Tari Lulo Meriahkan Pawai Budaya Rakernas XV Apeksi di Padang

Diposting pada

” Ribuan masyarakat Kota Padang antusias menyaksikan peserta pawai budaya yang mengenakan pakaian adat dari masing-masing daerah ”

PADANG, TELISIK.ID – Rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional XV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2022 di Kota Padang ditutup dengan pawai budaya dari puluhan delegasi pemerintah kota se-Indonesia yang memadati Jalan Samudra, Pantai Puruih, Kota Padang, Selasa (9/8/2022) malam.

Ribuan masyarakat Kota Padang antusias menyaksikan peserta pawai budaya yang mengenakan pakaian adat dari masing-masing daerah serta busana kreasi kontemporer, serta menampilkan musik dan tari tradisi dari berbagai penjuru daerah di Indonesia.

Acara dimulai dengan penampilan tarian Minangkabau dan tarian kolosal siswa siswi SMP se-Kota Padang. Dilanjutkan pembukaan yang ditandai pemukulan talempong (gong kecil khas Minangkabau) oleh Ketua Apeksi Bima Arya, didampingi Wali Kota Padang Hendri Septa serta Ketua Dewan Pengawas yang juga Wali Kota Jambi, Syarif Fasha.




Tampil pada urutan ke-48, barisan pawai Kota Kendari yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Kendari Ridwansyah Taridala, menampilkan Tarian Lulo di panggung kehormatan, serta menyerahkan cendera mata berupa kain tenun adat Tolaki kepada Ketua Apeksi Bima Arya dan Wali Kota Padang Hendri Septa selaku tuan rumah.

“Kota Kendari mengirim delegasi sekitar 50 orang, terdiri dari jajaran pejabat Pemerintah Kota Kendari dan siap mensukseskan Rakernas Apeksi kali ini,” ungkap Ridwansyah.

Baca Juga: Sempat Mengudara, Pesawat Garuda Tujuan Kendari Tak Bisa Mendarat

Delegasi Kota Kendari sendiri diikuti oleh Asisten 1, Kepala Bappeda, Kadis Kominfo, Kadis PUPR, Kadis Perhubungan, Kadis Pertanian, Kadis DPM-PTSP, Kadis Sosial, Kadis Perdagkop & UMKM, Kadis Nakerperin, Sekretaris Disparbud, Sekretaris BKPSDM, Kabag Pemerintahan, serta para camat se-Kota Kendari dan pejabat lainnya, tampil mengenakan pakaian adat dari beberapa suku yang ada di Kota Kendari.

Baca Juga :   Penulis Rusia paling terkenal sepanjang massa

Sementara itu, Wali Kota Padang, Hendri Septa, dalam sambutannya mengatakan selama perhelatan Rakernas XV Apeksi, perputaran uang di Kota Padang tercatat sebanyak Rp 40 miliar.

Baca Juga: Seleksi JPTP Kota Kendari, 13 ASN akan Ikuti Empat Tahapan Asesmen

“Artinya dari semua ini ada perputaran uang Rp 40 miliar selama 4 hari ini insyaAllah, ini semua untuk masyarakat Kota Padang,” ujar Hendri.

Ketua Dewan Pengurus Apeksi, Bima Arya berharap Rakernas Apeksi kali ini dapat semakin terakselerasi untuk kebaikan warga kota se-Indonesia, serta dapat memberikan berkah dan rezeki kepada seluruh masyarakat Kota Padang.

“Lidah kami dimanja oleh kuliner yang sangat lezat, mata kami dibuai dengan tarian dan pemandangan alam yang mempesona, hati kami dibuat istimewa oleh keramahtamahan warga Padang semua, InsyaAllah 3 hari yang bermanfaat, maslahat bagi semua,” kata Bima yang juga merupakan Wali Kota Bogor. (C-Adv)

Penulis: Sasmiraza

Editor: Haerani Hambali


Artikel ini bersumber dari : telisik.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *