Seaman Brotherhood, Dansatgas Rimpac TNI AL Kunjungi Kapal Perang Negara Sahabat Peserta Rimpac – Pelopor Wiratama

Diposting pada




Jakarta, 04 Juli 2022,- Komandan Satgas Latihan Bersama Multilateral Rim of The Pacific (Dansatgas Latma Rimpac) 2022 TNI Angkatan Laut (TNI AL) sekaligus Komandan KRI I Gusti Ngurah Rai-332 Kolonel Laut (P) Lewis N. Nainggolan melaksanakan kunjungan persahabatan ke kapal-kapal perang peserta Rimpac diantaranya kapal perang Malaysia KD Lekir F-26 dan kapal perang Filipina BRP Antonio Luna FF-151 di Joint Base Pearl Harbour-Hickam (JBPHH), Hawaii, Amerika Serikat pada Sabtu (2/7) kemarin.

Dansatgas yang didampingi perwira Satgas disambut langsung oleh masing-masing Komandan KD Lekir F-26 Commander Mohd Asri Dasman beserta staf dan Komandan BRP Antonio Luna FF-151 Captain Charles Merric Villanueva beserta staf. Dansatgas menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat kedua Komandan Satgas dari Malaysia dan Filipina tersebut. Dan sebaliknya para Komandan Satgas kedua negara merasa terhormat dikunjungi oleh Satgas Latma Rimpac TNI AL.

Kunjungan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi serta persahabatan antar angkatan laut yang lebih baik. Selain itu, hal ini juga merupakan implementasi dari peran diplomasi yang dimiliki TNI AL. Pada kesempatan tersebut diadakan pula pertukaran plakat dan cinderamata antar kedua Satgas.

Latma Rimpac merupakan latihan angkatan laut terbesar di dunia, yang diselenggarakan oleh Armada ke-3 U.S. Navy dan U.S. Marine Force Pacific dengan melibatkan negara-negara di kawasan Indo Pasific, Eropa dan Asia. Pada seri latihan Rimpac yang ke-28 ini, TNI AL mengirimkan satu kapal perang, yakni KRI I Gusti Ngurah Rai-332 dan 35 prajurit Marinir.

Latihan bersama ini dilaksanakan selain untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit sesuai harapan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, juga sebagai wujud diplomasi dan meningkatkan hubungan persahabatan angkatan laut (navy brotherhood) antar negara peserta dalam menjaga stabilitas keamanan laut di kawasan.

Baca Juga :   Polda Banten Jalin MoU dengan PHRI BPD Banten


Artikel ini bersumber dari : peloporwiratama.co.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *