Tak Seseram Namanya, Intip Panorama Cantik Pantai Gondo Mayit di Kabupaten Blitar

Diposting pada

Tak Seseram Namanya, Intip Panorama Cantik Pantai Gondo Mayit di Kabupaten Blitar
Pantai Gondo Mayit Blitar. ©2022 YouTube Ngopi Asyik/ Merdeka.com

Merdeka.com – Pantai Pasetran Gondo Mayit di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, menjadi salah satu spot yang wajib dikunjungi saat ke Kabupaten Blitar. Tak seseram namanya, Pantai Gondo Mayit ini justru menawarkan panorama alam yang indah.

Pantai ini cukup terjaga, lantaran belum begitu populer. Hal ini membuat keadaan di lokasi begitu bersih dan asri. Belum lagi pasir putih di pantai tersebut sangat lembut.

“Pantainya keren, bagus, dan lumayan masih sepi” kata wisatawan asal Madiun, Sari, mengutip ANTARA, Sabtu (8/10)

2 dari 4 halaman

Asal Usul Nama Gondo Mayit

pantai gondo mayit blitar

©2022 YouTube Ngopi Asyik/ Merdeka.com

Dalam bahasa Jawa, gondo mayit memiliki arti yang menyeramkan yakni aroma jenazah atau bau dari mayat.

Belum diketahui dari mana asal usul nama tersebut, namun menurut masyarakat di sana, konon pantai itu dulunya pernah ditemukan banyak mayat hingga tercium bau kurang sedap di sekitar pantai.

Di luar nama itu, pantai ini mampu menghipnotis siapa pun yang berkunjung ke sini, terlebih untuk menikmati matahari terbenam.

“Kami bersama teman-teman sangat puas bermain air dan pasir. Makanannya juga cukup enak,” katanya lagi

3 dari 4 halaman

Rute Menuju Pantai Gondo Mayit

pantai gondo mayit blitar

©2022 YouTube Ngopi Asyik/ Merdeka.com

Pantai Gondo Mayit sendiri berjarak sekitar 35 kilometer dari pusat Kota Blitar. Wisatawan bisa mengambil rute menuju Kademangan, melalui Jalan Raya Trisula hingga menuju kawasan pantai selatan Jawa Timur.

Untuk kondisi jalannya, tergolong sempit, berkelok-kelok, dan terdapat beberapa titik yang curam.

Setelah sampai di Desa Tambakrejo, lokasi Pantai Gondo Mayit sudah dekat dan satu arah dengan Pantai Tambakrejo. Hal itu karena kedua pantai tersebut berada dalam satu kawasan yang hanya terpisahkan oleh bukit.

Baca Juga :   Kupat Tahu Pojok Magelang, kuliner legendaris bikin pejabat kepin

4 dari 4 halaman

Tersaji Kuliner khas Pantai

Selain menikmati keindahannya, pengunjung juga bisa menjajal lezatnya kuliner khas pantai di warung-warung pinggiran. Tempatnya pun cukup nyaman, dengan harga yang terjangkau.

Terdapat menu andalan di Pantai Gondo Mayit, yakni ikan laut asap yang dicocol dengan sambal bumbu kacang serta sayur lalapan. Kemudian ada juga udang dibumbui pedas manis dan gulai ikan kakap yang rasanya dijamin tidak mengecewakan.

Selepas mengisi perut dengan berbagai menu seafood, sajian es degan bisa menjadi pelengkap yang nikmati, sembari menikmati birunya laut dan deburan ombak di laut selatan Jawa Timur itu

Adapun wisatawan hanya dikenai tiket masuk sebesar Rp5 ribu, untuk satu orang. Lokasi ini bisa menjadi alternatif wisata untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga maupun rekan saat menjajaki kota berjuluk patria itu.

 

[nrd]


Artikel ini bersumber dari : www.merdeka.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *