Tempat Wisata di Jakarta Selatan, Sajian Hiburan Menarik di Tengah Kota

Jumat, 16 September 2022 14:53
Reporter : Ayu Isti


kebun binatang ragunan. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com – Mengisi waktu liburan dengan berkunjung ke berbagai tempat wisata memang menjadi aktivitas yang menyenangkan. Selain dapat menikmati kualitas waktu bersama keluarga atau teman-teman, aktivitas liburan juga bisa membantu merelaksasi tubuh dari rutinitas keseharian yang padat.

Khususnya bagi Anda yang tinggal di tengah kota, seperti Jakarta Selatan, tentu ingin rasanya memanfaatkan akhir pekan untuk rekreasi sejenak demi melepas penat. Tak perlu jauh-jauh ke luar kota, terdapat beberapa tempat wisata di Jakarta Selatan yang menarik untuk dikunjungi.

Meskipun berada di tengah kota, namun beberapa tempat wisata di Jakarta Selatan ini menyajikan hiburan yang menyenangkan. Mulai dari kebun binatang, taman wahana permainan, waterpark, hingga taman terbuka hijau yang memberikan pemandangan alam sejuk di tengah kota.

Tentu Anda bisa mengajak teman atau keluarga untuk mengisi akhir pekan dengan mengunjungi beberapa objek wisata ini. Bahkan sekedar lari pagi di taman terbuka area Jakarta Selatan, cukup memberikan relaksasi yang menyegarkan. Dengan begitu, tubuh dan pikiran bisa kembali bugar dan siap kembali pada aktivitas sehari-hari.

Dari beberapa sumber, berikut kami merangkum berbagai tempat wisata di Jakarta Selatan populer dan menarik yang bisa menjadi destinasi liburan singkat akhir pekan Anda.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Jakarta Selatan: Kebun Binatang Ragunan, Schmutzer Primate Center

Tempat wisata di Jakarta Selatan pilihan pertama adalah Kebun Binatang Ragunan. Kebun binatang memiliki wilayah yang sangat luas, yaitu 140 hektare. Di sini, Anda bisa melihat beragam koleksi binatang lengkap. Mulai dari binatang buas seperti harimau, singa, beruang, atau binatang lucu seperti jerapah, kelinci, hingga binatang beragam jenis reptil unik.

Selain koleksi fauna, Anda juga bisa melihat berbagai varietas flora yang beragam. Bukan hanya memberikan rekreasi menarik, di sini Anda juga bisa belajar macam-macam flora dan fauna dengan melihat langsung wujudnya. Selain itu, pada hari-hari tertentu juga terdapat pertunjukan binatang lucu yang sayang untuk dilewatkan.

Tempat wisata di Jakarta Selatan rekomendasi berikutnya adalah Schmutzer Primate Center. Ini masih berada di kawasan Kebun Binatang Ragunan, yang merupakan tempat penangkaran khusus hewan primata. Meskipun masih satu kawasan, namun Anda perlu membeli tiket lagi untuk masuk ke dalam Schmutzer Primate Center.

Di sini, Anda bisa melihat hewan primata yang ditempatkan khusus pada sebuah enklosur yang menyerupai habitat aslinya. Tentu, Anda bisa melihat lebih dekat hewan-hewan primate tersebut sambil belajar berbagai karakteristiknya. Saat berkunjung, Anda perlu menaati berbagai peraturan yang berlaku, termasuk tidak membawa makanan dan minuman ke dalam kawasan.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Jakarta Selatan: Taman Spathodea, Setu Babakan

Tempat wisata di Jakarta Selatan yang populer selanjutnya adalah Taman Spathodea. Ini merupakan salah satu ruang terbuka hijau yang dibuat pemerintah sebagai fasilitas umum yang bisa dikunjungi masyarakat. Di taman ini, Anda bisa merasakan kesejukan di tengah kota dengan pohon-pohon hijau yang tumbuh rindang di taman.

Bukan hanya itu, ada pula area rumput luas yang bisa menjadi tempat anak-anak bermain dan bersantai. Selain itu, terdapat danau kecil di lokasi taman yang semakin membuat pemandangan tampak asri dan menarik. Selain bersantai, Anda juga bisa berkunjung sambil jogging ringan di trek khusus yang disediakan.

Setu Babakan juga termasuk salah satu tempat wisata di Jakarta Selatan yang banyak diminati masyarakat. Ini merupakan kawasan lahan seluas 30 hektar yang dibangun khusus untuk melestarikan Kampung Budaya Betawi. Objek wisata ini dibangun pada tahun 2000 dan masih diminati sebagai tempat rekreasi favorit masyarakat Jakarta Selatan.

Di sini, Anda melihat pemandangan tiga danau buatan dengan air yang tenang dan bersih dari sampah. Di sekitar danau, Anda bisa melihat rumah-rumah adat Betawi yang sengaja dibuat sebagai lambang selamat datang bagi para pengunjung serta menunjukkan eratnya nilai persaudaraan.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan beragam aktivitas menarik di lokasi wisata. Seperti naik perahu angsa untuk menjelajahi danau, melihat berbagai kesenian Betawi, hingga mencicipi beragam kuliner lezat khas Betawi yang murah meriah.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Jakarta Selatan: The Wave Pondok Indah Waterpark, Playparq Kemang

  • The Wave Pondok Indah Waterpark

The Wave Pondok Indah Waterpark bisa menjadi pilihan tempat wisata di Jakarta Selatan yang bisa Anda kunjungi selanjutnya. Ini salah satu destinasi wisata keluarga yang selalu ramai oleh pengunjung di akhir pekan. Anda bisa mengajak anak-anak dan keluarga untuk mencoba beragam wahana air seru dan menarik. Mulai dari wahana aqua play, seluncur anak-anak, hingga ombak dan pasir yang dibuat mirip seperti wilayah pantai asli.

Bagi orang dewasa yang ingin mencoba wahana ombak, terdapat simulasi surf yang cukup menantang seperti Whizzard Slide dan Tube Slide. Tentu ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin belajar surfing di tempat yang aman sebelum mencoba di laut lepas.

Tempat wisata di Jakarta Selatan terkahir namun tak kalah menarik adalah Playparc Kemang. Ini adalah taman bermain terbuka hijau yang cocok sebagai destinasi akhir pekan Anda bersama keluarga. Di sini terdapat total kurang lebih delapan wahana yang terdapat di indoor dan outdoor. Mulai dari trampoline, super sliding hingga flying fox.

Berbagai wahana ini memang khusus disediakan untuk anak-anak dengan rentang usia 1 hingga 12 tahun. Meskipun begitu, Anda bisa menunggu anak-anak bermain sambil bersantai di area taman. Ini cukup membantu Anda melepaskan penat dari aktivitas harian yang padat dan menjemukan.

[ayi]


Artikel ini bersumber dari : www.merdeka.com.

Tinggalkan komentar