Terapkan Konsep Pentahelix, Destinasi Wisata Banyuwangi Kian Bersolek

Diposting pada

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Sejumlah pantai yang menjadi destinasi wisata Banyuwangi, Jawa Timur, terus bersolek dengan konsep Pantahelix.

Destinasi wisata Bayuwangi itu di antaranya, Pantai Pulau Merah, Pantai Gumuk Kancil Pulau Merah, Pantai Cemara Pancer dan Pantai Mustika. Keempatnya berada di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

Tempat wisata Banyuwangi tersebut makin cantik berkat penerapan konsep Pentahelix. Yakni pelibatan atau kolaborasi 5 unsur stakeholder pariwisata. Meliputi akademisi, pengusaha atau pelaku investasi, komunitas masyarakat, pemerintah dan media.

Khusus destinasi di wilayah Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, pelaku usaha atau investor yang terlibat langsung dalam mendorong tumbuh kembang sektor pariwisata adalah PT Merdeka Copper Gold Tbk. Melalui Corporate Social Responsibility (CSR), induk perusahaan tambang emas PT Bumi Suksesindo (PT BSI), terus menyalurkan bantuan dalam bentuk program infrastuktur, maupun kegiatan pendukung.

Sebut saja, di Pantai Pulau Merah, PT BSI membantu pengelola destinasi dalam operasional tenaga kebersihan. Di Pantai Gumuk Kancil Pulau Merah, operator tambang emas di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran ini membantu pembangunan Gazebo, toilet serta infrastuktur pendukung lainnya.

wisata-Pantai-Gumuk-Kancil-Pulau-Merah-a.jpgSuasana destinasi wisata Pantai Gumuk Kancil Pulau Merah, di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

Sedang di Pantai Cemara Pancer, CSR PT Merdeka Copper Gold Tbk disalurkan dalam bentuk Gazebo dan lapak UMKM. Dan Pantai Mustika, dipercantik dengan dilengkapi mini teater. Serta dilakukan sejumlah perombakan yang bertujuan membuat tempat wisata menjadi lebih indah dan menyenangkan.

Konsultan PT Merdeka Copper Gold Tbk, H Caesar Muhni Rizal menyampaikan, penyaluran program CSR kesejumlah destinasi wisata di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan kepada masyarakat Banyuwangi. Khususnya masyarakat ring satu perusahaan.

Baca Juga :   Menparekraf Sandiaga Banggakan Wisata Buatan di Desa Wisata Perlang

“Program yang dibuat juga hasil musyawarah dengan masyarakat pengelola wisata, sehingga sesuai dengan keinginan dan harapan mereka,” katanya, Sabtu (24/9/2022).

Mewakili perusahaan, Eca, sapaan akrabnya, mengaku akan selalu hadir memberi manfaat kepada masyarakat. Dan semua itu dilakukan sebagai wujud sinergi perusahaan dengan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi, M Yanuar Bramuda menambahkan. Guna optimalisasi konsep Pentahelix, pemerintah daerah melalui dinas pun benar-benar hadir membantu pelaku pariwisata. Termasuk melalui support anggaran.

“Dan ini dirasakan langsung oleh pelaku pariwisata, sehingga kolaborasi yang terjadi menjadi kunci kekuatan bersama,” katanya.

Lebih istimewa, masih Bramuda, seluruh SKPD di Banyuwangi, memiliki komitmen bersama dalam mendorong tumbuh kembang sektor pariwisata. Semua kompak mensukseskan misi mendatangkan wisatawan. Bersama melakukan promosi dan inovasi. Hasilnya, kini kabupaten ujung timur pulau Jawa berhasil menjadi pusat dan jujugan MiCe dan study banding semua sektor.

Dalam peningkatan kunjungan wisata, Pemkab Banyuwangi juga telah memenuhi aksebilitas memperpendek jarak Jakarta dan Bumi Blambangan. Yakni dengan keberadaan Bandara Internasional Banyuwangi.

wisata-Pantai-Gumuk-Kancil-Pulau-Merah-b.jpgSuasana destinasi wisata Pantai Gumuk Kancil Pulau Merah, di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

“Tak lupa, kami juga menggandeng media dan melatih pelaku wisata untuk memperkuat branding dan marketing sehingga citra pariwisata Banyuwangi, semakin menarik dimata wisatawan,” tandasnya.

Nah, dengan menerapkan konsep Pentahelix, sesuai dengan arahan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, (Menparekraf RI), Sandiaga Uno, kini destinasi wisata di Banyuwangi, Jawa Timur, bukan hanya terus tumbuh dan berkembang. Tapi juga semakin cantik dan indah. Yang tentunya bakal membuat semakin betah wisatawan.

Baca Juga :   7 Oleh-oleh Khas Tuban yang Wajib Diborong Saat Liburan

Jika tidak percaya silahkan saja berkunjung ke destinasi wisata Pantai Pulau Merah, Pantai Gumuk Kancil Pulau Merah, Pantai Cemara Pancer dan Pantai Mustika.

Empat tempat wisata Banyuwangi di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, tersebut kini semakin indah nan mempesona. Kuncinya, Pentahelix atau kolaborasi bersama. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


Artikel ini bersumber dari : www.timesindonesia.co.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *