Terbit Daftar 50 Jajanan Pinggir Jalan Asia, Ada Gado-gado, Getuk dan Kerak Telor dari Indonesia

Diposting pada

Getuk. Dari 50 jajanan kaki lima Asia, gado-gado, getuk, dan kerak telor asal Indonesia diidentifikasi sebagai makanan yang wajib dicoba. (Sumber: CNN)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV — Situs berita Amerika Serikat (AS) CNN merilis daftar 50 of The Best Street Foods atau jajanan pinggir jalan terenak di Asia pada Agustus 2022. Tiga di antaranya adalah makanan Indonesia.

Daftar jajanan pinggir jalan itu menggambarkan kuali-kuali yang berisi sup mie, roti pipih bersisik, dan makanan penutup spektakuler. Dalam hal jajanan kaki lima, Asia menyajikan banyak variasi dan rasa.

Wilayah Asia yang luas terbentang melintasi daerah tropis khatulistiwa dan pegunungan, pulau-pulau vulkanik dan kota-kota besar yang ingar bingar. Jadi tidak mengherankan jika keragaman rasa dan budaya sangat berlimpah.

Namun, ada banyak kesamaan juga. Dengan berabad-abad migrasi dan perdagangan, banyak resep telah melintasi perbatasan hanya untuk menjadi makanan khas lokal ribuan mil dari tempat asalnya.

Untuk merayakan bakat kuliner dan hasrat kuliner yang tak bertepi di kawasan ini, inilah 50 makanan dan minuman pinggir jalan yang wajib dicoba dan sangat disukai di Asia dalam urutan abjad.

Dari 50 jajanan kaki lima Asia, gado-gado, getuk, dan kerak telor asal Indonesia diidentifikasi sebagai makanan yang wajib dicoba.

Tentu saja, daftar ini jauh dari lengkap — ini hanya contoh kecil dari tradisi makanan yang luar biasa di kawasan ini, dan di mana menemukannya.

Baca Juga: Ote-ote, Jajanan Legendaris Khas Banjarmasin untuk Menu Berbuka Puasa

Dari 50 jajanan kaki lima Asia, gado-gado, getuk, dan kerak telor asal Indonesia diidentifikasi sebagai makanan yang wajib dicoba. (Sumber: CNN)

Gado-gado

Dalam daftar, gado-gado digambarkan sebagai makanan yang sehat dan hangat, gado-gado (berarti “campur-campur”) menggabungkan sayuran dan bahan-bahan lezat dalam saus kacang yang kental.

Baca Juga :   Irjen TNI Kunjungan Kerja di Mako Kormar

Meski resepnya bervariasi tergantung pada penjualnya, gado-gado biasanya berisi kacang panjang, wortel, tauge, selada, bayam, tahu, mentimun, tempe, kentang, telur rebus, dan irisan lontong dan kerupuk udang.

Getuk

Getuk digambarkan sebagai hidangan penutup yang eye-catching dan berwarna cerah yang membangkitkan selera tiada henti untuk mencicipinya.

Ada banyak variasi getuk (atau gethuk) yang ditawarkan, mulai dari singkong (sayuran akar yang mengandung tepung) dengan kelapa hingga ubi, kentang, pisang, talas, atau keju.

Baca Juga: Ramai Tren Makan Natto, Makanan Tradisional Jepang dari Fermentasi Kedelai yang Beraroma Tak Sedap

Kerak telor. Dari 50 jajanan kaki lima Asia, gado-gado, getuk, dan kerak telor asal Indonesia diidentifikasi sebagai makanan yang wajib dicoba. (Sumber: CNN)

Kerak Telor

Dimasak di atas arang, kerak telor adalah hidangan tradisional Betawi yang penuh dengan rasa dan tekstur berkat bahan-bahan seperti telur bebek, beras ketan, kelapa parut, bawang merah goreng, udang kering, dan rempah-rempah Indonesia.

Selain itu, jajanan pinggir jalan lain dari Asia adalah:

1. Achcharu, Sri Lanka

Achcharu merupakan acar khas Sri Lanka yang terbuat dari campuran buah serta sayuran bercita rasa manis, asam, dan pedas.

Rempah serta bumbu yang digunakan untuk membuat achcharu adalah cabai, kunyit, gula, dan garam.

2. Asam laksa, Malaysia

Asam laksa merupakan hidangan berkuah dari Malaysia yang terbuat dari seafood. Sup ini banyak ditemukan di kawasan Penang.

Sajian bercita rasa asam menyegarkan ini juga terbuat dari bahan lainnya, seperti mi, ikan, dan sayuran.

3. Banh mi, Vietnam

Artikel ini bersumber dari : www.kompas.tv.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *