Satu-Satunya di Indonesia, UNJA dan BPS Luncurkan Aplikasi Metaverse Pojok Statistik Virtual (POSITIV)

Diposting pada

MENDALO,- Universitas Jambi berkolaborasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi menggelar kegiatan ‘Peresmian Pojok Statistik UNJA dan Kuliah Umum’ bersama Direktur Sistem Informasi Statistik BPS, Dr. Pudji Ismartini, M.App.Stat. Kegiatan dilaksanakan pada Rabu, 24 Agustus 2022 bertempat di Gedung Balairung UNJA Mendalo.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D.; Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Drs. Kamid, M.Si.; Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Ir. H. Yusrizal, M.Sc., Ph.D.; Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi, Prof. Dr. rer.nat. Rayandra Asyhar, M.Si., Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. H. Haryadi, S.E., M.M.S., Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Drs. Jefri Marzal, M.Sc., DIT.; Ketua UPT Perpustakaan, Drs. Saharudin, M.Ed., M.App.Sc, Ph.D.; beberapa civitas academica UNJA lainnya, serta perwakilan PTN/PTS dan media lainnya. Selain itu, 500 lebih mahasiswa memadati Gedung Balairung UNJA Mendalo sebagai peserta kuliah umum.

Pojok Statistik UNJA sendiri menghasilkan sebuah produk aplikasi virtual berbasis Metaverse berupa aplikasi Pojok Statistik Virtual (POSITIV), yang merupakan hasil ciptaan BPS Provinsi Jambi bersama dengan mahasiswa UNJA yang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di kantor BPS Provinsi Jambi.

Agus Sudibyo, M.Stat., selaku Kepala BPS Provinsi Jambi, mengatakan kegiatan kali ini bertujuan memberikan informasi tentang produk-produk BPS dan beberapa hal tentang kegiatan BPS. Beliau juga menyampaikan bahwa POSITIV yang ada di UNJA merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

“Dengan Pojok Statistik teman-teman akademisi bisa mendapatkan produk-produk BPS lebih mudah dan gratis. Untuk keperluan penyusunan skripsi atau pembuatan kebijakan di tingkat akademisi dan untuk memberikan kontribusi pemikiran kepada pemerintah daerah. Aplikasi POSITIV ini menjadikan Pojok Statistik UNJA menjadi istimewa, karena hanya ada satu-satunya di BPS seluruh Indonesia baik provinsi maupun kabupaten. Terima kasih kepada UNJA yang sudah berkontribusi membanngun aplikasi ini.’ ujarnya.

Baca Juga :   Ditunjuk untuk Lukis Anggota Penting G20, Perupa Garut Ini Curi Perhatian Tamu Asing

POSITIV juga membuat masyakat bisa mengakses data BPS tanpa harus ke kantor. Pojok Statistik UNJA kini berlokasi di dalam Gedung Perpustakaan Universitas Jambi. BPS memilih UNJA untuk menjalankan program Pojok Statistik karena UNJA merupakan perguruan tinggi unggulan di Jambi dengan mahasiswa terbanyak.

Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D., mengatakan kegiatan ini juga berkaitan dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Statistik bukan hal baru bagi mahasiswa, dengan adanya kerja sama ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa kami dan membatu mahasiswa dalam membantu pembuatan tugas akhir atau mata kuliah yang berhubungan dengan data statistik. Kita harap ibu Dr. Pudji nanti berkenan sebagai dosen praktisi yang suatu saat bisa kita ajak diskusi dan berkomunikasi dengan mahasiswa kami. Pojok Statistik ini merupakan suatu kebanggaan Universitas Jambi,” ujar Rektor.

Acara berlanjut dengan peresmian Pojok Statistik UNJA yang dilaksanakan secara simbolis oleh Rektor UNJA dan Direktur SIS BPS menekan tombol peluncuran aplikasi. Setelah itu dilaksnakan penandatangan persemian Pojok Statistik, pemberian cinderamata, dan pemasangan slempang dan pin kepada mahasiswa UNJA yang berkontribusi membuat aplikasi POSITIV.

Setelah kegiatan pembukaan dan seremoni usai, dilanjutkan dengan dalam kuliah umum bersama Direktur Sistem Informasi Statistik BPS, Dr. Pudji Ismartini, M.App.Stat., Kuliah umum tersbut mengangkat tema ‘Penguatan Literasi Statistik pada Civitas Academica’.

Dimas Anugrah Adiyadmo/HUMAS

 

Artikel ini bersumber dari : www.unja.ac.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *