Uang Miliaran Rupiah Berputar, Bantengan Nuswantara Sukses Gairahkan Perekonomian Kota Batu Pasca Pandemi

Diposting pada

Penampilan Bantengan Nuswantara. (ist)

BACAMALANG.COM – Event kolosal-tradisional Bantengan Nuswantara Kota Batu sukses membantu pemulihan perekonomi pasca pandemi di Kota Batu dan sekitarnya.

Hal ini dikatakan Founder Komunitas Jelajah Kampung Kota Batu Muhammad Anwar, Rabu (10/8/2022). “Saya dan panitia merasa sangat bahagia dan bersyukur. Event ini bisa memberikan dampak positif pasca pandemi. Ini merupakan karnaval terbesar pasca pandemi,” tegas Muhammad Anwar.

Dikatakannya semua pihak terlihat berpartisipasi menjaga keamanan dan ketertiban. “Kami mendukung pemulihan ekonomi setelah terdampak pandemi. Ini adalah kerja bersama petugas di lapangan termasuk Dinas Lingkungan Hidup di akhir acara. Sampah yang berserakan dibersihkan. Alhamdulillah saya mengawal dan berterima kasih kepada semua pihak. Wabil khusus Dinas Lingkungan Hidup yang berjibaku membersihkan sampah sampai beres,” paparnya.

Sementara itu, mewakili Himpunan Pramuwisata Kota Batu Ilham Adilia Uyak turut mengapresiasi atas keberhasilan kolaborasi yang dilakukan. “Saya salut terhadap para pemikir, penggagas dan penggerak giat ini. Karena mereka telah menggerakkan ekonomi secara langsung dan masif, pada event tersebut,” terang Uyak.

Berfoto bersama usai Bantengan Nuswantara. (ist)

Dikatakannya sudah 14 kali giat ini dilaksanakan, yang berarti sudah kurun waktu 14 tahun acara 1000 Banteng terlaksana.

Ia mengungkapkan hubungan event ini dengan gerakan ekonomi masif. Dijelaskannya ada 1000-1500 peserta, 100-an panitia, dan 40.000 penonton serta pedagang asongan. Jika dijumlah : 1500 + 100 + 40.000 = 41.600 jiwa yang telah tergabung dalam event Bantengan Nuswantara.

Jika masing-masing membelanjakan rata rata Rp 40.000 per orang , dengan asumsi kebutuhan : ubo rampe, konsumsi, kaos, pernak-perniķ, minuman ringan, jajanan, mainan anak anak, dan lain-lain.

Maka kisaran Rp 40.000 x 41.600 (jiwa) = Rp 1.664.000.000 ( satu milyar enam ratus enam puluh empat juta rupiah ) dalam gelaran 1x event uang telah berputar.

Baca Juga :   Menu Khas Banten Hadir di Hotel Santika Premiere ICE-BSD City, Ada Sayur Besan dan Kue Jojorong 

“Artinya dalam kurun waktu persiapan sampai hari H pelaksanaan kegiatan, maka meningkatlah pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Batu seper sekian persen, dikarenakan ada perputaran uang lebih dari Rp 1 milyar dalam skala kota kecil di roda ekonomi masyarakat lapisan menengah,” pungkasnya.

Sekilas info Karnaval 1000 Banteng peringatan 14 tahun Bantengan Nuswantara diikuti 50 grup dari Malang Raya (masing-masing grup terdiri 30 orang dan total ada 1.500 peserta). Ada pula peserta dari beberapa daerah (Indramayu, Tuban, hingga Jakarta), dan luar negeri (Malaysia, Australia, Jepang dan China) menampilkan performance art.(had)

Artikel ini bersumber dari : bacamalang.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *