Sedap! Ada Kuliner Ayam Merangkak di Wisata Bilebante Lombok

Diposting pada

Lombok Tengah

Beragam jenis wisata bisa dinikmati di Desa Bilebante di Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Salah satunya ialah wisata Gong Grees yang lagi hits di Bilebante. Mulai dari wisata alam hingga kuliner.

Direktur Desa Wisata Hijau Bilebante Pahrul Azim mengatakan ada 8 jenis wisata yang bisa dikunjungi di Desa Bilebante, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Kedelapan wisata itu lanjut Pahrul di antara adalah Wisata Gong Grees, Pasar Pancingan, Kebun Herbal, Trapis Kebugaran, Lembah Gardena, Kuliner Ayam Merangkak, Tour Sepeda dan ATV atau menelusuri alam Bilebante menggunakan roda empat.

Spot wisata Desa Bilebante Kecamatan Pringgata Kabupaten Lombok TengahSpot wisata Desa Bilebante Kecamatan Pringgata Kabupaten Lombok Tengah Foto: ist

Menurut Pahrul masing-masing spot wisata memiliki harga tiket masuk yang beragam. Mulai dari Rp 2.500 hingga Rp 15.000 saja.

Untuk wisata Pasar Pancingan cukup membayar Rp 7.500 dengan biaya masuk Rp 2.500 dan sudah masuk ke pembelian voucher belajar di area Pasar Pancingan.

“Jadi ada beragam makanan bisa dibeli di Pasar Pancingan. Dengan voucher tadi wisatawan bisa berbelanja di sana,” kata Pahrul, Senin (29/8/2022) kepada detikBali.

Untuk wisata Lembah Gardena memiliki tiket masuk sebesar Rp 5 ribu untuk kalangan anak-anak dan dewasa Rp 10 ribu. Selain itu, untuk wisata spot foto Gong Grees wisatawan hanya membayar Rp 15 ribu sekali masuk.

“Konsep Gong Grees ini memang untuk kunjungan malam hari. Jadi ada banyak spot foto di lokasi,” kata Pahrul.

“Jadi kami juga jual paket. Pertama banyak paket homestay terapis, ATV, dan Pasar Pancingan,” tambahnya.



Kuliner di Desa Bilebante di Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.Kuliner di Desa Bilebante di Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Foto: ist

Menurut Pahrul, jumlah kunjungan per pekan ke Desa Wisata Bilebante capai 400 wisatawan dalam sepekan. Wisata yang dibuka pada akhir 2014 ini sudah berhasil mengumpulkan pundi-pundi rupiah hingga puluhan juta dalam satu bulan saja.

Baca Juga :   5 Kuliner Khas Lombok NTB yang Yummy Bikin Lidah Meleleh

“Yang paling khas di Bilebante itu ada kulinernya Ayam Merangkak. Jadi storinya itu setiap orang menikah di Lombok pengantin laki-laki biasanya potong ayam sama teman-teman sebagai tanda selamat. Inilah yang kemudian dikonsep menjadi kuliner,” kata Pahrul.

Untuk wisata Kebun Herbal juga sangat menarik untuk dijelajahi. Lokasi wisata Kebun Herbal memiliki 135 jenis tanaman obat yang bisa dieksplorasi wisatawan.

“Jadi memang ada banyak pilihan wisata di Bilebante. Yang suka alam ada, yang suka fotoan ada spotnya,” kata Pahrul.

Untuk diketahui rute menuju Desa Bilebante dari Kota Mataram hanya berjarak kurang lebih 20 kilometer. Jarak dari Kota Mataram bisa ditempuh capai 30 menit perjalanan. Jika berangkat dari Bandara Internasional Lombok bisa memilih dua rute. Baik dari Kota Praya dan Kecamatan Kediri Lombok Barat.

Simak Video “Keren! Siswa SMK Korpri Ciptakan Tricycle Tenaga Surya
[Gambas:Video 20detik]
(nor/nor)

Artikel ini bersumber dari : www.detik.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *