Sekda Kabupaten Bogor Pantau Pelayanan Keluarga Berencana Desa Banyuasih

Diposting pada

PORTALJABAR, KAB. BOGOR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin pantau jalannya kegiatan pelayanan Keluarga Berencana (KB) di Desa Banyuasih, Kabupaten Bogor, Selasa (11/10/2022).

Layanan KB tersebut merupakan bagian dari kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 tahun 2022 Kabupaten Bogor.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat Wahidin, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Nurhayati, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Renaldi Yushab Fiansyah, dan Camat Cigudeg Pardi.

Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat Wahidin menjelaskan, pihaknya dari jajaran BKKBN Jawa Barat dan DP3AP2KB Kabupaten Bogor memanfaatkan momentum TMMD di Cigudeg ini dengan melaksanakan pelayanan KB pemasangan alat kontrasepsi pada akseptor berupa suntik, IUD (Intra-Uterine Device), implan dan pil.

“Saya bersama Pak Sekda dan Kepala DP3AP2KB Kabupaten Bogor memantau langsung jalannya pelayanan KB ini. Kepada akseptor kita berikan cinderamata untuk menambah motivasi mengikuti layanan KB ini,” katanya.

Wahidin berharap pelaksanaan KB di wilayah tersebut dijadikan prioritas untuk diberikan pelayanan maksimal melalui monentum TMMD, karena masih cukup banyak pasangan usia subur yang memiliki anak lebih dari dua

“Karena sepertinya akses ke Faskes cukup jauh, maka pelayanan KB mobile ini mudah-mudahan bisa membantu. Sampai kurun waktu 9 November nanti kami akan sisir dan petakan mana saja di wilayah ini yang diprioritaskan dengan metode kontrasepsi jangka panjang,” ucapnya.

Kepala DP3A2KB Nurhayati menambahkan, dalam kegiatan TMMD ini, pihaknya ingin ikut serta di dalamnya memberikan pelayanan KB kepada masyarakat.

“Alhamdulillah masyarakat antusias mengikuti layanan, kita memberikan layanan 120 KB suntik, kemudian ada juga 19 implan dan 3 IUD. Nanti di saat penutupan TMMD pun Insyaallah kita akan melaksanakan layanan serupa,” ujarnya.

Baca Juga :   Jadi Panelis Simposium PB HMI, Gubri Sampaikan Hal ini

Nurhayati berharap, dengan adanya kegiatan ini, masyarakat di Desa Banyuasih menjadi keluarga yang sejahtera, keluarga yang bahagia lahir batin, sehat lahir batin dengan mengikuti program KB. (Diskominfo Kabupaten Bogor/UPI)

Artikel ini bersumber dari : jabarprov.go.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *