Selain Menyegarkan, 5 Minuman Khas Indonesia Ini Punya Nama yang Unik!

Diposting pada

Setiap daerah di Indonesia mempunyai kuliner khas yang mencerminkan budaya masing-masing. Mulai dari jajanan pasar, makanan, hingga minuman tradisional pun mempunyai penggemar yang sangat banyak. Cuaca di Indonesia yang panas, membuat banyak orang untuk menyerbu dan menikmati hidangan dingin yang mampu melepas rasa dahaga.

Dari keberagaman kuliner berupa es tradisional, terdapat beberapa minuman yang mempunyai nama unik. Selain namanya yang unik, rasanya pun sangat enak dan menyegarkan. Bagi kalian yang penasaran, berikut beberapa minuman khas Indonesia yang wajib kalian coba.

1. Teh Obeng

Ilustrasi teh obeng (Pixabay/Kim Dae Jeung)
Ilustrasi teh obeng (Pixabay/Kim Dae Jeung)

Bagi yang belum tahu minuman bernama teh obeng, mungkin akan berpikir jika minuman tersebut terdiri dari campuran teh dan obeng. Wah, itu salah ya sobat. Obeng yang dimaksud dalam teh tersebut, bukan merupakan salah satu alat reparasi.

Teh obeng sendiri merupakan teh yang sangat terkenal dan diminati oleh masyarakat Kepulauan Riau. Dalam segi tampilan dan rasa, teh obeng mirip dengan es teh manis pada umumnya.

Dikenal luas dengan nama teh obeng, ternyata es teh tersebut awalnya bernama teh apeng. Peng yang dimaksud memiliki arti es, sebutan dari hasil akulturasi budaya Tionghoa dan Melayu. Pelafalan apeng yang cukup rumit, akhirnya diubah menjadi obeng karena lebih mudah diingat oleh masyarakat di sana.

Ilustrasi es selendang mayang (Twitter/@KokoGiovanni)
Ilustrasi es selendang mayang (Twitter/@KokoGiovanni)

Es selendang mayang merupakan minuman tradisional khas Betawi. Awal mula diberi nama selendang mayang karena isian dari es tersebut berwarna merah, putih, dan hijau, seperti warna pada selendang penari. Warna yang mencolok itu juga yang membuat para pembeli menjadi tertarik untuk mencicipinya.

Es selendang mayang terdiri dari kue lapis tiga warna yang biasanya berasal dari pati kacang hijau dan diberi pewarna. Ditambah dengan santan, sirup atau gula merah cair, dan es batu, membuat es seladang mayang menjadi segar untuk diminum saat siang hari.

Baca Juga :   Maksimalkan Peran Wanita, IZI Riau Adakan Mentoring Bisnis

3. Es Air Mata Pengantin

Ilustrasi es selendang pengantin (Twitter/@Metop_co)
Ilustrasi es selendang pengantin (Twitter/@Metop_co)

Es air mata pengantin merupakan minuman tradisional khas masyarakat Riau. Minuman ini bukan berasal dari aliran air mata asli dari pasangan pengantin ya sobat.

Awal mula diberi nama air mata pengantin karena sering dijadikan sebagai suguhan bagi para tamu saat pesta pernikahan. Rasanya yang segar dan manis, serta warna-warni dari es tersebut membuat bahagia para tamu undangan dan pengantin. 

Es air mata pengantin isiannya cukup mirip dengan es campur. Isiannya berupa nata de coco, agar-agar berwarna-warni, blewah, biji selasih, es serut dan sirup.

4. Es Jaipong

Ilustrasi es jaipong (Twitter/@MarberYogs)
Ilustrasi es jaipong (Twitter/@MarberYogs)

Es Jaipong merupakan minuman tradisional yang terkenal di Jawa Barat. Minuman tersebut juga sering ditemui di daerah lain dengan nama yang sama. Awal mula diberi nama jaipong karena rata rata penjualnya berasal dari Jawa barat. Selain itu, kata jaipong yang merupakan tarian dari Jawa Barat, lebih mudah diingat oleh banyak orang.

Es jaipong memiliki banyak isian, diantaranya sagu mutiara, cincau, tape, sumsum hijau, biji salak, santan, es batu dan disiram dengan gula merah cair.

Ilustrasi es buto ijo (Twitter/@mirselenophile)
Ilustrasi es buto ijo (Twitter/@mirselenophile)

Es buto ijo merupakan minuman yang banyak ditemui di Kota Kediri. Awal mula diberi nama buto Ijo karena es tersebut didominasi oleh warna hijau, warna yang identik dengan hantu buto ijo.

Es buto ijo cukup mirip dengan es kuwut dari segi isiannya. Namun, yang menjadi perbedaannya terletak pada tambahan sagu mutiara, nata de coco, dan rumput laut. 

Selain berisi ketiga bahan tersebut, es buto ijo juga diisi dengan potongan melon, agar-agar, kelapa muda, es batu, dan disiram dengan sirup rasa melon serta susu kental manis.  

Baca Juga :   Gokil! Ini Ada Mendoan Raksasa Ukurannya Segede Layar Laptop, Begini Trik Menggorengnya

Kelima es tradisional tersebut tak kalah enak dari minuman modern yang dijajakan di kafe atau mal. Topping yang beragam dan rasanya segar, cocok banget kalian beli disaat sedang haus. Jadi, minuman mana yang paling menarik bagi kalian?


Artikel ini bersumber dari : yoursay.suara.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *