Ternyata Es Podeng Sudah Ada Sejak Zaman Belanda, Ini Fakta! : Okezone Lifestyle

Diposting pada

ES podeng adalah kuliner asli Indonesia. Nama es podeng diketahui berasal dari bahasa Madura yang memiliki arti puter. Es podeng dikenal sebagai kuliner khas Jakarta. Ada juga yang mengatakan jika es podeng adalah kuliner yang dibawa oleh pedagang Garut ke Jakarta.

Kemunculan es podeng ini berawal dari kekreatifan masyarakat Indonesia di zaman kolonial. Ketika zaman itu es krim hanya dinikmati oleh orang kalangan atas saja, masyarakat Indonesia lantas membuat modifikasi es krim dengan bahan utama susu dan santan kelapa. Kemudian kuliner ini dikenal dengan nama es podeng. Karena menggunakan bahan dasar santan, rasa es podeng ini cukup unik. Rasa manis dan gurih santan bercampur dengan apik.

 es podeng

Es podeng biasanya disajikan dengan beberapa pelengkap seperti ketan hitam, mutiara, tape, roti tawar, dan susu coklat. Pugasan ini menambah rasa dan tekstur dalam es podeng ini sendiri. Es podeng dijual secara keliling dengan gerobak atau biasanya ada di pasar tradisional. Harga yang ditawarkan juga relatif murah, yakni mulai dari Rp3.000-Rp5.000. Beberapa kafe atau tempat makan pun biasanya menyediakan es podeng dalam menu.

Cara membuat es podeng ini cukup unik yaitu dengan memutar manual adonan es krim dalam sebuah tabung yang direndam dalam es batu. Untuk menghasilkan satu tabung es podeng dibutuhkan satu jam untuk terus memutar secara manual di dalam mesin. Agar es krim tetap beku dan enak ketika disajikan, penjual keliling membawa tabung dan es batu.

Meski sudah jarang ditemui, es podeng menjadi minuman yang masih sering hadir di acara pernikahan khususnya adat Betawi. Di tengah banyaknya kuliner baru, es podeng tetap menjadi favorit masyarakat Indonesia. Kini es podeng juga sudah banyak dimodifikasi sehingga lebih enak saat dinikmati.

Baca Juga :   Nyobain Bakso Pak Bagong di Wonogiri Jawa Tengah buat Makan Siang, Tekstur Lembut dan Kuah Gurih

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

(vvn)

Artikel ini bersumber dari : lifestyle.okezone.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *