Ternyata Ini Kunci Kelezatan Tahu Susu Lembang, Jajanan Kesukaan Rafathar

INDOZONE.ID – Dalam sebuah vlog yang viral di media sosial, Rafathar sempat merengek meminta sejumlah uang ke Mama Gigi, untuk membeli tahu susu Lembang. Saking sukanya, Mama Gigi sampai mendatangkan booth tahu susu Lembang ke Andara! 

Sebenarnya apa sih istimewanya tahu susu kesukaan Rafathar ini?

Karena teksturnya yang renyah di luar dan super lembut di dalam, tahu susu Lembang pun populer menjadi oleh-oleh khas Bandung, Jawa Barat. Kepopulerannya enggak kalah sama bolen pisang, batagor atau brownies khas Bandung.

Rumah produksi tahu susu Lembang (Eksani/Z Creators)

Tahu Susu Lembang mulai populer sebagai buah tangan khas Bandung sejak akhir tahun 2008, bertepatan dengan berdirinya rumah produksi Tahu Susu Lemband di Jalan Raya Lembang No. 177 Lembang, Bandung Barat.

Berbeda sama tahu pada umumnya, Tahu Susu Lembang menggunakan bahan dasar susu sapi murni dan margarin, sehingga rasanya, sangat istimewa. Pantas saja kalau Rafathar sangat menggemari tahu ini.

tahu susu lembang
Tahu Susu Lembang, oleh-oleh khas Bandung (Eksani/Z Creators)

Kamu bisa lho melihat sendiri proses produksi tahu susu ini. Di pabriknya, ada tur untuk pengunjung yang ingin melihat proses pembuatannya. Seorang petugas akan memandu kamu berkeliling pabrik.

tahu susu lembang
Pengunjung melihat proses pembuatan tahu susu (Eksani/Z Creators)

Tim Z Creators, Eksani yang ikutan tur ini jadi tahu kalau kunci kelezatan tahu susu Lembang ini berasal dari takaran yang pas. Seperti kacang kedelai sebanyak 13 kg, susu sapi segar 4 liter, margarin 200 gram, bawang putih, biang tahu, kunyit untuk warna kuning ditambah garam dan air secukupnya.

Proses panjang pembuatan tahu susu

Peralatan untuk membuat tahu susu Lembang juga terbilang sederhana namun kekinian seperti tong pencucian, mesin giling, tungku perebusan, tong kayu, serok cetak, cetakan, kayu penganduk, saringan besar dan kecil kain cetakan hingga tampir tahu.

tahu susu lembang
Kedelai untuk bahan utama pembuatan tahu (Eksani/Z Creators)

Untuk menghasilkan tahu susu berkualitas dan tekstur sempuna, kacang kedelai harus direndam selama 24 jam terlebih dahulu lalu dicuci sampai bersih. Kemudian kacang digiling menggunakan mesin penggilingan, kacang kedelai lalu direbus dan diaduk sampai rata selama 1 jam.

tahu susu lembang
Karyawan membuat tahu susu (Eksani/Z Creators)

Setelah direbus, kacang kedelai disaring untuk dipisahkan antara ampas dan sari kedelai (susu kedelai). Lalu tambahkan susu ke dalam sari kedelai bersama margarin, biang tahu, dan garam sambil diaduk hingga tercampur rata dan dibiarkan mengendap, setelah menjadi biang tahu lalu dicetak menggunakan papan cetakan dan di-press selama 1 jam.

tahu susu lembang
Tahu susu kuning menggunakan kunyit (Eksani/Z Creators)

Prosesnya masih belum selesai. Karena adonan yang sudah dipotong sesuai ukuran harus direbus dengan air mendidih yang telah diberi garam dan bawang putih selama 15 menit, lalu diangkat dan didinginkan. Untuk proses pembuatan tahu susu dari awal hingga siap digoreng, membutuhkan waktu sekitar 4 jam.

tahu susu lembang
Tahu susu digoreng (Eksani/Z Creators)

Selain susu sebagai bahan utamanya, untuk menjaga kualitas agar tetap enak dan bercita rasa khas, maka ditambahkan bahan pengawet alami berupa kunyit dan bawang putih.

tahu susu lembang
Tahu susu putih (Eksani/Z Creators)

Ada dua jenis tahu susu yang dihasilkan di rumah produksi olahan tahu susu ini yaitu tahu susu yang berwarna kuning dengan bahan pengawet kunyit serta tahu susu berwarna putih dengan bahan pengawet bawang putih dan bahan dasar kedelai.

“Saya baru pertama kali ke sini dan langsung bisa melihat cara pembuatannya, selain itu rasanya juga enak recommended banget bagi wisatawan yang datang ke Bandung,” ujar Joko Iman yang ikut dalam tur.

Selain di Lembang sendiri, Tahu Susu Lembang bisa kamu beli di beberapa cabangnya, yakni di  The secret Jl. Riau, Bandung, Floating Market Lembang, Pasteur Square, dan The Ranch Cisarua Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators


Artikel ini bersumber dari : www.indozone.id.

Tinggalkan komentar