Taman Bunga Nusantara, Objek Wisata Asri di Jawa Barat

Diposting pada

VIVA Lifestyle – Taman Bunga Nusantara adalah taman display bunga pertama di Indonesia. Taman ini dilengkapi dengan berbagai koleksi tanaman berbunga yang terkenal dan unik dari seluruh dunia.

Taman Bunga Nusantara ini memiliki ratusan varietas tanaman berbunga di taman, sehingga Taman Bunga Nusantara benar-benar menjadi tempat dimana bunga-bunga dari seluruh dunia tumbuh.

Bunga tersebut diantaranya berasal dari Amerika Selatan, Australia, Afrika, serta Asia. Taman Bunga Nusantaramemiliki lahan display bedding plant seluas 50.000 m2.

Suhardani Bustanil Arifin merupakan pemrakarsa sekaligus Ketua Umum Yayasan Bunga Nusantara beserta anggota lainnya. Almarhum Suhardani merupakan istri dari mantan Kepala Bulog dan Menteir Koperasi era orde baru, Bustanil Arifin. 

Yayasan pimpinan Suhardani ini mulai merintis pembangunan taman ini pada tahun 1992, kemudian secara intensif pelaksanaan pembangunan tahap awal taman dimulai sejak tahun 1993.

Tujuan utama pembangunan taman ini bagi Yayasan Bunga Nusantara adalah menciptakan Taman Bunga Nusantara sebagai salah satu aset wisata berbasis wisata agro nasional dengan skala internasional.

Lokasi geografis dan tofografis

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Photo :

  • Instagram @tamanbunganusantara

Taman Bunga Nusantara terletak di ketinggian 750 meter diatas permukaan laut, dengan suhu rata-rata harian 20°-26° C dan curah hujan 2.475,7 mm. Taman Bunga Nusantara dapat dicapai dari segala arah dengan jarak tempuh sekitar 9 km dari Jalan Raya Jakarta–Bandung.

Taman Bunga Nusantara memiliki luas 35 hektar, dengan 23 hektar diisi bunga dan berbagai pohon berbunga, 7 hektar untuk taman bermain anak ALAM IMAJINASI, 2 hektar untuk lahan pembibitan, dan 3 hektar untuk vila Saung Nini dan Saung Aki, sebuah restoran serta ruang pertemuan.

Taman dan sarana

Taman Bunga Nusantara

Taman Bali

Taman Bali merupakan suatu bentuk kreasi bangsa Indonesia yang keberadaannya telah diakui oleh masyarakat internasional. Keunikan bangunan serta bentuk kreasi Bali lainnya telah menjadikan Taman Bali sebagai taman yang memiliki keunikan dan mudah dikenali oleh masyarakat internasional.

Di Taman Bali ini kami tampilkan keunikan bangunan, patung, dan tanaman khas Bali seperti Candi Bentar, atau Gapura Pintu Masuk, Bale Bengong, dan Bale Kul Kul. Tanaman yang mendominasi lokasi taman ini adalah bunga kamboja, bunga sepatu, aneka helikonia, serta tanaman tropis berdaun indah lainnya.

Baca Juga :   Bendera Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Pulau Kodingareng

Taman mediterania

Taman ini didesain untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang suatu lokasi yang berada di daerah gurun seperti yang ada di kawasan Mediterania. Secara historis negara-negara seperti Italia, Spanyol, Yunani, dan Portugis dalam mendesain tamannya lebih banyak mempergunakan tanaman yang bertoleransi tinggi terhadap cuaca kering seperti jenis kaktus (Cactaceae), dan yucca (Liliaceae).

Adapun rumah khas Mediterania merupakan bentuk bangunan yang kami pergunakan untuk melindungi ragam kaktus yang ada di dalamnya. Dengan atap kaca, memungkinkan sekali ragam kaktus seperti Notocactus magnificus, Cephalocereus senilis, Opuntia rufida, serta Cereus hexagonus tumbuh kembang seperti di daerah asalnya. Konsep lainnya yang ingin kami tonjolkan adalah unsur-unsur lainnya seperti hamparan batu dan pasir putih yang lebih mengarah kepada keberadaan pantai Mediterania yang memiliki hamparan pasir putih yang luas.

Taman perancis

Desain Taman Perancis merupakan desain masa Renaissance dengan bentuk-bentuk geometrisnya. Perdu Taiwan Beauty yang dipangkas rapi membingkai bunga warna-warni ini disebut parterre yang berasal dari frase bahasa Perancis, yaitu broderie de par terre atau “sulaman di atas tanah”.

Gaya taman seperti ini mencapai puncak ketenarannya pada masa kekuasaan Kaisar Louis XIV di abad ke-17. Jenis tanaman hanyalah merupakan unsur kedua setelah penentuan bentuk/desain taman. Taman ini diciptakan untuk melambangkan penguasaan manusia terhadap alam.

Keindahan Taman Perancis dapat Anda nikmati dari dekat maupun dari kejauhan. Untuk melihat bentuk-bentuk geometrisnya secara keseluruhan kami undang Anda untuk melihatnya di atas Menara Pandang.

Taman palem

Pohon Palem telah banyak ditanam sejak masa purba, namun baru dikenal popularitasnya oleh kalangan pertamanan pada tahun 1800-an. Terdapat kurang lebih 2.800 species palem yang ada di belahan bumi yang memiliki iklim yang hangat.

Koleksi palem di sini mencapai lebih dari seratus varietas dari berbagai tempat di dunia. Beberapa palem yang memiliki keunikan khusus diantaranya Washingtonia robusta atau Palem Kipas Meksiko yang berasal dari Meksiko.

Tanaman unik lainnya adalah Screw Pine atau Pandanus utilis dari Madagascar. Tanaman ini dapat dengan mudah dikenali melalui batang dan daunnya yang melingkar-lingkar. Di Afrika, daun tanaman ini dibuat topi dan keranjang. Palem lain yang tak kalah cantiknya adalah Palem Alexandra atau Archontophoenix alexandrae dari Queensland-Australia.

Palem raksasa yang berada di jalur menuju ke Rumah Kaca adalah Cuban Royal Palm atau Roystonea regia berasal dari Kuba. Palem lainnya yang tak kalah menarik adalah Palem Botol atau Hyphorbe leganicaulis, Palem Jelly atau Butia capitata, Palem Phoenix atau Phoenix roebelinii.

Selain itu, masih banyak taman-taman lainnya seperti taman mawar, taman rahasia, taman air, taman gaya Jepang, rumah kaca serta display karpet dan topiary.

Baca Juga :   Gudangnya Wanita Cantik, Ini 5 Daerah di Indonesia Jadi Destinasi Favorit Bule Cari Jodoh : Okezone Travel

Sarana bursa bunga dan tanaman

Bursa bunga dan tanaman merupakan tempat pengunjung untuk berbelanja aneka bunga maupun tanaman berdaun indah lainnya. Lokasinya berada di areal parkir. Ini akan memudahkan kamu untuk membawa tanaman yang sudah di beli ke kendaraan.

Menara pandang

Bangunan ini berupa menara dengan tinggi 29 meter yang memiliki 3 lantai. Dari ketinggian ini kamu bisa menikmati keindahan Taman Bunga Nusantara secara menyeluruh.

Wira-wiri

Kendaraan terbuka dengan kapasitas 14 orang ini bisa kamu manfaatkan untuk mengelilingi taman. Saat kamu menaiki kendaraan ini, kamu bisa mendapatkan informasi dari tour guide seputar Taman Bunga Nusantara. Kamu cukup membayar Rp5000 saja untuk bisa menaiki kendaraan ini.

Saung nini

Taman Bunga Nusantara juga menyediakan tempat penginapan. Penginapan ini tepat di depan Taman Bunga Nusantara. Saung nini bisa digunakan sebagai tempat penginapan saat outing, rapat kerja atau liburan bersama keluarga.

Tempat ini memiliki 5 business room, 8 standart room, dan 10 unit tenda untuk berkemah di Camping Ground. Selain sarana yang telah dijelaskan di atas, ada beberapa sarana lainnya diantaranya danau angsa, garden tram, dotto trains, dan lokasi piknik dan gazebo/saung.

Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara, Menara Pandang

Taman Bunga Nusantara, Menara Pandang

Untuk masuk ke area Taman Bunga Nusantara, pengunjung harus membeli tiket seharga Rp40.000,00 per orang. Tiket ini bisa digunakan untuk mengelilingi taman bunga hingga puas. Sementara untuk biaya parkirnya untuk roda dua dikenakan Rp10.000,00, dan Rp15.000 untuk mobil.

Jam operasional dan lokasi

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara buka setiap hari. Untuk hari Senin – Jumat buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Sementara untuk hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional buka dari pukul 08.00-17.30 WIB. Lokasinya berada di Jalan Mariwati KM 7 Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi – Cianjur, Jawa Barat.

Demikian ulasan tentang Taman Bunga Nusantara. Semoga artikel ini menambah informasi kmau sebelum berkunjung. Taati aturan dan menerapkan protokol kesehatan ya. Selamat berlibur.

Artikel ini bersumber dari : www.viva.co.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *