Selasar Sunaryo Art Space Bandung, Harga Tiket Masuk Wisata

Diposting pada

Butonrayanews.co.id – Bandung seakan tidak pernah habisnya untuk dibicarakan. Kabupaten di Jawa Barat dengan julukan Kota Kembang ini memiliki banyak jenis objek wisata dari berbagai kategori. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Selasar Sunaryo Art Space dari kategori seni.

Masing-masing pribadi memiliki selera dalam hal memilih objek wisata. Meski sebagian menganggap bahwa mengunjungi galeri seni kurang menarik, namun sepertinya tidak demikian. Buktinya adalah tempat wisata yang kita bahas kali ini tidak pernah sepi pengunjung.

Memang jika dilihat dari kesenangan, anda tidak akan mendapatkannya di sini. Objek wisata yang juga dikenal dengan SSAS ini lebih memberikan keindahan dari karya seni yang dihasilkan. Bentuk seninya bermacam-macam, mulai dari patung, lukisan, hingga instalasi.

Hampir semua karya seni yang ditampilkan menganut gaya kontemporer, seperti aliran penggagas Selasar Sunaryo Art Space yang dikenal dengan nama Sunaryo. Beliau adalah mantan dosen seni ITB yang berhasil meresmikan galeri ini pada tahun 1998.

Meski namanya terkesan menjadi hak milik, namun koleksi seni bukan hanya berasal dari Sunaryo. Ada karya seni lain yang dapat disaksikan di sini dari hasil karya seniman ternama lainnya, misalnya Joko Avianto dan Arin Dwihartanto.

Namun tidak dapat di pungkiri bahwa sebagian besar hasil karya Sunaryo yang merupakan salah satu seniman terbaik Indonesia. Beliau menuangkan inspirasi nya melalui objek yang dipilih sesuai dengan jenis karya yang akan dibuat.

Daya Tarik yang Dimiliki Selasar Sunaryo Art Space

Meskipun bukan objek wisata yang menampilkan keindahan alam, atau juga bukan wahana permainan, namun Selasar Sunaryo Art Space memilki daya tarik tersendiri. Daya tarik yang dimaksud berhubungan dengan galeri atau objek yang dibangun.

Koleksi Selasar Sunaryo

Daya tarik pertama tentu saja dari koleksi karya seni yang dipajang di sebuah galeri. Seperti yang disinggung sebelumnya, koleksi yang dimaksud berupa karya seni lukisan, patung, dan instalasi dari berbagai bahan yang tidak umum.

Karya seni yang cukup terkenal dan mash menganut aliran kontemporer yakni Adzan Lime Stone, dan Emas di Ladang Kelam II. Sayangnya, karya ini tidak dipajang di galeri karena merupakan koleksi pribadi. Tetapi anda bisa melihatnya dengan izin terlebih dahulu.

Baca Juga :   Ombudsman RI Perwakilan Provsu Lakukan Sosialisasi di Kabupaten Nias Selatan

Dari karya seniman lain, ada Pakuon yang merupakan karya Haryadi Suadi pada tahun 1986. Setiap koleksi Selasar Sunaryo Art Space ditempatkan pada ruangan yang berbeda. Ruangan yang dimaksud yakni Gallery A, Gallery B, Wing Gallery, dan Upper Hall.

Amfiteater Mini

Galeri seni di Bandung ini tidak dirancang sembarangan, semuanya terkesan artistik dan cukup unik. Salah satunya adalah Amfiteater Mini yang juga menjadi daya tariknya. Bangunan ini mirip dengan Coliseum yang ada di Italia, namun jauh lebih kecil.

Selain mengusung nilai artistik, Amfiteater ini juga simetris sempurna. Apalagi lokasinya berada persis di tengah SSAS, sehingga semakin menarik perhatian. Bangunan berundak yang mirip dengan tangga ini terbuat dari beton.

Tempat duduknya pun menggunakan bahan yang sama dengan di bawahnya terdapat rumput hijau. Mengenai fungsi, biasanya digunakan untuk pertunjukan seni outdoor, misalnya musik, pemutaran film, atau membaca puisi.

Pameran Seni

Meskipun tidak setiap hari dan waktunya tidak tentu, namun pameran seni juga termasuk daya tarik Selasar Sunaryo Art Space. Ketika diadakan, jumlah pengunjung semakin meningkat drastis. Contohnya adalah Lawangkala yang pernah diadakan tahun 2018 kemarin.

Lawangkala terdiri dari dua kata dari bahasa Jawa, yakni Lawang dan Kala. Lawang berarti Pintu atau Gerbang, sedangkan Kala yakni Waktu. Nama ini sengaja digunakan untuk merayakan objek wisata ini yang ke 20.

Sedikit informasi tambahan, SSAS resmi berdiri sebagai galeri seni di Bandung pada tahun 1998. Waktu tersebut sudah lebih dari cukup untuk menyimpan koleksi dari berbagai seniman ternama. Bukan hanya dari dalam negeri, namun sebagian ada yang dari luar negeri.

Kopi Selasar

Kopi Selasar menjadi daya tarik Selasar Sunaryo Art Space bukan tanpa alasan. Tempat ini juga dibuat artistik dengan desain yang unik. Sesuai namanya, selasar ini berkonsep café sederhana yang menyediakan menu utama minuman kopi.

Tentu bukan asal kopi, melainkan kopi dengan perpaduan jahe dan susu. Suasana nya sejuk karena berada di bawah pohon rindang. Puluhan lampu gantung unik turut menghiasi dan menambah kesan artistik.

Satu hal yang menjadi istimewa ketika berantai di Kopi Selasar yakni ada bangku yang menghadap langsung ke arah Amfiteater Mini. Jadi ketika ada pertunjukan, anda bisa bersantai sambil menyaksikan nya.

Baca Juga :   Ketua Presidium FPII Temui Irjen Kemenkumham RI, Ini yang dibahas – Redaksi Sulut

Sebelum mengunjungi Selasar Sunaryo Art Space, pastikan anda mengetahui lokasinya. Objek wisata galeri seni ini berada di Jalan Bukit Pakar Timur No.100, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Tempatnya strategis, jadi tidak mungkin sulit menemukannya.

Jarak dari Alun-alun Bandung hanya sekitar 10 kilometer menuju ke arah timur laut. Rute yang paling dekat yakni melalui Jl. Ir. H. Juanda, kemudian ke Jalan Bukit Pakar Timur. Objek wisata tujuan tidak jauh dari Wot Batu yang juga termasuk karya Sunaryo.

Harga Tiket Masuk Wisata

Bandung memiliki beberapa objek wisata seni yang dapat anda kunjungi. Setiap tempat tentu memberlakukan tiket masuk bagi pengunjungnya, termasuk Selasar Sunaryo Art Space. Namun jangan khawatir, harga tiket masih tergolong murah dibandingkan nilai seninya.

Cukup sediakan dana 25.000 rupiah untuk satu orang, anda pun bebas menikmati semua karya seni yang dipajang. Tambahan dana hanya untuk retribusi parkir, siapkan 2.000 untuk motor dan 5.000 apabila anda membawa mobil.

Ragam Aktivitas yang Menarik

Jika ditanya aktivitas yang menarik dilakukan di SSAS, tentu semuanya berhubungan dengan seni. Meski hanya aktivitas yang terkesan pasif, namun sebenarnya ada banyak manfaat yang didapatkan.

Melihat Beragam Karya Seni

Aktivitas yang pertama pasti menikmati karya seni indah yang dipajang di setiap sudut lokasi. Setiap wisatawan yang datang tentu menjadikannya sebagai tujuan utama. Silahkan sesuaikan dengan kategori seni yang anda inginkan, karena masing-masing ditempatkan pada galeri yang berbeda.

Santai di Kopi Selasar

Bersantai di Kopi Selasar juga termasuk aktivitas menarik yang dapat dilakukan di Selasar Sunaryo Art Space. Bahkan rasanya kurang afdol apabila anda belum mampir ke sini. Selain kopi, ada pula menu makanan yang harganya antara 10.000 hingga 50.000 rupiah.

Belanja Suvenir

Sebelum pulang, pastikan anda mampir ke Cinderamata Selasar untuk membawa pulang oleh-oleh. Ada banyak benda unik dan artistik yang dijual di sini, sebagian besar karya dari seniman baru. Misalnya tas, topi, baju, gantungan kunci, dan masih banyak lagi.

Penutup

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai salah satu objek wisata di Bandung dari kategori galeri seni. Semoga apa yang kami sampaikan mengenai Selasar Sunaryo Art Space diatas dapat memberikan gambaran sekilas bagi anda sebelum bertandang ke lokasi.

Artikel ini bersumber dari : butonrayanews.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *