Tebat Lereh Masuk 50 Besar ADWI. Menparekraf, Kota Pagar Alam Punya Peluang Juara

Diposting pada

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Pagar Alam, Detiksumsel.com — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, mengunjungi Desa Tebat Lereh Meringang, Kelurahan Penjalang, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagar Alam.

Kunjungan kerja Mas Menteri (sapaan akrabnya) ini, dalam rangka penjurian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022, dimana Desa Wisata Tebat Lereh Meringang masuk dalam 50 desa terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022.

Sebagai informasi, ADWI merupakan salah satu program unggulan penggerak kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia yang sedang digalakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing Global, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat”.

Mas Menteri bersama rombongan tiba di Desa Wisata Tebat Lereh Meringang, sekitar pukul 16.00 WIB, disambut langsung oleh Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni bersama Forkopimda Pagar Alam dan masyarakat Desa Tebat Lereh Meringang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat kunjungan ke Pagar Alam (ist)

Selanjutnya Mas Menteri langsung mendengarkan presentasi dari Lurah Penjalang dan Ketua Desa Wisata Tebat Lereh, terkait daya tarik dari Desa Wisata Tebat Lereh ini. Uniknya, dalam menyaksikan Presentasi tersebut, Mas Menteri menanggapi presentasi dari Ketua Desa Wisata dengan berbalas pantun.

Pada kesempatan tersebut, Mas Menteri mengunjungi pasar wisata yang ada di Desa Tebat Lereh, menyaksikan atraksi beladiri Kuntaw, menyaksikan rabana ibu-ibu Desa Tebat Lereh dan pada akhirnya menyerahkan penandatanganan Memorandum Desa Tebat Lereh Meringang sebagai salah satu dari 50 Desa Wisata terbaik dalam ajang ADWI 2022.

“Melihat dari daya tariknya tadi selain air terjun dan budaya yang luar biasa serta produk-produk ekonomi kreatifnya. Kami akan terus mendukung dengan harapan tentunya Desa Tebat Lereh ini menjadi peluang usaha dan menciptakan lapangan kerja, terkhusus kepada para remaja. Karena ini merupakan salah satu Desa yang digagas oleh para remaja. Kami sangat memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pada remaja Desa Wisata Tebat Lereh,” ucap Mas Menteri sebelum melaksanakan penandatanganan Memorandum.

Baca Juga :   Dediyanto Serap Aspirasi Masyarakat Kota Bengkulu Lewat Reses

Turut hadir pada acara tersebut Ketua DPRD Pagar Alam Jenni Shandiyah, Dandim 0405 Lahat Letkol Inf Toni Oky Priyono, Kapolres Pagar Alam AKBP Arif Harsono, Kepala Kejaksaan Negeri Pagar Alam Fajar Mufti, Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Aufa Syahrizal, Ketua TP PKK Rachma Hareni Noor Alpian, Tim Juri ADWI, Asisten, Staf Ahli dan Seluruh Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Pagar Alam, Camat dan Lurah terkait, Ketua Dharma Wanita, sejumlah jajaran Kemenkraf RI serta Masyarakat Desa Tebat Lereh yang sangat antusias pada kegiatan tersebut.(Adv)

Iklan Detik Sumsel

Artikel ini bersumber dari : detiksumsel.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *