Turis Asing Jelajahi Jalur Trans-Flores Bagian Utara Naik Sepeda

BORONG, KOMPAS.com – Turis asing dari Australia dan Selandia Baru menjelajahi keindahan alam sepanjang jalan Trans-Flores bagian utara yang dimulai dari Maumere sampai di Labuan Bajo dengan bersepeda gunung.

Mereka menikmati keindahan alam di sepanjang jalan tersebut dengan dipandu Guide Overland Flores-Labuan Bajo Yohanes Yanni J yang biasa disapa Om Yanni.

Yohanes saat dihubungi Kompas.com, Sabtu, (17/9/2022) melalui sambungan WhatsApp menjelaskan, ia menawarkan kepada tamunya untuk berwisata dengan tour bersepeda dengan menjelajahi wisata sepanjang jalan trans Flores bagian utara.

Baca juga: Tur 6 Hari 5 Malam di Pulau Flores, Kunjungi Kampung Tradisional

Ia menerangkan, hari pertama mereka menjelajahi Maumere-Mukusaki dengan jarak 80 kilometer (km) dan hari kedua Mukusaki-Riung dengan jarak tempuh 79 km.

Hari ketiga adalah Riung-Buntal, Golo Lijung, Elar dengan jarak tempuh 26 km, hari keempat Buntal-Golo Lijung-Pota-Dampek-Reo dengan jarak 72 km, dan hari kelima, Reo-Ruteng dengan jarak tempuh 53 km. Hari keenam dari Ruteng-Kota Labuan Bajo memakai mobil.

“Total jarak dari Maumere sampai Ruteng adalah 310 km. Sebenarnya kami ikut Reo-Rego-Desa Loha, tapi jalan sangat jelek akhirnya kami lewat Ruteng. Jadi perjalanannya berputar. Sebenarnya jalur lurus sampai ke Labuan Bajo di jalan trans-Flores bagian utara,” jelasnya.

Pihaknya bersama tamu turis asing memulai perjalanan pada Senin (5/9/2022) dan berakhir 10 September 2022 di Labuan Bajo, lalu melanjutkan wisata ke Taman Nasional Komodo.

Jalan Trans-Flores pantai utara belum bagus

Yohanes menjelaskan, awalnya pihaknya akan melalui lintas pantai utara Maumere-Labuan bajo.

Namun karena jalur yang tidak mungkin dilewati sepeda gunung antara Manggarai dan Manggarai Barat, pihaknya memutuskan lewat Ruteng.

KOMPAS.COM/DOK-PEMANDU WISATA FLORES-YOHANES YANNI J Turis mancanegara menjelajahi wisata Pantai Utara dengan bersepeda Gunung dari Maumere-Ruteng, 5-10 September 2022. (KOMPAS.com/DOK PEMANDU WISATA FLORES-YOHANES YANNI J)

“Berakhir 10 September 2022, seharusnya kalau jalan bagus kami dari Reo-Rego-Desa Wisata Loha dengan jarak tempuh 70 kilometer, setelah itu dari Loha- Labuan Bajo. Tapi terkendala akses jalan trans-Flores pantai utara belum bagus,” tutur Yohannes.

Menurut dia, turis asing dengan tour bersepeda gunung sangat menikmati pemandangan alam dan wisata yang dikunjungi di sepanjang jalan trans-pantai utara Pulau Flores.

Baca juga: Menyusuri Pantai Utara Flores NTT dari Maumere ke Labuan Bajo

Turis sangat senang sekali dengan perjalanan wisata mereka kali ini,” ujar Yohanes.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini bersumber dari : travel.kompas.com.

Tinggalkan komentar