Trik Bikin Hidangan Bernutrisi untuk Bujuk Anak yang Picky Eaters

Diposting pada

Ilustrasi anak picky eater

DOK. Shutterstock

Ilustrasi anak picky eater

SajianSedap.com – Memiliki anak yang gemar pilih-pilih makanan alias picky eaters pasti membuat ibu khawatir. Pasalnya, anak hanya mau mengonsumsi makanan yang menurutnya menarik, familiar, dan enak menurut seleranya.

Tidak sedikit anak picky eaters hanya memiliki sedikit pilihan jenis makanan. Oleh sebab itu, apabila menuruti keinginannya, banyak ibu khawatir anak kekurangan asupan gizi yang dibutuhkan pada usianya.

Terbiasa menyuguhkan makanan yang disukai anak saja setiap hari juga tidak baik untuk perkembangannya.

Dilansir dari American Academy of Pediatrics, hal tersebut dapat membuat kebiasaan pilih-pilih makanan terbawa hingga dewasa. Selain kekhawatiran akan malnutrisi yang membuat pertumbuhan fisik dan kognitif menjadi lambat, anak juga cenderung tidak eksploratif terhadap beragam rasa serta tekstur makanan.

Belum lagi ketika makanan yang disenangi anak adalah aneka jajanan dengan nilai gizi yang nyaris tidak ada. Untuk menyiasati kondisi ini, terdapat beberapa cara yang bisa ibu terapkan. Salah satunya dengan membuat kreasi masakan bernutrisi yang menarik. Berikut adalah triknya.

Baca Juga: Dengan Resep Soto Bandung Ini, Kita Bisa Merasakan Kenikmatan Soto Khas Jawa Barat Ini Di Rumah

1. Buat masakan dengan warna menarik

Anak-anak cenderung menyukai hal-hal yang memiliki bentuk dan warna menarik, termasuk makanan yang ingin mereka konsumsi. Untuk menyiasati anak yang picky eater, ibu bisa memasak beberapa jenis makanan yang memiliki warna berbeda.

Misalnya, memadukan sayur bayam dengan jagung dan kentang, lalu tambahkan telur atau daging ayam. Agar tampilannya lebih menarik, manfaatkan cetakan kue atau cetakan khusus untuk makanan.

Kemudian tata dengan rapi, lalu sajikan. Selain membuat si kecil lebih semangat, makanan dengan warna beragam juga dapat membantu kebutuhan gizi anak.

2. Ajak anak memasak bersama

Ilustrasi memasak bersama anak

DOK. Shutterstock

Ilustrasi memasak bersama anak

Baca Juga :   Rya Baraba Terinspirasi Kain Sasirangan dalam Koleksi Jelujur di IN2MOTIONFEST

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News




Video Pilihan



Artikel ini bersumber dari : sajiansedap.grid.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *