakan, pihaknya saat ini rutin untuk melakukan kegiatan patroli di sekitar jalur laut yang rawan dari kejahatan terutama sekali di Pulau Cingkuak Carocok Painan dan Pulau Setan yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Kabupaten Pesisir Selatan adalah daerah pesisir laut yang memiliki daya tarik wisata utamanya wisata laut yang tersebar di sepanjang garis pantainya.

“Pagi hingga sore hari ini kita melakukan patroli di sejumlah titik yang berada di perairan Carocok Painan dan Carocok Tarusan, bahkan hingga malam di kawasan wisata mandeh, patroli ini mengarah ke jalur rawan terjadinya kejahatan, maupun rawan terjadinya kecelakaan Laut,” dan juga telah memasang spanduk Himbauan dari Satpolair, katanya.

Selain melakukan patroli, pihaknya juga membantu pelayaran kapal wisata yang akan bersandar karena bahaya mengancam saat menurunkan penumpang dimana ombak menerjang, apalagi wisatawan banyak yang tidak berpengalaman di alam laut.

Serta pelayaran kapal nelayan yang mencari nafkah ketengah laut, membawa hasil lautnya untuk bisa diperjual belikan untuk ekonomi keluarga.

Dan juga menyempatkan mencek kesiapan di masing – masing pulau yang dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah, termasuk kesiapan keselamatan bersama Tim kesehatan di lokasi serta para nelayan yang sedang memancing di tengah laut dengan bersinergi dengan Tim Kesehatan Puskesmas Salido dan Tarusan melaksanakan patroli ke tempat objek wisata laut.

Baca Juga :   Targetkan Relokasi PLTG Grati ke Bali Tuntas Akhir Oktober

Hal ini kita lakukan dalam rangka menjamin keamanan dan keselamatan dalam pelayaran masyarakat nelayan di kabupaten pesisir selatan dan membantu kendala yang dihadapinya untuk menunjang perekonomian masyarakat nelayan, pungkas Kasat Polairud IPTU Tusiyat.

Di tempat terpisah Personel Satpolairud Polres Pesisir Selatan Polda Sumatera Barat Bripka Desrinaldi, Bripka Dodi Sukma, Bripka Dian Ramadhan dan Briptu Aldo.

Personel Sat Polairud polres Pessel melaksanakan bimas perairan menggunakan Kapal dinas 2291 berangkat dari Pos TPI Carocok Anau Tarusan ke objek wisata Pulau Sutan membantu para pelaku usaha wisawatan yang baru berangkat dari objek wisata Pulau Sutan serta menyampaikan himbauan kepada para pelaku usaha wisata supaya berhati hati dalam melaut karena cuaca sekarang musim hujan dan badai kering.

Serta jangan lupa membawa alat keselamatan seperti pelampung, life jaket dan alat komunikasi seperti ht,hp dan menyampaikan agar masyarakat selalu waspada terhadap pencurian dan kejahatan kriminal lainnya.

Feriasisca/hms




Artikel ini bersumber dari : sumbarlivetv.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *