6 Taman Nasional di Indonesia yang Harus Kamu Datangi

Diposting pada

Taman Nasional di Indonesia – Kamu yang suka traveling kemungkinan telah “khatam” berkunjung beragam tujuan rekreasi di Indonesia. Pulau, pantai, gunung, air terjun, sampai jejeran beberapa kota rekreasi di tanah air bisa saja pernah kamu kunjungi semua.

Tetapi, percaya nih jika kamu telah betul-betul habis berkunjung beberapa tempat kece di negeri sendiri? Untuk kamu yang suka traveling, sudah pernahkah memijakkan kaki di satu diantaranya taman nasional ini?

Taman Nasional di Indonesia

Taman Nasional di Indonesia
Taman Nasional di Indonesia

1. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser adalah yang diputuskan UNESCO sebagai Cagar Biosfer pada tahun 1980. Jadi lokasi pelestarian dan pembangunan keberagaman hayati, taman yang ini terbagi dalam ekosistem rimba pantai, rimba hujan tropis daratan rendah, dan pegunungan.

Pada tempat ini, kamu dapat rasakan kesan trackking memotong lebatnya rimba sekalian kadang-kadang mendapati sungai dan air terjun. Bila untung, orangutan dan gajah Sumatera juga bisa dijumpai saat perjalanan. Ada juga badak Sumatera, siamang, kambing rimba, sampai harimau Sumatera yang menempati teritori taman nasional ini.

2. Way Kambas

Melihat gajah dari jarak dekat atau bermain sama mereka dapat kamu kerjakan pada tempat ini. Ya, di Taman Nasional Way Kambas yang berada di Kabupaten Lampung tengah persisnya. Mempunyai area selebar 125.621 hektar, tempat ini sebagai ekosistem rimba daratan rendah yang terbagi dalam rimba rawa air tawar, padang alang-alang, dan rimba pantai.

Di teritori taman nasional ini ada pusat latihan gajah yang dibangun semenjak tahun 1985. Sampai sekarang ini, pusat training itu sukses melulutkan dan latih lebih dari 200 gajah lho. Nach, selainnya berkunjung pusat training gajah, tempat kemping di Way Kanan dan pusat penangkaran badak di Kuala Kambas harus kamu kunjungi.

Baca Juga :   Suvenir Pernikahan yang Sebenarnya Menyebalkan

3. Ujung Kulon

Sesudah diputuskan sebagai Peninggalan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991, Taman Nasional Ujung Kulon jadi taman nasional pertama kali yang disahkan oleh pemerintahan Indonesia persisnya pada tahun 1992. Mempunyai area selebar 122.956 hektar, tempat ini jadi komunitas asli sekalian sanctuary untuk satwa badak Jawa yang banyaknya tinggal beberapa puluh ekor saja.

Jadi gerbang Taman Nasional Ujung Kulon ialah Pulau Peucang. Pulau ini umumnya menjadi yang paling awal didatangi beberapa pelancong saat sebelum menelusuri beberapa pulau yang lain di teritori taman nasional. Selainnya pantai berpasir putih, di pulau ini kamu dapat telusuri rimba rekreasi sampai berjumpa monyet dan babi yang berkeliaran bebas di tepi pantainya.

4. Taman Nasional Kepulauan Seribu

Berada 45 km di samping Utara Jakarta, Taman Nasional Kepulauan Seribu menjadi satu diantara teritori konservasi bahari yang berada di Indonesia. Kesemuaannya ada 78 pulau besar/kecil dengan tinggi tidak lebih dari 3 mdpl dan sebagai rangkaian pulau karang.

Kekayaan bawah laut di Kepulauan Seribu tidak perlu disangsikan kembali. Tempat ini mempunyai lebih dari 54 tipe kerang keras/lunak, 2 tipe kima, 3 barisan ganggang, 6 tipe rumput laut, 144 tipe ikan, dan 17 tipe burung pantai. Disamping itu, Taman Nasional Kepulauan Seribu jadi tempat peneluran penyu sisik dan penyu hijau yang termasuk satwa sangat jarang.

5. Taman Nasional Baluran

Salah satunya yang paling dikenang dari Taman Nasional Baluran ialah Savana Bekol. Selainnya panoramanya yang cantik, Savana Bekol disebut sebagai padang rumput terluas di Pulau Jawa. Berada di Kabupaten Situbondo, pada tempat ini kamu dapat melihat pemandangan ciri khas Afrika di mana bentangan sabana kelihatan semakin cantik karena ada satwa-satwa liar yang berkeliaran.

Baca Juga :   Berburu Makanan dan Oleh-oleh Unik di London

Ada 444 tipe tumbuhan, 26 tipe mamalia, dan 155 tipe burung di Taman Nasional Baluran. Beberapa yang sering kelihatan ada ialah banteng, rusa, kijang, atau burung merak. Pastikanlah kamu senang berfoto mendokumentasikan keelokan alam yang tetap terlindungi saat berkunjung tempat ini, ya!

6. Pulau Komodo di Nusa Tenggara

Taman Nasional Komodo ada di Flores, Nusa Tenggara Timur. Teritori ini terbagi dalam 3 pulau besar yakni Pulau Rinca, Pulau Komodo, dan Pulau Padar. Disamping itu, ada juga sekitaran 26 beberapa pulau kecil dengan 11 buah bukit dan gunung. Ada padang savana yang luas, sumber air yang terbatas, dan temperatur yang cukup panas rupanya jadi komunitas yang dicintai hewan purba seperti Komodo.

Nach, bagi beberapa pencinta jalanan pasti tidak akan tidak untung berkunjung tujuan yang ini. Eksotisme dan keindahan pemandangan Pulau Komodo terang tidak perlu disangsikan kembali. Selainnya kamu dapat nikmati pantai dan bukit-bukit yang berada di tempat ini, berkunjung Pulau Komodo memiliki arti mengetes adrenaline-mu sendiri. Apa kamu cukup berani berjumpa Komodo yang terhitung kelompok hewan buas langsung?

Yup! Bertandang ke Taman Nasional memiliki arti menginjakkan kaki kita di teritori konservasi alam. Sebagai pelancong atau pendatang, pasti kita jangan asal-asalan. Yakinkan traveling ini kali bawa faedah untuk diri kita, dan lokasi yang kamu datangi!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *