Serba-serbi Pantai Losari, Pantai Eksotis Jadi Ikon Kota Makassar

Diposting pada

IntipSeleb Gaya Hidup – Pantai Losari adalah salah satu pantai yang menjadi ikon di Kota Makassar. Pantai ini sangat terkenal sehingga kurang afdol rasanya jika ke Makassar melewatkan pantai yang satu ini.

Dikenal dengan pemandangan sunset-nya yang indah, pantai ini juga banyak dan sudah terkenal oleh para wisatawan sebagai salah satu tempat wisata di Makassar. Kamu juga bisa menjadikan pantai ini pilihan untuk wisata jika berkunjung ke Makassar.

Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan, kamu akan terpesona dengan keindahan pantai yang begitu memukau. Buat yang masih penasaran dengan pantai ini, di bawah ini merupakan serba-serbi pantai Losari. Keep scrolling.

Sejarah Pantai Losari

Google Maps

Foto : Google Maps

Pantai Losari ternyata memiliki kisah yang unik dan patut untuk disimak. Dulunya tempat yang ada di sekitar pantai ini difungsikan sebagai pasar ikan baik di pagi atau siang hari.

Setelah itu tetap dijadikan sebagai tempat berjualan beraneka makanan di sore hingga malam hari. Tentu hal ini tak banyak diketahui oleh para pengunjung. Tetapi sudah sepatutnya terutama untuk masyarakat sekitar tahu apa saja yang pernah terjadi di pantai ini.

Sementara itu pembangunan di tepi pantai dilakukan pada tahun 1945 yang merupakan ide dari walikota pada masa tersebut. Diketahui dari jejak sejarah, masa kepemimpinan dimulainya pembangunan adalah pada masa DM van Switten. Awal dari pembangunan ini dilakukan dengan adanya pemasangan lantai dasar beton menggunakan panjang 910 meter.

Adanya pemasangan lantai ini memang ditujukan untuk menjaga fasilitas yang ada di sekitarnya dari terjangan ombak selat Makassar. Barulah setelah itu pembangunan kian bertambah.

Sampai saat ini Pantai Losari menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi oleh warga sekitar dan juga wisatawan luar. Mereka berkumpul dan menikmati semua sarana dan prasarana yang disediakan dan berfungsi menarik minat wisatawan.

Nama Losari sendiri memang sampai saat ini belum diketahui apakah diambil dari bahasa Belanda ataupun Makassar. Tetapi jika diterjemahkan menggunakan bahasa Jawa, Losari memiliki dua suku kata yaitu los dan ari.

Los berarti area yang digunakan untuk kegiatan jual beli atau area yang terbagi menjadi beberapa toko. Sementara kata Ari sendiri diambil dari makna selaput pembungkus atau yang menyalurkan. Seperti halnya ari-ari.

Baca Juga :   Lihat Aksi Seru Para Bule Merayakan HUT ke-77 RI di Pantai Kuta, Penuh Semangat

Alamat Pantai Losari

Google Maps

Foto : Google Maps

Lokasi Pantai Losari ini ada di jalan Metro Tanjung Bunga, Maloku. Tepatnya berada di Ujung Pandang Kota Makassar yang terkenal akan keindahan alam di sekitarnya.

Pengunjung jika memang masih kesulitan maka bisa mencoba membuka google maps. Pengunjung bisa mendapatkan bantuan dengan mudah dan menemukan alamat tersebut.

Barulah nanti bisa memperkirakan jarak dari lokasi hingga berada di Pantai Losari. Selain itu, pengunjung juga bisa menggunakan sepeda motor sambil menikmati jalanan yang ada di Kota Makassar.

Jika memang pengunjung berasal dari luar daerah Makassar terutama luar pulau Sulawesi memang harus menggunakan pesawat sebagai transportasi utama. Berangkat dari Bandara Soekarno Hatta di Jakarta, wisatawan bisa membeli tiket pesawat menuju Bandara Hasanuddin makassar.

Rutenya memang mudah karena pantai ini memang berada di pusat Kota Makassar. Letaknya bisa dijangkau menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum.

Sementara waktu tempuhnya rata-rata memang 1 jam saja dari bandara. Tetapi jika berangkat melewati jalan tol maka bisa dipersingkat menjadi hanya 40 menit saja.

Tak hanya itu, apabila wisatawan memulai perjalanan dari Pelabuhan Soekarno Hatta yang ada di Wajo, Makassar maka waktu tempuh yang dimilikinya adalah 20 menit saja. Waktu yang cukup singkat bagi mereka yang tak sabar dalam menikmati suasana di Pantai Losari.

Objek wisata Pantai Losari ini tidak memiliki jam operasional secara khusus. Pantai yang berbeda dengan destinasi lainnya seperti waterpark, air terjun, musem dan lain sebagainya.

Pantai Losari buka selama 24 jam. Tentu hal ini memudahkan kita untuk mendatanginya bebas dan sesuka hati namun meski begitu, sangat disarankan untuk datang ke Pantai Losari ini antara pukul 3 sore sampai jam 9 malam agar bisa menghindari sengatan sinar matahari atau menikmati matahari tenggelam.

Harga tiket masuk yang ada di Pantai Losari ini tidak ada alias gratis. Pengunjung bisa datang sesuka hati namun tetap menjaga kebersihan diri dan tidak meninggalkan sampah di lokasi.

Sebab, keindahan pantai adalah tanggung jawab semua pengunjung yang datang. Berkunjung ke Pantai Losari tak dikenakan biaya apapun sehingga memang terbuka untuk umum.

Daya Tarik Pantai Losari

Google Maps

Foto : Google Maps

Bagi para wisatawan yang datang dari luar makassar, di sekitar pantai Losari sudah banyak tersedia hotel dan penginapan. Bagi para backpacker, hotel murah pantai losari juga banyak tersedia di sana.

Baca Juga :   Perkuat Visi Elektrifikasi, Lexus Perkenalkan Mobil Konsep LF-Z Electrified dan All New Lexus RX di GIIAS 2022

Yang unik lagi di sepanjang pantai Losari ini disediakan akses internet gratis tanpa login dan membayar. Untuk masuk ke wisata pantai Losari, wisatawan tidak di pungut biaya sepeserpun, pengunjung hanya perlu membayar uang untuk parkir.

Toilet, kamar mandi dan mushola pun sudah tersedia di pantai Losari. Untuk memanjakan perut wisatawan, di sana tersedia beraneka masakan khas Makassar, seperti pallu butung, jajanan pisang epek, es pisang ijo, menu sop konro dan coto makassar.

Yang banyak dicari oleh wisatawan di pantai Losari Makassar adalah tulisan pantai losari. Spot foto ini memang sangat terkenal, belum sampai di pantai Losari jika belum berfoto di depan tulisan itu.

Sunset pantai Losari yang begitu fenomenal adalah salah satu target bagi para wisatawan dan para fotografer. Dengan posisi pantai yang agak menjorok, maka posisi matahari tenggelam pas berada di laut, fenomena inilah yang menjadikan sunset di pantai Losari begitu indah.

Ada banyak objek wisata di Pantai Losari yang dapat kamu coba. Misalnya menikmati permainan skateboard yang diadakan pada hari Sabtu dan Minggu atau Hari Libur Nasional.

Karena pada hari tersebut jalan sekitar pantai ditutup alias Car Free Day. Sehingga kamu dapat bermain skateboard tanpa gangguan kendaraan.

Pantai Di Sulawesi Selatan yang kini menjadi fasilitas umum juga menyediakan beberapa permainan air yang dapat Anda coba. Seperti perahu, sepeda air dan banana boat. Harga sewa dari permainan tersebut sangat terjangkau. Perahu dapat diisi dua hingga empat orang untuk berkeliling sekitar pantai.

Daya Tarik Pantai Losari lainnya yaitu terdapat berbagai lukisan di gedung seni rupa. Seperti lukisan manusia, alam, seni budaya dan masih banyak lagi. Anda dapat berswa foto dengan berbagai lukisan yang ada di sana.

Objek wisata lain yang dapat Anda kunjungi yaitu masjid Amirul Mukminin yang terapung diatas laut. Masjid ini pun juga berbentuk seperti rumah panggung tradisional khas Makassar. Berdirinya masjid juga belum lama yaitu pada tahun 2009.

Tiket Masuk dan Jam Buka

Google Maps

Foto : Google Maps

Untuk memasuki area Pantai Losari, wisatawan tidak dikenai biaya. Bahkan parkir di area pantai ini juga gratis.

Pantai Losari dibuka setiap hari tanpa batasan waktu. Wisatawan memiliki keleluasan untuk memilih waktu berkunjung ke pantai ini.

Artikel ini bersumber dari : www.intipseleb.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *