Tiket Masuk, Daya Tarik, Lokasi

Diposting pada

JawaPos.com – Menghilangkan kepenatan dalam urusan pekerjaan, dapat dilakukan dengan refreshing ke suatu tempat yang bernuansa dengan alam. Apalagi, di Indonesia banyak kawasan desa wisata yang indah, lengkap dengan keunikannya masing-masing. Itu bisa membuat anda terkagum-kagum akan keindahannya yang cantik dan memesona.

Tempat bernuansa alam suka bikin kangen karena sulit ditemukan di Ibu Kota Jakarta. Nah, buat anda yang ingin mengunjungi desa wisata di Indonesia, berikut 5 rekomendasi yang wajib anda untuk anda kunjungi.

1. Desa Pujon Kidul Malang

Desa Pujon Kidul Malang. (Instagram kopicandipuro)

Desa Pujon Kidul merupakan desa yang berada di Kabupaten Malang dan memiliki keindahan alam. Misalnya sawah dan juga pegunungan. Di Desa wisata ini, anda dapat swa foto instagrammable, kulineran, berkuda, hiking, hingga melakukan kegiatan seru lainnya.

Kegiatan lainnya yang dapat dilakukan di Desa Pujon Kidul Malang itu adalah outbond, berkemah, berkebun serta memetik sayur dan buah. Lalu, membuat aneka olahan susu murni, main gamelan, belajar tari tradisional, belajar membuat biogas, beternak dan masih banyak lagi.

Di Desa Pujon Kidul Malang ini juga bisa melihat pemandangan Gunung Kawi, Gunung Arjuno, dan Gunung Kelud yang sangat indah. Sangat cocok untuk anda yang ingin swa foto saat sunset tiba.

Alamat: Desa Wisata, Pujon Kidul, Kecamatan Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Jam Operasional:

Hari Jam
Senin – Minggu 08.00 WIB – 18.00 WIB

 

Harga Tiket Masuk:

Tiket Harga
Dewasa (weekend & weekday) Rp 12.500/orang
Anak-anak (weekend & weekday) Rp 12.500/orang

 

2. Desa Kete Kesu Toraja

Desa Kete Kesu Toraja. (Instagram novi_ophi)

Desa wisata di Indonesia berikutnya adalah Desa Kete Kesu Toraja. Desa ini diakui sebagai desa yang berbeda dengan yang lain karena Desa Kete Kesu Toraja memiliki cerita sejarah tentang Tana Toraja dan kesakralannya.

Desa Kete Kesu yang berada di kawasan pegunungan Tana Toraja, Sulawesi Selatan ini terletak di tengah-tengah sawah. Desa wisata di Indonesia ini diklaim sebagai desa tertua di distrik Sanggalangi yang berusia kurang lebih 400 tahun.

Baca Juga :   3 Objek Wisata di Banda Neira, Pulau yang Dijuluki "Sepotong Surga dari Timur"

Jika anda berkunjung ke desa wisata di indonesia yang satu ini, anda akan melihat Bukit Buntu Ke’su yang merupakan pemakaman kuno berusia kurang lebih 700 tahun. Di sini, anda dapat melihat berbagai tengkorang serta tulang-tulang para leluhur dan juga masyarakat kaum biasa.

Alamat: Pantanakan Lolo, Kecamatan Kesu, Kabupaten Toraja  Utara, Sulawesi Selatan.

Jam Operasional:

Hari Jam
Senin – Minggu 24 Jam

 

Harga Tiket Masuk:

Tiket Harga
Dewasa (weekend & weekday) Rp 15.000/orang
Anak-anak (weekend & weekday) Rp 15.000/orang

 

3. Desa Penglipuran Bali

Desa Penglipuran Bali. (Instagram awalvillabali)

Desa Penglipuran Bali merupakan desa wisata di Indonesia yang sudah sangat terkenal oleh wisatawan lokal dan juga turis asing. Daya tarik pada desa wisata ini terdapat pada budaya dan adat istiadat Bali yang masih sangat kental.

Keunikan dari desa wisata ini mulai dari bahan utama bangunan yang terbuat dari bambu. Seperti furniture, pagar rumah, pintu, atap, dan masih banyak lagi yang menggunakan bahan baku bambu.

Desa Penglipuran Bali ini juga dikenal dengan desa yang bersih dan asri. Desa wisata di Indonesia ini juga sering sekali mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri sebagai desa terbersih.

Kegiatan yang bisa anda lakukan di Desa Penglipuran Bali ini seperti mengunjungi hutan bambu, mengunjungi pura, membuat kerajinan tangan, mencicipi minuman Loloh Cemcem dan makanan Tipat Cantok khas Desa Penglipuran Bali.

Alamat: Jalan Penglipuran, Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

Jam Operasional:

Hari Jam
Senin – Minggu 08.15 WITA – 18.30 WITA

 

Harga Tiket Masuk:

Tiket Indonesia Asing
Dewasa (weekend & weekday) Rp 25.000/orang Rp 50.000/orang
Anak-anak (weekend & weekday) Rp 15.000/orang Rp 30.000/orang

 

4. Desa Sasak Sade Lombok

Desa Sasak Sade Lombok. (Instagram brigittaputeri)

Berikutnya desa wisata di Indonesia yang wajib banget untuk anda kunjungi adalah Desa Sasak Sade. Desa ini berada di kawasan Nusa Tenggara Barat, Daya tarik pada desa wisata ini terdapat pada adat istiadat, kerajinan tangan dan juga keramahannya.

Baca Juga :   Lanud Sam Ratulangi Peringati Hari Bakti TNI AU 2022

Di Desa wisata ini, anda dapat berbelanja untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Tempat ini menawarkan anda produk kerajinan tangan seperti kain tenun, pakaian khas Lombok, cemilan, hiasan dinding, dan masih banyak lagi.

Di sini anda juga dapat mengunjungi taman pohon cinta dan menara yang terbuat dari kayu jati. Selain itu, anda dapat melihat pemandangan desa-desa di atas menara.

Alamat: Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

Jam Operasional:

Hari Jam
Senin – Minggu 08.00 WITA – 19.00 WITA

 

Harga Tiket Masuk:

Tiket Harga
Dewasa (weekend & weekday) Rp 15.000/orang
Anak-anak (weekend & weekday) Rp 15.000/orang

 

5. Desa Wae Rebo Flores

Desa Wae Rebo Flores,. (Instagram pam_travelfamily)

Desa Wae Rebo Flores merupakan desa wisata di Indonesia yang dikenal sebagai negeri di atas awan, kenapa begitu? sebab ketinggian Wae Rebo mencapai 1.000 mdpl yang dikelilingi oleh perbukitan dan sawah yang asri.

Desa wisata di Indonesia yang satu ini memiliki keindahan pemandangan alam masih sangat asri dan hijau. Ini bisa membuat anda terpesona oleh keindahan alamnya.

Keunikan desa wisata di Indonesia lainnya adalah beberapa rumah adat khas Desa Wae Rebo Flores. Bagi para masyarakat desa setempat mempercayai rumah adat tersebut memiliki makna kemanusiaan dengan alam dan manusia, serta kesederhanaan hidup.

Untuk berkunjung ke Desa Wae Rebo Flores tidak dikenakan biaya tiket masuk, biasanya tarif biaya sudah menjadi satu dengan pemandu atau tour guide.

Alamat: Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur

Jam Operasional:

Hari Jam
Senin – Jumat & Minggu 06.00 WITA – 18.00 WITA

 

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : Isna Febby Sakinah


Artikel ini bersumber dari : www.jawapos.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *