SMAN 1 Kejuruan Muda Juara I PJAS Tingkat Nasional

KUALASIMPANG (Waspada): SMAN 1 Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang meraih prestasi juara I Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Tingkat Nasional (se Indonesia) Tahun 2022.

Kepala SMAN 1 Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang, Muhammad, S.Pd. MM yang turut didampingi guru yang menangani bidang Sarana dan Prasarana, Dra. Elfi Zenti kepada Waspada di ruang kerjanya, Senin (12/9) menjelaskan, lomba PJAS merupakan agenda kegiatan dari Pemerintah Republik Indonesia melibatkan Balai Pengawas Obat dan Makanan (POM) Republik Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Kementerian Agama (Kemenag) pada Agustus 2022 sudah datang langsung ke SMAN 1 Kejuruan Muda untuk melakukan monitoring dan penilaian terhadap kantin PJAS SMAN 1 Kejuruan Muda.

Selain itu, ada juga dilaksanakan Zoom Meeting terkait kantin SMAN 1 Kejuruan Muda oleh Tim Penilaian dari Pusat yang mewancarai Kepala Sekolah dan siswa SMAN 1 Kejuruan Muda.

Sebelumnya, ungkap Muhammad, terkait kantin PJAS SMAN 1 Kejuruan Muda juga ada dilaksanakan sosialiasi kepada lima sekolah lanjutan atas di Kabupaten Aceh Tamiang dan perwakilan dari lima sekolah tersebut datang langsung ke SMAN 1 Kejuruan Muda.

“Tujuan sosialisasi agar jajanan anak sekolah yang diperjualbelikan di kantin harus benar-benar steril dan aman dikonsumsi,” tegas Muhammad.

Kepala SMAN 1 Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang, Muhammad,S.Pd,MM ,Senin (12/9). Waspada/Muhammad Hanafiah

Muhammad juga menjelaskan, terkait kantin PJAS SMAN 1 Kejuruan Muda ada juga diterbitkan buku pantun PJAS sebagai upaya sosialisasi kantin PJAS di sekolah ini.

“Jumlah siswa SMAN 1 Kejuruan Muda lebih 1.000 orang,” tegas Muhammad yang didampingi Elfi Zenti.

Muhammad menyatakan, untuk pengelolaan dan pengawasan kantin PJAS di sekolah ini ada dibentuk kader senior dari guru-guru dan kader junior yang direkrut dari siswa-siswi SMAN 1 Kejuruan Muda.

Menurutnya, kantin PJAS SMAN 1 Kejuruan Muda berhasil meraih juara 1 Tingkat Nasional setelah berkompetisi dengan ribuan sekolah lain di Indonesia. “Hasil evaluasi terakhir, SMAN 1 Kejuruan Muda bersaing ketat dengan SMA dari Makasar. Alhamdullillah, SMAN 1 Kejuruan Muda yang meraih juara 1 Tingkat Nasional dan pada tahun 2021 Klub Film SMANSA, SMAN 1 Kejuruan Muda berhasil meraih juara 1 Tingkat Nasional Lomba Video Kemanan Pangan Tiktok dan Youtube Katagori SLTA sederajad dalam rangka memperingati Hari Keamanan Pangan Dunia tahun 2021.

Muhammad menyatakan, pada tanggal 15 September 2022, pihaknya Insya Allah akan berangkat ke Bali untuk menghadiri pemberian penghargaan sebagai juara I Lomba kantin PJAS Tingkat Nasional tahun 2022.

Ketua Komite SMAN 1 Kejuruan Muda, Idris Pardan ketika dimintai komentarnya secara terpisah terkait kantin PJAS SMAN 1 Kejuruan Muda meraih juara 1 Tingkat Nasional, Senin (12/9) mengharapkan agar siswa, dewan guru bersama kepala sekolah serta komite sekolah terus berpacu untuk meraih prestasi dalam segala bidang baik untuk tingkat Kabupaten Aceh Tamiang, Tingkat Provinsi Aceh maupun Tingkat Nasional.

“Sudah sangat banyak prestasi yang diraih SMAN 1 Kejuruan Muda, baik untuk tingkat Provinsi Aceh maupun Tingkat Nasional. Piagam Penghargaan dan Piala yang diperoleh SMAN 1 Kejuruan Muda sudah sangat banyak,” ujar Idris Pardan yang biasa disapa Wak Reh .(b14)

Keterangan Foto Utama: Suasana Kantin PJAS SMAN 1 Kejuruan Muda pada jam istirahat proses belajar-mengajar di sekolah tersebut, Senin (12/9). Waspada/Muhammad Hanafiah

Artikel ini bersumber dari : waspada.id.

Tinggalkan komentar