Silaturahmi Bersama Tokoh se-Mojokerto Raya, Dandim 0815/Mojokerto Ajak Wujudkan Sikap Toleran – PETISI.CO

Diposting pada

MOJOKERTO, PETISI.COKodim 0815/Mojokerto menggelar silaturahmi dengan perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan undangan lainnya se-wilayah Mojokerto Raya.

Kegiatan bertajuk Komunikasi Sosial (Komsos) Bersama Komponen Masyarakat, mengusung tema “Generasi Muda Sebagai Wirausaha Millenial Inovatif Berwawasaan Kebangsaan”, berlangsung di Ruang Data Makodim 0815/Mojokerto, Jalan Majapahit Nomor 1 Kota Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (22/09/2022).

Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Beni Asman, S.Sos., M.H., saat membuka kegiatan, menjelaskan, Indonesia merupakan negara yang berdaulat dengan segala keberagaman yang dimiliki dari suku bangsa/etnis, bahasa, budaya dan adat istiadat serta agama.

”Kebhinnekaan ini tentunya harus terus dikelola dengan baik sehingga menjadi alat pemersatu sekaligus energi positif bagi percepatan pembangunan dan kemajuan bangsa, termasuk di wilayah Mojokerto Raya,” jelas dandim.

Di hadapan puluhan tamu undangan, Letkol Beni juga menjelaskan, kemajuan teknologi komunikasi dan informasi diera digital saat ini, tentunya sangat berdampak pada semua aspek kehidupan.

Era digital telah menjadikan dunia komunikasi tanpa mengenal batasan ruang, waktu maupun jarak, sehingga persebaran informasi tidak bisa dibendung, diantaranya persebaran faham radikal, ujaran kebencian dan penistaan agama, yang tentunya bisa menjadi faktor penyebab terjadinya konflik bernuansa sara bahkan konflik komunal. Sehingga menjadi ancaman serius dan dapat memecah belah kerukunan antar umat beragama.

Menyikapi kondisi ini, lanjutnya, diperlukan penguatan kesadaran khususnya bagi generasi muda saat ini dengan upaya yang kita lakukan secara bersama-sama dan berkelanjutan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme, rasa cinta tanah air, dan bela negara. ”Revitalisasi atau penguatan wawasan kebangsaan ini mutlak harus dilakukan,” tandasnya.

Namun demikian, peran era digital ini, tentunya dapat membawa manfaat positif jika kita pergunakan dengan baik dan benar, seperti untuk penyebaran ilmu yang bermanfaat, usaha atau bisnis online, dan sejumlah manfaat positif lainnya, termasuk bagi kalangan generasi muda dalam berwirausaha, mendukung tugas belajar, berkreatifitas dan berinovasi positif.

Baca Juga :   Sajikan Resep Andalan, GoFood Rilis Tren dan Lanskap Kuliner Indonesia

Masih lanjutnya, selain mempererat jalinan tali silahturahmi yang selama ini sudah terbangun dengan baik, kegiatan komunikasi sosial ini juga diharapkan dapat menambah dan meningkatkan hubungan antara Prajurit TNI-AD khususnya Prajurit Kodim 0815/Mojokerto dengan komponen masyarakat sehingga tercipta hubungan yang erat dan harmonis.

“Tujuannya agar dapat saling memahami serta berpartisipasi aktif dalam menjaga keutuhan negara demi terwujudnya NKRI yang berdaulat dan sejahtera,” ujarnya.

Lebih jauh Dandim berharap dengan kegiatan ini, diharapkan dapat terciptanya solidaritas kerukunan antar agama yang kuat dan solid sehingga perpecahan dan konflik antar umat beragama dapat dihindari.

“Hadirnya sikap toleran ditengah-tengah masyarakat yang majemuk harus berbarengan dengan tumbuhnya rasa nasionalisme dan jiwa patriotisme pada generasi muda, sehingga kelak cita-cita NKRI yang adil dan makmur dapat terwujud,” harapnya.

Pada kesempatan ini, Dandim 0815/Mojokerto juga mengupas tentang wawasan kebangsaan, dan menerangkan tantangan yang sedang dihadapi Bangsa Indonesia serta upaya-upaya antisipasi yang harus dilakukan demi menyelamatkan generasi muda yang kelak memegang estafet kepemimpinan.

Sementara itu, perwakilan tokoh agama se-Mojokerto Raya yang hadir dalam kegiatan ini, diantaranya Ketua MUI, Ketua FKUB, Ketua PCNU, Ketua PD Muhammadiyah, Ketua GP Ansor, Ketua LDII, Ketua Pandita Maha Vihara Majapahit, Pemangku Agama Hindu, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, Banser dan undangan lainnya.

Para tokoh ini memberikan apresiasi positif atas dilangsungkannya kegiatan silaturahmi yang diinisiasi Kodim Mojokerto, karena tentunya dapat memotivasi sekaligus meningkatkan semangat kebersamaan, untuk bersama-sama membangun Mojokerto Raya dengan dilandasi akhlak dan budi pekerti yang luhur, terlebih ke depan, kita semua akan mengalami lintas pergeseran generasi.

Tak hanya menyambut positif, para tokoh juga mengharapkan kegiatan serupa dilakukan secara langsung ke sekolah-sekolah termasuk edukasi kepada guru disekolah, agar lebih tepat pada sasaran guna menjaga NKRI dalam kerangka Pancasila.

Baca Juga :   Ini Daftar Wisata Baru di Karanganyar, Bisa Jadi Rujukan untuk Akhir Pekan - Solopos.com

Penyerahan cinderamata secara simbolis oleh Dandim 0815/Mojokerto kepada perwakilan tokoh agama dan perwakilan Banser, pembacaan do’a oleh Ketua PCNU sekaligus Ketua FKUB Kabupaten Mojokerto KH. Abdul Adzim Alwi, serta ramah tamah menjadi penutup kegiatan komunikasi sosial Kodim 0815/Mojokerto dengan komponen masyarakat se-Mojokerto Raya. (ng)



Kunjungan :
364


–>


Artikel ini bersumber dari : petisi.co.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *